• Renungan Harian - Kamis, 23 Februari 2017

    Kamis, 23 Februari 2017

    St. Polikarpus, UskMrt

    Sirakh 5:1-8

    Mazmur 1:13-17

    Markus 9:41-50

    MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH ITU PRIOROTAS HIDUP

     “Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya." --- Markus 9:41

    KITA MASIH kenal motto “Mens sana in corpore sano”, yang berarti di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita. Sebagai manusia yang bebas, sering kita tidak menjaga melainkan malah menyalah gunakan badan kita, anggota badan kita. Ini bisa merugikan orang lain dan diri kita sendiri.

    Bacaan Injil hari ini mengingatkan akan ‘nasehat” Yesus, bukan saja menjaga anggota badan kita, tetapi nilai keselamatan kita sering tergantung akan penggunaan badan dan anggota badan kita. Yesus mengingatkan kita agar menjaga ‘mata’, ‘tangan’ dan ‘kaki’ kita. Jangan sampai anggota badan kita yang bisa mengantar kita ke Kerajaan Allah, justru sebaliknya mengantar kita ke kebinasaan kekal, karena dengan anggota badan kita menyebabkan celakanya orang lain.

    • “jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan buntung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka (Mrk 9:43).

    • “jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka” (Mrk 9:45).

    • “jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka” (Mrk 9:57).

    Tiga anggota badan kita perlu kita jaga benar, jangan sampai kita salah gunakan. Masalah masuk ke Kerajaan Allah jauh lebih penting dari pada anggota badan kita yang lengkap. Juga jangan sampai anggota badan kita justru membawa diri kita dan orang lain ke penderitaan dan ketidak nyamanan dalam hidup ini.

    Ajaran Yesus jelas dan tegas. Ia ingin agar semua orang selamat. Jangan ada seorangpun yang binasa karena ulah kita. Keselamatan harus kita prioritaskan, harus kita perjuangkan, sedemikian rupa tanpa dihambat oleh salah langkah, salah lihat kita yang menghasilkan dosa.

    Kita juga diharap jangan menjadi ‘batu sandungan’ bagi sesama kita, justru sebaliknya sangat diharap kita menjadi saluran berkat keselamatan lahir batin bagi sesama.

    Doa: Bapa, jadikanlah hidupku ini berkat keselamatan dan kebahagiaan bagi orang lain.

    Janji: "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut” --- Markus 9:42

    Pujian: Dalam doa dialog dengan anggota badan, kita dilatih untuk bersyukur kepada Tuhan akan anugerah anggota badan bagi hidup kita. Kita mohon berkat-Nya untuk satu persatu angggota tubuh kita.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/