• Renungan Harian - Kamis, 9 Maret 2017


    Ditulis pada tanggal : Wednesday, 08 March 2017, 09:49 PM

    Renungan Harian - Kamis, 9 Maret 2017

    Kamis, 9 Maret 2017

    Ester 4:10-12,17-19

    Mazmur 138:1-3,7c-8

    Matius 7:7-12

    PERAN ESTER YANG LUAR BIASA

     “Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engaku menambahkan kekuatan dalam jwiaku.” --- Mazmur 138:3

    DALAM MASA pembuangan bangsa Yahudi ke Babilon, peran Ester dalam menyelamatkan bangsanya sangatlah besar. Doa-doa Ester luar biasa. Meski dia berkedudukan tinggi di istana raja, tetapi Ester tak segan-segan merebahkan diri untuk berdoa kepada Allah. Malahan ia meminta para pelayannya berlaku demikian juga. Meski Ester takut dan gemetar, Allah meminta dia untuk bertindak penuh keberanian dan ini merupakan awal Tuhan menjawab doa-doanya. Maka Ester lalu meminta rahmat membantunya untuk bisa melakukan apa yang menjadi bagiannya dan menyerahkan sisanya kepada tangan Tuhan. Dan apa hasilnya?

    Allah menjawab doa Ester dengan membangkitkan keberanian dan kekuatan dalam diri Ester, sehingga Ester bisa berbuat sesuatu selaras dengan kedudukan yang istimewa dalam istana raja (Mzm 138:3). Ia menyadari bahwa dirinya mengambil resiko berat  untuk hidupnya. Tetapi Ester juga sadar bahwa Tuhan akan melakukan bagian-Nya yang jelas tak dapat Ester lalukan sendiri.

    Ini suatu masukan berarti dalam doa-doa syafaat kita -- doa menjadi pengantara di hadapan Tuhan untuk sesama yang menderita dan butuh bantuan. Bila kita menjadari butuhnya bantuan ilahi, tentu Tuhan juga tahu hal ini. Karena masalahnya gawat, maka Ester tidak takut mencari tambahan waktu untuk berdoa lebih lama dan juga didukung oleh tekad berpuasa. Kita bisa merenung maju dan berdoa “Bapa, apakah ada sesuatu yang harus kami lakukan untuk mengubah sesuatu? Apakah Bapa menghendaki kami bertindak jauh di atas doa-doa dan puasa kami?”

    Betulkah hanya doa kita yang merupakan tanggapan kepada Tuhan. Kita berpikir bahwa karya Tuhan Allah itu hanya melulu menanggapi doa-doa kita, tentu dalam waktu dan cara Tuhan inginkan -- mungkin saja kita hanya bisa berangan-angan apa yang saat ini Tuhan lakukan? Tetapi bisa saja, jawaban Tuhan atas doa-doa kita yakni memberi daya kekuatan kepada kita, memampukan kita untuk bertindak lebih berani. Ia berkenan menggunakan diri kita. Mungkin Tuhan akan menjawab kita, “Baik. Lalu apa yang dapat kita lakukan bersama mengatasi masalah itu?”

    Dan tentu saja hanya Roh Kudus dan yang memberdayakan kita untuk bertindak. Kita boleh bersandar pada kasih karunia-Nya dan daya kekuatan yang dikaruniakan kepada kita bertindak lebih lanjut dengan penuh keberanian. Itulah yang dilakukan Ester. Maka seperti dia, kitapun perlu ingat apa yang harus kita lakukan ialah mengambil langkah dan tindakan dan selanjutnya serahkan segalanya di tangan Tuhan.

    Doa: Bapa, berkenanlah menunjukkan kepadaku bagaimana Engkau kehendaki aku boleh menjadi bagian dari jawaban atas kebutuhan dan masalah yang aku sampaikan kepada-Mu.

    Janji: “Bapa yang ada di surga, ... akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya” --- Matius 7:11

    Pujian: Dengan membaca dan merenungkan ayat-ayat tentang berdoa dan memohon, dari sabda Yesus itu, Kartini mulai menyadari betapa maha murahNya Bapa dan begitu luar biasanya penyelenggaraan ilahi itu.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjodo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/