• Renungan Harian - Senin, 27 Maret 2017

    Senin, 27 Maret 2017

    Yesaya 65:17-21

    Mazmur 30:2,4-6,11-13

    Yohanes 4:43-54

    MELIHAT TANDA

     “Itulah tanda kedua yang Yesus lakukan ...”  --- Yohanes 4:54 

    TANDA DALAM Injil Yohanes berarti ‘mukjizat’ yang dilakukan oleh Yesus. Dan dengan ‘tanda’ itu para rasul dituntun semakin percaya pada Yesus, yang melakukan ‘tanda-tanda’ itu.

    Dalam kisah Injil ini ada tiga macam ‘tanda’. Pertama ialah kesaksian dari orang-orang di kota itu. Sewaktu pejabat itu mendengar bahwa Yesus adalah yang melakukan mukjizat, ia percaya. Sewaktu pejabat itu meminta Yesus datang menyembuhkan anaknya yang sakit, jawab Yesus kepadanya agar pulang karena anaknya sudah sembuh. Ini adalah ‘tanda yang kedua’. Sewaktu pejabat itu mendengar bahwa anaknya sembuh, kepercayaan pada Yesus semakin tumbuh. Mukjizat penyembuhan tanpa Yesus harus hadir menjamah si sakit. Dan akhirnya sewaktu sampai di rumah, pejabat itu mendapati anaknya sudah sembuh. Inilah tanda yang ketiga. Dan iman kepercayaan pejabat itu semakin tumbuh membesar dan demikian seluruh anggota keluarganya juga percaya akan Yesus.

    Apakah di antara ketiga tanda itu ada yang jauh lebih adikodrati? Semua adikodrati. Tentu kita telah sering merasa Allah bersabda kepada kita lewat pasangan kita masing-masing, lewat homili di hari Minggu. Bisa saja Tuhan menegur kita sewaktu kita membuka halaman Kitab Suci secara acak. Dan ayat itu yang kita cari, sebagai jawaban dari Tuhan. Bisa saja berujud peristiwa kecelakaan dan nyaris kita terkena. Itu semua adalah tanda-tanda -- yang Tuhan pakai merenda berkat dan karunia bagi kita dalam kehidupan kita keseharian. Tanda dan peristiwa itu memperkokoh iman kita bahwa Yesus itu nyata hidup dan hadir serta menyertai kita.

    Apakah kita perhatikan kisah dalam Injil hari ini? Dua dari tiga tanda terjadi setelah pejabat itu mulai mencari Yesus. Dan kita? Betulkah kita juga bergumul mencari Yesus dalam kesibukan kita sehari-hari? Lalu apa tanda-tanda kehadiran Allah yang menunggu kita agar kita mencari dan menemukannya? Itu bisa di mana saja. Maka waspada dalam mencari. Biarkanlah itu semua  mendorong kita untuk semakin dalam dan semakin penuh dalam beriman akan Yesus.

    Doa: Ya Yesus, bukalah mataku untuk bisa melihat tanda-tanda rahmat-Mu hari ini.

    Janji: “Jika kamu tidak melihat tanda dan mukjizat, kamu tidak percaya” --- Yohanes  4:48

    Pujian: Kadang-kadang diadakan KRK (Kebangunan Rohani Katolik) di ruang yang luas. Banyak orang datang mohon penyembuhan. Dan memang terjadi tanda dan mukjizat penyembuhan. Sayang ada beberapa peserta hanya ingin melihat sensasi saja sebagai tontonan. Hati dan imannya tertutup.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/