• Renungan Harian - Jumat, 31 Maret 2017

    Jumat, 31 Maret 2017

    Kabijaksanaan 2:1a,12-22

    Mazmur 34:17-21,23

    Yohanes 7:1-2,10,25-30

    SANG PENYEMBUH DAN PENGHIBUR

     “Tuhan dekat dengan orang yang patah hati.” --- Mazmur 34:19

    SIAPA YANG belum pernah mengalami rasa kecewa patah hati dan patah semangat, dirundung kekhawatiran? Betapa senang mengetahui bahwa ada obat untuk yang patah hati yang kecewa dan yang kawatir. Obatnya bukan dari apotik seperti ‘pil’ atau obat herbal seperti ‘tolak angin’. Obatnya bukan berujud sesuatu barang, tetapi “Seseorang”. Sebagaimana tertulis dalam Mazmur, “Tuhan dekat dengan orang yang patah hati”.

    Bila anda pernah dikecewakan oleh seseorang atau oleh peristiwa dalam hidup ini, anda bisa langsung menghadap-Nya. Jangan cemas, apakah Dia cuek akan kamu atau menolak membantumu? Sebaliknya, Tuhan Allah kita adalah Allah yang selalu mencari orang yang patah hati. Ia ingin sekali menyembuhkannya.

    Ini bukan sekedar kata-kata indah, tetapi kenyataan. Allah sanggup menyembuhkan hati kita yang patah sebab Ia mengenal benar isi hati kita. Ingat bahwa Allah dalam diri Kristus telah mengambil kemanusiaan kita -- seutuhnya kecuali dosa. Maka dalam Kristus, Allah mengenal benar apa itu sedih, derita dan sakit, kecewa serta kawatir  yang kita rasakan (Ibr 4:15) Ia benar-benar merasakan luka-luka kita. Dan Yesus merangkulnya, bukan melarikan diri dari derita itu. Ia bawa sedih dan derita kita ke salib-Nya dan Ia menyembuhkannya. Berkat dan rahmat kebangkitan Yesus miliki. Dan berkat itu sekarang boleh kita nikmati.

    Bila saat ini anda merasa hati hancur berkeping, hatinya terluka dan sakit, katakan langsung “Yesus menyertai kita juga saat ini”. Dan bila merasa bahwa hati yang sakit dan patah ini tidak sembuh-sembuh, katakan pada diri anda sendiri “Aku percaya pada Kristus. Aku tahu bahwa Ia akan membantu diriku!” Dan bila anda merasa was-was akan masa depan, bergabunglah dengan pemazmur yang berseru “Banyaklah  gangguan dalam diri orang jujur, tetapi dari semua masalah dan gangguan Tuhan membebaskannya!” (Mzm 34:20). Dekatkan selalu dengan Tuhan. Ketahuilah bahwa Ia akan menang  di akhir pergumulan. Demikian juga kita.

    Doa: Ya Yesus, aku serahkan segala kekhawatiran, takut dan luka-luka hatiku pada-Mu. Terima kasih Tuhan telah Engkau ambil semua itu ke salib-Mu.

    Janji: “Kemalangan orang memang banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu” --- Mzm 34:20

    Pujian: Ada Komunitas Pembaharuan Kharismati Katolik di Jakarta, yang memiliki visi untuk melayani orang-orang bergumul dengan masalah. Tersedia nomor telepon (021-6385 0999) dan terbuka 24 jam. Yang patah hati boleh curhat masalahnya karena di ujung sana ada yang mendengarkan. Orang itu akan didoakan lewat telepon. Umumnya, karena kuasa doa, penilpon menjadi lega, dan meninggalkan hal-hal yang ia ingin lakukan, yang sebenarnya malah akan memperparah keadaan. 

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/