• Renungan Harian - Rabu, 12 April 2017

    Rabu, 12 April 2017

    Yesaya 50:4-9a

    Mazmur 69:8-10,21bcd-22,31,33-34

    Matius 26:14-25

    TRI HARI SUCI-- MEMULAI  TRIDUUM

    “Murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah.”  --- Matius 26:19

    MINGGU PALMA telah kita rayakan. Di hari Rabu dalam Pekan Suci ini kita siap-siap menyambut Tri-Hari (Triduum) suci, yang kita mulai  Kamis besok. Untuk Triduum ini kita telah empat puluh hari berpuasa, berdoa dan bermatiraga. Paska diawali dengan Misa jelang Wafat Tuhan, yakni Perjamuan Kamis Putih, dan memuncak pada Misa Jelang Paska – Kebangkitan Tuhan dan ditutup dengan Doa Sore Minggu Paska.

    Triduum berlangsung selama 70 jam, dengan sela untuk istirahat atau keperluan lain. Kita ingat Yesus bersabda: "Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: Pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku." (Mat 26:18). Bagaimana kita? Siapkah kita menyambut perayaan Triduum ini di mana Kristus disalib dan bangkit dirayakan dengan khidmat?

    Dalam Tri-Hari-Suci ini, kita masuk ke dalam ‘misteri Kasih Tri-tunggal dan rancangan penebusan kita’. Dalam Tri-Hari-suci ini, kita masuk ke dalam ‘kebijaksanaan yang tersembunyi dan penuh misteri’ (1 Kor 2:7). Yakni, "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Kor 2:9). Siapkan kita ini menyambut apa yang Ia telah sediakan untuk kita?

    Kita mempersiapkan diri dengan jalan bertobat dari dosa-dosa kita. Khususnya dalam relasi kita dengan sesama. Apakah kita memaafkan kesalahan dan dosa-dosa sesama kita yang telah menyakiti hati kita? Mungkin sudah menyambut Sakramen Rekonsiliasi. Bila belum ini hari-hari ber-rahmat ini, sambutlah Sakramen Tobat! Ini juga kesempatan guna memperbaharui Janji-janji Baptis kita di Malam Paska! Tanpa tekad memperbaharui Janji Baptis, perayaan Paska akan menjadi upacara saleh saja, tanpa menyentuh pola hidup kita.

    Mungkin kita atau anak kita - mempersiapkan diri guna menyambut Sakramen Ekaristi untuk pertama kali dalam Perjamuan Kamis Putih? Triduum ini mengingatkan kita semua yang telah dibaptis untuk hidup dan mati demi kasih luar biasa dari Bapa, Putera dan Roh Kudus! Mari kita nyatakan komitmen kita ini!

    Doa: Bapa, sadarkan kami, bahwa bukan aku lagi yang hidup tetapi Kristus-lah yang hidup dalam diriku (Gam 2:20)

    Janji: “Sebab aku meneguhkan hati ku, karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu” -- Yesaya 50:7

    Pujian: Di Paroki Santa Maria Ratu untuk menyambut Paska khususnya Tri-Hari-suci, telah dibentuk Panitia Bersama. Ada Seksi yang giat mempersiapkan ‘Malam Adorasi’ Kamis malam. 

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/