• Renungan Harian - Minggu, 16 April 2017

    Minggu, 16 April 2017

    HARI RAYA PASKAH KEBANGKITAN TUHAN

    Sabtu Malam: Vigili Paska

    Liturgi :  Sabda – Cahaya – Baptis/Pembaruan – Ekaristi

    Kejadian 1:1 - 2:2

    Kejadian 22:1-18

    Keluaran 14:15 - 15:1

    Yesaya 54:5-14

    Yesaya 55:1-11

    Barukh 3:9-15,32 - 4:4

    Yehezkiel 36:16-17a,18-28

    Roma 6:3-11

    Matius 28:1-10

    MINGGU  Paskah

    Pagi

    Kisah Para Rasul 10:34a,37-43

    Mazmur 118:1-2,16ab-17,22-23

    Kolose 3:1-4 atau 1Korintus 5:6b-8

    Yohanes 20:1-9 atau Lukas 24:13-35

    SELAMAT  PASKAH

    Kisah Para Rasul 10:34a,37-43

     “Mulailah Petrus berbicara, katanya:..” Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia. Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib. Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati. Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati. Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

    Kolose 3:1-4 atau 1Korintus 5:6b-8

    “Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.”

    Yohanes 20:1-9 atau Lukas 24:13-35

    “Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."

     “Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,

    sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.

    Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.”

    “Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?” --- Roma 6: 3 (Vigili Paskah)

    UNTUK MEMAHAMI Kristus yang bangkit ke dalam hidup yang mengalahkan maut, kita harus dibaptis dalam Nama-Nya (Kis 2: 38). Bila kita telah dibaptis, kita perlu memperbaharui janji-janji Baptis kita dan menghayatinya. Dengan demikian kita akan menyadari bahwa kita “telah dibangkitkan bersama dengan  Kristus” (Kol 3:1). Dalam Baptisan itu kita mengenal akan Kristus yang bangkit. Maka hari pertama di Masa Paska ini, dalam Misa di seluruh dunia, Gereja mengundang kita semua untuk memperbaharui janji-janji Baptis kita. Bila kita menjawab “Ya, kami menolak!”`- kejahatan dan setan , sumber dosa; dan menjawab “Ya, kami percaya” – percaya akan Allah, -akan Yesus Kristus, - akan Roh Kudus . Ini artinya, kita, dengan rahmat Tuhan,  menyatakan suatu komitmen agung yang sebagai mana belum pernah kita lakukan, - suatu komitment agung sejauh manusia mampu menjalaninya. Untuk ini, kita semua sudah mempersiapkan diri selama Masa Pra-Paska, dengan mati raga, doa, beramal dan berpuasa.

    Di hari besar dan agung ini, kita berjumpa dengan Kristus yang bangkit dari alam maut, dan kita menyatakan pembaharuan janji-janji Baptis kita. Sudah dua-ribunan tahun Gereja di seluruh dunia  melakukannya hal ini. Milyar-an orang mungkin lebih – telah berjumpa , mengenl dan mengasihi  Kristus yang bangkit ini, lewat penghayatan janji-janji Baptis mereka.

    Di hari Minggu Paska ini, Percaya, menyatakan ‘Ya, kami menolak’ dan ‘Ya kami percaya’. Serta menghayati hidup baru, hidup dalam Diri Tuhan yang bangkit!

    Selamat Paskah. Yesus bangkit. Alleluya!

    Doa: Dengan sebulat hati ya Bapa, ya Putera yang Bangkit dan Roh Kudus , aku percaya pada-Mu!

    Janji: ”Ia melihat dan percaya” --- Yohanes 20: 8

    Pujian: Alleluia . Hari ini Hari-Nya Tuhan. Hari yang dijadikan Tuhan. Marilah kita bersorak surai dan bersukacita (Mzm 118:24)!

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/