• Renungan Harian - Senin, 17 April 2017

    Senin, 17 April 2017

    Kisah Para Rasul 2:14,22-32

    Mazmur 16:1-2a,5,7-8,9-10,11

    Matius 28:8-15

    KEBANGKITAN ITU HARGA MATI

    "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.” --- Matius 28:13

    PARA SERDADU Romawi yang bertugas menjaga kubur adalah saksi kejadian ‘kebangkitan’ Yesus. Sewaktu menjaga kubur terjadilah gempa dasyatsebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.” (Mat 28:2, 4).

     “Datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala. Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu. dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa." Para serdadu kalau lalai dalam tugas, mereka dihukum mati (Kis 12: 19; 16: 27). Alasan kalau mereka itu tidur, itu alasan yang sangat lemah. Tentu saja pertanyaan yang dapat ditanyakan “Mengapa kamu masih tetap hidup ?” Batu penutup kubur itu besar. Bila digeser tentu bersuara dan tentu terdengar oleh serdadu yang menjaga. Serdadu yang terbangun tentu membangunkan teman-temannya dan menghalangi para murid-Nya mencuri jenasah-Nya.

    Dan lagi para murid masih merasa ketakutan.  Sesudah kematian Yesus, mereka bersembunyi di kamar atas, dan mengunci pintu-pitunya. Bila yang mencuri itu para murid Yesus, lalu mereka mewartakan Kebangkitan-Nya, kiranya ini lebih baik. Ini lebih baik karena daripada mkenunggu lima puluh hari, baru mereka berani mewartakan-Nya.

    Seluruh alasan para pemimpin imam itu sangat lucu dan tak masuk akal, dan mudah sekali dibantah. Kuasa kejahatan tak mungkin mengalahkan kuasa Kebangkitan Yesus Kristus. Yang benar, Yesus telah bangkit.  Dan akibatnya, kubur menjadi kosong. Kebangkitan Kristus bagi kita umat kristiani  merupakan dasar iman kepercayaan kita.

    Pernahkah kita meragukan iman akan kebangkitan Kristus? Kalau ya, bertobatlah sekarang. Hiduplah dalam kebebasan Kebangkitan-Nya.

    Doa: Ya Yesus, semoga sejak sekarang aku menghayati hidup baru yakni hidup kebangkitan-Mu.

    Janji: “Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu, kami semua adalah saksi” --- Kisah 2: 32

    Pujian: Terpujilah Engkau ya Yesus, yang bangkit, Tuhan surga dan bumi. Semua ciptaan-Mu  memuji-Mu!

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/