• Renungan Harian - Rabu, 19 April 2017

    Rabu, 19 April 2017

    Kisah Para Rasul 3:1-10

    Mazmur 105:1-2,3-4,6-7,8- 9

    Lukas  24:13-35

    YESUS YANG BANGKIT

    BERTEMU PETRUS - PAUS PERTAMA

    “Sesungguhnya Tuhan telah bangkit , dan telah menampakkan Diri kepada Simon.” --- Lukas 24:34

    SEBELUM MENAMPAKKAN diri kepada rasul-rasul lain, Yesus menampakkan Diri kepada Simon. Dalam Injil Simon ini juga mendapat julukan Petrus. Lengkapnya menjadi Simon Petrus. Dalam bahasa Yunani ’Kephas’ yang berarti ‘batu karang atau padas’. Kepada para rasul Yesus pernah bersabda “Engkau adalah Petrus ( = Batu Karang)  dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku” (Mat 16:18). Jema’at di sini,ialah para pengikut Yesus, yang menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat. Simon Petrus yang diberi kuasa oleh Yesus menggembalakan domba-domba-Nya (Yoh 21:15-17). Petrus ditunjuk menjadi Gembala Umat. Dalam bahasa kita sekarang  “Paus”. Simon Petrus adalah Paus pertama.

    Yesus menampakkan Diri kepada  “dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota (Mrk 16:12), ke Emmaus (Luk 24:13). Juga Yesus menampakkan Diri kepada kesebelas murid-Nya (Mrk 16:14; Mat 28:16). Dan yang terakhir Yesus menampakkan Diri kepada Saulus yang mengkera-kejar Umat Tuhan. Paulus juga menyebut penampakan Yesus kepada Simon Petrus  (1 Kor 15:5). Ayat-ayat itu menandakan keistimewaan kedudukan Petrus di antara murid Yesus.

    Dalam Perjamuan Malam, Yesus menyebut-sebut agar Petrus waspada sebab setan mengganggunya, agar Petrus waspada dan tabah  (Luk 22:31). Yesus menyatakan bahwa Petrus hendaknya meneguhkan teman-teman, yakni rasul lainnya (Luk 22:32).

    Menurut kesaksian Lukas dan Paulus, setelah kebangkitan-Nya, Yesus secara pribadi menampakkan Diri kepada Simon Petrus. Baru kemudian Yesus menampakkan Diri kepada para murid yang lain. Secara khusus Yesus memilih Petrus dan para penggantinya seterusnya , yakni Paus. Yesus memberi  rahmat khusus, karunia-karunia serta panggilan. Untuk tambah dekat dengan Yesus yang bangkit, kita mendekat pada Petrus dan mendekat pada Paus-paus penggantinya.

    Kita umat kristiani, khususnya Katolik patuh dan mendengarkan Yesus, lewat Petrus dan para Paus. Kita dengarkan ajaran-ajaran para Paus.

    Doa: Bapa, perkenankan diriku menghayati hidup selaras dengan remcana-Mu.

    Janji: “Mereka mengenali-Nya sewaktu pemecahan roti” --- Lukas 24:35

    Pujian: Inilah harinya Tuhan. Marilah kiita bergembira dan bersukacita. Alleluia.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/