• Renungan Harian - Kamis, 20 April 2017

    Kamis, 20 April 2017

    Kisah Para Rasul 3:11-26

    Mazmur 8:2a, 5,6-7, 8-9

    Lukas 24:35-48 

    MENGENAL DAN MEWARTAKAN KRISTUS YANG BANGKIT 

    "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur. Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci." --- Lukas 24:44-45

    DAPATKAH KITA dapat mengenali Yesus yang bangkit? Ya, kita dapat! Kapan?

    • Yesus membuka  pikiran kita kepada pemahaman isi Kitab Suci;
    • Yesus memecah-pecahkan roti bersama kita (Luk 24:35). Di sini Yesus memberikan diri kepada dalam ujud Komunio suci.
    • Kita menerima Roh Kudus dalam Pentakosta baru, dan bila
    • Kita menjadi saksi-saksi Kristus  (Kis 1:8; Luk 24:48).

    Awal Paskah yang nyata adalah sewaktu kita mendengarkan Sabda Allah, sehingga  hati kita menyala dengan api yang menyucikan (Luk 24:32). Selama  Sabda Allah diwartakan, kita dapat mengharapkan  beberapa aspek dari pemahaman kita akan Yesus yang bangkit pasti terjadi, sebab Sabda Allah itu bukan hanya awal tetapi suatu katalisator. “Firman Allah itu hidup dan kuat” (Ibr 4:12). Firman itu tak akan kembali sia-sia tetapi mencapai tujuan (Yes 55:11). Maka tatapan mata kiita sekarang ialah pada ‘pewartaan’. Dengan demikian  ini akan berdapak berantai, yakni semakin banya mengenali Yesus yang bangkit dan hidup berserta-Nya.  Ini  berkat pewartaan. Hal ini menolong kita untuk memahami mengapa Umat Gereja Perdana cepat berkembang.

    “ Setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias” (Kis 5: 42). Para rasul mengkhususkan diri dalam doa dan dalam pelayanan Sabda (Kis 6:4). Dan “Firman Allah semakin tersebar” (Kis 6: 7; 12: 4 dan 19:20).

    Meski ditunjuk  menjadi Pimpinan Gereja oleh Yesus sendiri, dan telah didoakan agar tetap tegar,  Petrus masih berbuat dosa. Ia sampai tiga kali menyangkal Yesus (Yoh 18:25-27).

    Siap sediakah kita mewartakan?  Mari kita membaca, mendengarkan dan berbagi Sabda Allah setiap hari! Dengan demikian kita akan menghayati hidup baru yakni hidup Yesus Kristus yang bangkit. Dan kita memperkenalkan banyak orang kepada Kristus yang bangkit.

    Doa: Ya Bapa,semoga aku tetap siap mewartakan Sabda-Mu baik dalam waktu yang menguntungkan ataupun tidak.

    Janji: Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus” --- Kisah 3:19-20.

    Pujian: Trisnawati adalah anak pertama yang menerima Yesus dan dibaptis dalam keluarganya. Dalam waktu sepuluh tahun kemudian, adik-adik dan orangtuanya mengikuti jejaknya menerima Yesus sebagai Juru selamat.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/