• Renungan Harian - Sabtu, 22 April 2017

    Sabtu, 22 April 2017

    Kisah Para Rasul 4:13-21

    Mazmur 118:1,14-15,16ab-18,19-21

    Markus 16:9-15

    JANGAN  SIA-SIAKAN  BUAH PENEBUSAN KRISTUS

    “Ia (Yesus) mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya."-- Markus 16:14

    PERISTIWA KEBANGKITAN Yesus dari mati dicanangkan. Wanita mendapat peran dan kehormatan mewartakannya.  Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Salome, yang pergi ke kubur bertemu dengan Malaekat yang menyampaikan pesan “Ia telah bangkit”... “Pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus”. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya” (Mrk 16:7,10). Tetapi “ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya” (Mrk 16:11). “Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota. Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya” (Mrk 16: 12-13). “Akhirnya Ia (Yesus) menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.” (Mrk 16:14).

    Yesus Kristus yang telah disalib, wafat dan bangkit, ingin sekali agar kita peduli sekali akan Kabangkitan-Nya dan akhirnya memperoleh hidup abadi. Karena itulah, Yesus:

    • Mencela ketidak kepercayaan kita (Mrk 16:14) dan menghukum kita (2 Ptr 2:9);
    • Mendorong kita agar kita bertobat;
    • Memperingatkan kita akan adanya hukuman abadi (Mrk 16:16);
    • Menyuruh kita untuk mewartakan ke semua mahkluk Warta Gembira akan Kebangkitan-Nya (Mrk 16:15);
    • Meminta semua murid-Nya agar selalu berdoa dan berpuasa untuk keselamatan umat seluruh dunia dan mau menderita yang membawa penebusan bagi orang-orang yang belum percaya agar selamat;
    • Yesus juga mengajak para murid bahwa ada yang di  antaranya yang menjadi martir.
    • Yesus mengutus Maria Magdalena dan teman-temannya untuk membangunkan orang-orang yang berlum percaya sebelum terlambat;
    • Dan Yesus memberikan Darah dan Tubuh-Nya kepada kita.

    Yesus telah bangkit. Ia telah berusaha keras guna  menolong kita agar percaya kepada-Nya dan dengan demikian kita memperoleh hidup abadi dalam Dia. Semoga karya penebusan Yesus lewat derita dan wafat tidaklah sia-sia!

    Doa: Bapa, semoga aku tak membiarkan kesempatan berlalu untuk memperkenalkan Bapa kepada sesama kami agar mereka menerima dan mengasihi-Mu.

    Janji: "Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu atau taat kepada Allah.

    Pujian: Bayi-bayi Katolik sewaktu dibaptis ayah dan ibunya dan wali baptis harus mengikuti pertemuan tentang tanggungjawab orangtua terhadap anaknya dalam hal perkembangan iman. Bukan masalah secepat mungkin bayi dibaptis tetapi bagaimana pembinaan dan pendampingan anak kecil untuk bisa tumbuh dan berkembang imannya.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/