• Renungan Harian - Selasa, 25 April 2017

    Selasa, 25 April, 2017

    St. Markus

    1 Petrus 5:5b-14

    Mazmur 89:2-3,6-7,16-17

    Markus 16:15-20

    GESIT – INJILNYA PENDEK DAN BERNAS 

    “Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu yang terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku.’’ --- 1 Petrus 5:13 

    SIAPA TIDAK KENAL Markus? Penulis Injil kedua. Ia kemanakan Barnabas. Injilnya pendek, terdiri 16 bab saja.  Tetapi inti sari pewartaan tentang Peristiwa - Kabar Gembira termuat di situ. Ia tidak disebut sebagai seorang rasul, tetapi yang jelas ia muriud kesayangan Petrus.

    Ia pernah bergabung dengan Paulus dalam perjalanan pelawatan mewartakan Injil (Kis 12:25). Tetapi terjadilah konflik. Nampaknya Markus belum mampu mengolah pengalaman rohaninya (Kis 13:13). Ia memilih mundur dan tidak ikut dalam perjalanan Paulus selanjutnya dan kembali ke Yerusalem. Barnabas dan kemudian Petrus menerimanya dan menyertai dalam pelayanan, sewaktu Barnabas berpisah dengan Paulus (Kis 15:39).

    Markus akhirnya berubah. Ia menjadi pewarta Kabar Gembira dan menulis Injil. Ia dipilih oleh Yesus bukan karena ia hebat dan pandai serta suci. Ia dipilih karena menyaksikan Kebangkitan Kristus. Justru dia gagal dalam ikut serta dalam perjalanan pewartaan dalam Gereja perdana, tetapi ia menjadi sumber inspirasi bagi para murid Yesus, termasuk kita sekarang,  untuk menjadi misionaris sepanjang zaman.

    Markus penulis Injil merupakan salah satu  bunga dalam khasanah sejarah awal Gereja, seperti Maria Magdalena, Stephanus sang martir, Paulus, misionaris pertama melalang buana  dan Petrus, Pimpinan Gereja Pertama atau Paus. Mereka semua saksi-saksi kebangkitan. Mereka semua terperangkap ke dalam kasih Yesus. Akhirnya mereka dirubah dan dirombak menjadi pribadi baru, pribadi pewarta tangguh akan Kabar Gembira.

    Doa: Bapa, aku menyatakan iman ku pada kebangkitan Putera-Mu, sertailah tanda-tanda yang Engkau janjikan dalam pewartaanku kepada orang-orang yang belum mengenal  Dikau.

    Janji: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” --- Markus 16:15-16

    Pujian: Meski pernah mundur dari perutusan pewartaan lisan, Markus dirubah oleh Roh Kudus menjadi pewarta Injil dalam media tertulis yang pertama.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/