• Renungan Harian - Jumat, 28 April 2017

    Jumat, 28 April 2017

    Kisah Para Rasul 5:34-42

    Mazmur 27:1,4,13-14

    Yohanes 6:1-15

    LULUS  DAN  LOLOS?

    “Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia (Filipus), sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya.” --- Yohanes 6:6

    TIDAK HANYA Filipus yang dicobai Yesus, juga kita semua dicobai-Nya. Dia akan mengajukan suatu masalah yang secara manusia tak mungkin teratasi, apakah kita akan hidup dengan berjalan berdasar iman atau berdasar penglihatan mata saja  (2 Kor 5:7)? Ia akan menguji kita apakah kita ini menghakimi dengan ukuran ilahi atau ukuran manusiawi belaka? (Mat 16:23). Kita juga bisa dicobai dengan pengejaran dan penganiayaan. Kita akan bereaksi secara orang biasa, yakni membenci yang mengkejar-kejar dan membalas serta  mengancam mereka? Atau sebaliknya, kita mengampuni musuh-musuh kita, mengasihinya, dan kita menganggap bahwa ini adalah suatu kehormatan istimewa bahwa diri kita “dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus” (Kis 5:41).

    Kita lulus dari pencobaan karena dukungan rahmat Allah bukan hanya pada saat itu, tetapi juga saat-saat lain, di waktu minggu, bulan tahun-tahun seterusnya. Bisa saja bantuan Tuhan, adanya kekuatan rohani seperti kekuatan jasmani, baru tiba atau muncul di saat kita dicobai. Memang ini sering kita alami setelah menunggu lama. Dan waktu dan saat ini merupakan kesempatan untuk mempersiapkan diri guna waktu mendatang. Mukjizat, kemartiran dan cobaan-cobaan lain, yang akan terjadi nanti, itu bisa berasal dari rahmat yang kita mohon saat ini.

    Perlu kita dengarkan nasehat rasul Yudas “Saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.” (Yud 20).

    Doa: Bapa, teguhkan dan kuatkan diriku setiap menit karena aku ingin selalu  dalam  kepatuhan dan kasih.

    Janji: “Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia." --- Yohanes 6:14

    Pujian: Tuti dipindah sebagai guru mengajar di Sekolah Negeri. Dia satu-satu pendidik yang katolik. Dia tekun berdoa karena merasa di tempat baru banyak cobaan. Doanya didengar Tuhan. Ternyata teman-teman seprofesinya menerima dan menyambut baik.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/