• Renungan Harian - Rabu, 3 Mei 2017


    Ditulis pada tanggal : Tuesday, 02 May 2017, 03:31 AM

    Renungan Harian - Rabu, 3 Mei 2017

    Rabu, 3 Mei 2017

    Pst S. Filipus & Yakobus, Ras

    1 Korintus 15:1-8

    Mazmur 19:2-5

    Yohanes 14:6-14

    MELIHAT YESUS DAN MELIHAT ALLAH

     “Tuhan tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” ---Yohanes  14:8

    DALAM PESTA Santo Filipus dan Yakobus, bacaan Injil tentang sabda Yesus kepada Filipus yang ingin sekali melihat wajah Bapa. Menjawab itu Yesus pun  bersabda: "Jika kamu telah mengenal Aku, kamu telah mengenal Bapa-Ku juga." Kemudian Filipus menanyakan apa yang ia anggap mustahil. Mungkin Filipus memikirkan kembali kejadian luar biasa ketika Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Musa (Kel 33:12-23). Bahkan pada saat itupun Musa tidak bisa melihat wajah Allah, ia hanya melihat belakang-Nya Allah. Hal ini sulit dimengerti, sebagaimana ditanyakan oleh Filipus kepada Yesus : "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami."  Filipus ditegur oleh Yesus karena kurangnya kepercayaannya: Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, namun engkau tidak mengenal Aku?

    Allah tidak dapat kita bayangkan, tapi dinyatakan secara sempurna dalam diri Yesus Kristus, melalui segala perbuatan yang dilakukan-Nya dan sikap dan ucapan-Nya. Kita bertemu dengan Allah, pada saat kita mengalami peristiwa yang menyentuh hati. Tuhan hadir dengan cara-Nya sendiri yang seringkali tidak dapat kita mengerti.

    Sesungguhnya Tuhan Yesus selalu hadir setiap saat dalam hidup kita. Tetapi saat hati kita sedang dipenuhi kesibukan dunia, maka kita tidak merasakan kehadiran-Nya. Untuk itu marilah kita luangkan waktu agar kita dapat berkomunikasi dengan Tuhan dan selalu merasakan kehadiran-Nya. Yesus mengharapkan kita untuk berelasi dengan-Nya secara intim dalam doa. Dalam doa kita lebih ingin mendengarkan kata dan nasehat Yesus, sebagaimana Bapa bersabda “Inilah Putera kesayangan-Ku, kepada-Nya Aku berkenan. Dengarkanlah Dia” (Mat 17:5). Setiap kita merayakan Ekaristi, kita mendengarkan kisah peristiwa atau ajaran lewat “Meja Sabda”, dan kita lalu menyatu mesra dengan Sang Sabda lewat “Meja Perjamuan” (Pipin)

    Doa: Allah Bapa yang penuh kasih, semoga kami dapat merasakan kehadiran-Mu dalam setiap aktivitas dan persoalan hidup kami sehari-hari. Tolonglah kami agar semakin mengenal Engkau melalui Putera-Mu yang terkasih Tuhan kami Yesus Kristus.

    Janji: Berusaha untuk mencari Yesus Kristus dan menjadikan Dia sebagai Raja di dalam hidup dengan meluangkan waktu untuk berdoa

    Pujian: Santo Paulus, setelah melihat Yesus, engkau meninggalkan kehidupan lamamu dan bertobat, serta menjadi murid-Nya yang luar biasa. 

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/