• Renungan Harian - Kamis, 4 Mei 2017


    Ditulis pada tanggal : Wednesday, 03 May 2017, 02:40 AM

    Renungan Harian - Kamis, 4 Mei 2017

    Kamis, 4 Mei 2017

    Kisah para Rasul 8:26-40

    Mazmur 66:8-9,16-17,20

    Yohanes 6:44-51

    ORANG PILIHAN

     “Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.” --- Yohanes 6:44

    HARI INI Tuhan Yesus menyatakan kegembiraan perihal “dipilih dan memilih”. Inilah Kabar Gembira atau Injil.

    Pertama, Yesus mengatakan bahwa tidak semua orang bisa datang kepadaNya jika Allah Bapa tidak memberikannya kepada Yesus untuk diselamatkan pada akhir zaman (Yoh 6:44). Siapapun yang terpilih untuk mengikuti Yesus adalah pilihan Allah Bapa yang mengutus Yesus (Yoh 6:65), kriterianya bukan karena hebatnya usaha seseorang lalu Allah memilihnya untuk diselamatkan tentu tidak, sebab Allah melihat jauh ke dalam hati setiap manusia dan mengenal betul siapa diri kita lebih dari diri kita sendiri. Maka kita yang telah dibaptis dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang datang dari Allah bukan berarti kita yang telah memilihNya, tetapi sesungguhnya Bapa lah yang telah memilih kita untuk menjadi “orang pilihan” Allah yang nantinya akan selamat pada akhir zaman karena Yesus Kristus, jadi bersukacitalah.

    Kita ingat juga Yesus bersabda “Bukan kamu yang memilih Aku, tapi Akulah yang memilih kamu” (Yoh 15:19). Semoga kita tetap setia pada pilihan Allah sampai akhir hayat kita dan tak sedetikpun terpikir untuk mengundurkan diri dari Yesus (Yoh 6:66-67), apapun alasannya.

    Kedua, Yesus mengumpamakan diriNya “Roti Hidup” yang tidak sama dengan roti atau manna yang telah dimakan nenek moyang bangsa Israel dahulu yang mengenyangkan namun tidak menyelamatkan jiwa mereka (lih. Yoh 6:48-49); hal ini mengandung arti bahwa Yesus menawarkan diriNya untuk menjadi pilihan. Roti adalah makanan jasmani yang dapat melepaskan kita sementara waktu dari rasa lapar. Sedangkan roti Hidup berbeda, karena ia akan memberikan hidup kekal kepada kita yang menyambut-Nya. Sebab roti hidup ini adalah tubuh dan darah Yesus sendiri yang diserahkan bagi kita di kayu salib sebagai penghapusan dosa agar siapapun yang memilih Yesus menjadi pilihan imannya, maka layaklah ia menjadi “orang pilihan” di hadapan Allah dan beroleh keselamatan.

    Tetapi apakah kita mempersiapkan dengan baik untuk menyambut-Nya, sang “Roti Hidup” dalam Ekaristi? (Stev).

    Doa: Allah Bapa sumber kasih, buatlah kami percaya sepenuhnya dengan pilihan Iman akan Putera-Mu Tuhan kami Yesus Kristus sebagai satu-satunya Roti Hidup yang menyelamatkan.

    Janji: "Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia" --- Yoh 6:51

    Pujian: Yesus Engkaulah Tuhan dan juruselamat kami.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/