• Renungan Harian - Sabtu, 6 Mei 2017

    Sabtu, 6 Mei 2017

    Kisah para Rasul 9:31-42

    Mazmur 116:12-17

    Yohanes 6:60-69

    Mujizat Tetap Terjadi

     “Kata Petrus kepadanya: "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!" Seketika itu juga bangunlah orang itu.” --- Kisah para Rasul 9:34

    WAKTU YESUS masih bersama para murid dan rakyat Israel, Ia melakukan berbagai mukjizat, seperti menyembuhkan orang kusta, mencelikkan orang buta, menyembuhkan orang sakit bisu tuli, orang lumpuh, bahkan sampai menghidupkan kembali orang mati. Ini membuat banyak orang berbondong-bondong mencari Yesus untuk disembuhkan.

    Sewaktu ada orang lumpuh disembuhkan oleh Yesus, kesan mereka “Yang begini belum pernah kita lihat” (Mrk 2:12). Sewaktu Angin ribut diredakan, mereka heran dan kagum” Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan dan danau taat kepada-Nya” (Mrk 4:41). Sewaktu Yesus menyembuhkan orang lumpuh, Ia bersabda “percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni” Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah." Mengampuni dosa adalah hanya Allah yang berhak. Bagi orang Farisi Yesus adalah manusia biasa. Apa tanggapan Yesus? “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu -- : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" (Mat 9:2-6).

    Setelah Yesus wafat dan diangkat ke Surga, ternyata para murid pun dapat melakukan berbagai hal seperti yang telah Yesus lakukan. Petrus lewat, maka bayangannya pun dapat menyembuhkan orang sakit. Petrus berkotbah 3.000 orang bertobat. Hal itu semua terjadi, karena Yesus telah berjanji kepada para rasul dan murid-Nya:

    • Ia akan menyertai mereka sampai akhir zaman (Mat 28:20);
    • “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya : mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh" (Mrk 16:17-18).
    •  “Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi" (Luk 24:49)
    • “Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8).

    Setelah mereka mengalami pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:1-6). Kuasa-kuasa itu memang diberikan Yesus kepada para murid-Nya agar mereka dapat menjadi saksi Kristus dengan pewartaan dan perbuatan sebagai wujud ‘karya keselamatan Yesus’.

    Sekarang bagaimana dengan kita yang menjadi murid-muridNya, apakah kita pun dapat melakukan hal tersebut? Kita pasti pernah mendengar bahwa ada pastor atau awam yang dipakai Tuhan untuk menyembuhkan orang sakit. Hal ini membuktikan bahwa kita sebagai murid-murid Yesus, kita pun dapat menjadi alat-Nya. Semua ini terjadi karena Tuhan berjanji bahwa “Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu” (Yoh 14:12). Syaratnya hanya satu yaitu kita percaya, beriman sepenuhnya kepada Tuhan Yesus.

    Marilah kita melayani sesama sebagai langkah untuk membalas kasih-Nya yang telah menyelamatkan kita dari dosa dan maut. Mari kita melakukan semua dengan penuh iman kepada-Nya. Kita berusaha dan berserah kepada Tuhan Yesus, dan biarkan Dia yang mewujudkannya. (DAG)

    Doa: Tuhan Yesus, terimakasih atas kuasa yang telah Kau berikan kepada kami untuk menjadi alat-Mu yang luar biasa.

    Janji: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah" --- Yohanes 6:68-69

    Pujian: Santo Petrus, dikisahkan sebagai murid Yesus yang mengandalkan Tuhan Yesus dan menggunakan semua karunia yang telah diberikan Tuhan untuk meneruskan karya penebusan Kristus -- Guru-nya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/