• Renungan Harian - Rabu, 10 Mei 2017

    Rabu, 10 Mei 2017

    Kisah para Rasul 12:24--13:5a

    Mazmur 67:2-3,5-6,8

    Yohanes 12:44-50

    MENJADI TERANG

     “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.” --- Yohanes 12:46

    SETIAP AKHIR MISA, Pastor selalu memberikan berkat dan pengutusan: “Pergilah kamu diutus!” Dan dijawab oleh umat dengan kata “Amin.”

    Marilah kita renungkan bersama peristiwa tersebut, karena mengandung makna yang mendalam. Sebagian besar dari kita mungkin menganggap itu sebagai hal yang biasa, ritual belaka dan tidak menjadi beban. Namun sebagian lainnya berusaha untuk mengamalkannya dalam hidup keseharian ‘sebagai terang’ bagi sesama (Mat 5:14), sebagai mana Yesus adalah Terang Dunia (Yoh 8:12; 9:5).

    Yesus menghendaki agar kita semua melakukan perkataanNya bukan dengan ucapan di bibir saja, menjadi ‘pelaku firman’ (Yak 1:32). Dia mau kita pun turut ambil bagian untuk menjadi terang dalam dunia sekitar, sama seperti Dia yang menjadi terang dalam kegelapan. Yesus mau kita turut aktif menjadi pelaku-pelaku dari perkataanNya sebab bila kita tidak melakukan perintahNya berarti kita menolak Dia, sekaligus menolak Bapa yang telah mengutusNya.

    Apabila Tuhan mempercayakan kita suatu tugas pelayanan misalnya sebagai pengurus lingkungan ataupun wilayah, cobalah untuk terus mengingat apa yang Tuhan kehendaki dari kita yaitu tetap setia dan memegang komitmen dengan janji kepengurusan. Melayani dan terus melayani tanpa memikirkan pamrih dan upah. Memang dalam melayani umat memerlukan ekstra kesabaran karena banyak umat yang meminta dilayani akan tetapi jarang mau ikut ambil bagian dalam pelayanan itu sendiri.

    Marilah kita terus melibatkan Roh Kudus dalam melakukan tugas pelayanan sehingga kita tetap dikuatkan, dibimbing dan dipenuhi roh sukacita. Pandanglah Yesus sebagai Terang yang menyinari kegelapan dunia ini dan sebagai muridNya kita pun diminta Tuhan untuk bisa menjadi terang bagi dunia sekitar kita. (Lana)

    Doa: Bapa, curahkanlah Roh KudusMu atas kami agar dalam menjalani hidup pelayanan kami pun senantiasa dikuatkan untuk tetap taat dan setia melakukan perintahMu.

    Janji: “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepadaKu, jangan tinggal di dalam kegelapan” --- Yohanes 12:46

    Pujian: Pernah sebagai umat pindah-pindah Paroki karena tugas kerja, tetapi saya selalu mengalami dan menyaksikan pelayanan para Pastor kepada umat dengan sabar. Terimakasih atas pelayanan pastor kepada umat.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/