• Renungan Harian - Kamis, 11 Mei 2017

    Kamis, 11 Mei 2017

    Kisah para Rasul 13:13-25

    Mazmur 89:3,21-22,25,27

    Yohanes 13:16-20

    PERUTUSAN YANG SANGAT-SANGAT SUKAR

     “Yohanes lalu meninggalkan mereka dan kembali ke Yerusalem.” ---Kisah para Rasul 13:13

    YOHANES MARKUS atau Markus -- nantinya menulis Injil -- menemani Barnabas dan Paulus membawa bahan bantuan untuk umat Kristiani di Yudea (Kis 12:25). Kemudian Markus ini menemani Barnabas dan Paulus dalam perjalanan perutusan pengInjilan Gereja (Kis 13:5). Tetapi, Markus mengundurklan diri dalam lawatan pengInjilan itu. Memang ada beda besar antara perutusan untuk membawa bantuan sosial dan perutusan untuk pewartaan Injil.

    Umumnya kita-kita sering dalam perutusan untuk membawa bahan bantuan sosial. Banyak waktu kita, tenaga dan uang kita habiskan untuk membantu yang miskin, yang menderita dan para korban bencana. Tetapi hanya sedikit atau masih sedikit sekali yang terlibat dalam perutusan penginjilan. Perutusan membawa bahan bantuan sangatlah penting dan sering merupakan masalah hidup dan mati. Tetapi perutusan untuk membawa Kabar Gembira, perutusan pewartaan jauh sangatlah penting karena ini masalah hidup kekal dan kematian abadi. Untuk ini, jauh lebih dibutuhkan dorongan kasih guna pergi dalam perutusan pewartaan daripada perutusan membawa bahan bantuan. Sering justru dalam perutusan pewartaan kita menghadapi peperangan rohani daripada dalam kegiatan yang lain. Umumnya diakui ini adalah suatu perutusan yang amat-amat sukar.

    Kita bisa saja mencela Markus yang telah meninggalkan perutusan pengInjilan dalam Gereja Perdana. Tetapi mungkin saja kita-kita sendiri tak pernah meninggalkannya, sebab kita sendiri belum pernah memulai. Bila kita pernah meninggalkannya, ayo ikuti jejak Markus. Ia menyesal dan bertobat dan balik kembali ke perutusan. “Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya” (Yoh 13:17).

    Doa: Bapa, berkati kami, agar jangan sampai aku berhenti tengah di jalan, dan tidak meneruskan perutusan yang Engkau tugaskan kepada kami.

    Janji: “Aku berkat kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku" --- Yohanes 13:20

    Pujian: Setelah ikut serta dalam Seminar tentang Keluarga Berencana yang diselenggarakan oleh Komisi Keluarga, Teresia dan suaminya sepakat meninggalkan metode KB dengan peralatan Kontrasepsi yang tak dibenarkan oleh Gereja.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/