• Renungan Harian - Jumat, 12 Mei 2017

    Jumat, 12 Mei 2017

    S. Nereus & Akhilleus, Mrt

    S. Pankrasius, Mrt

    Kisah para Rasul 13:26-33

    Mazmur 2:6-11

    Yohanes 14:1-6

    BIMBANG (NO!)... PERCAYA (YES!)…

     “Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” ---Yohanes 14:1

    KETIKA SAYA menghadapi masalah yang saya  rasa berat, entah itu sakit-penyakit, keuangan, keluarga, pekerjaan ataupun yang lainnya ... saya sering sekali tenggelam dalam kegelisahan, cemas, dan perasaan negatif lainnya yang membuat saya sedih, kecewa, putus asa, marah, bahkan sakit fisik ataupun batin. Bagaimana anda?

    Kegelisahan itu sebenarnya tidak memberikan jalan keluar untuk setiap masalah yang kita hadapi. Tak jarang kita mengambil jalan keluar dengan mengandalkan logika ataupun kekuatan kita sebagai manusia, akibatnya jelas kita tidak menemukan jalan keluar yang terbaik.

    Bila kita merenungkan bacaan Injil hari ini, kita patut bersyukur dan berbahagia karena firman-Nya begitu jelas dinyatakan kepada kita semua agar kita tidak gelisah melainkan percaya kepada Bapa dan Putera, yang adalah Sang Sumber Jawaban Sejati akan masalah. Kita  diberi jalan keluar yang paling tepat bagi masalah-masalah kita: “Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku” (Yoh 14:1). Ayat ini dapat menjadi kekuatan luar biasa bagi kita untuk membangun kembali iman kita, membangkitkan percaya diri sebagai orang beriman.

    Setelah masalah kegelisahan sudah bisa kita atasi dengan meminta kekuatan dari-Nya, kita sering kali bertanya: “Lalu saya harus bagaimana Tuhan, tindakan apa yang harus saya lakukan?” Mari kita bandingkan dengan pertanyaan Thomas kepada Yesus: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu ada jalan di situ?” (Yoh 14:5). Nasehat yang sama seperti yang Dia berikan kepada Thomas, juga diberikan kepada kita: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (bdk. Yohanes 14:6).

    Jelaslah sudah, kalau Tuhan Yesus telah menyatakan diri-Nya bahwa Dialah satu-satunya Jawaban, yang menjamin kita semua untuk tetap pada keselamatan yang sejati, asal kita patuh setia dan percaya kepada-Nya. Dengan demikian, hal yang harus kita imani adalah, ketika kita menghadapi masalah, kita harus percaya bahwa Tuhan pasti tidak meninggalkan kita. Dia ada bersama kita, sebagaimana janji-Nya (Mat 28:20). Dia pasti menuntun kita kepada jalan keluar yang terbaik, karena Dialah Jalan Keselamatan kita. Tugas kita untuk mengusir semua kebimbangan yang meruntuhkan iman kita dengan satu kata kunci yaitu: Percaya! (Lisa)

    Doa: Tuhan Yesus Kristus, berilah kami kekuatan untuk menghancurkan semua kegelisahan dan kebimbangan kami.

    Janji: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” --- Yohanes 14:6

    Pujian: Abraham, engkau adalah bapa kaum beriman, karena memang engkau tidak pernah meragukan janji Allah.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/