• Renungan Harian - Sabtu, 13 Mei 2017

    Sabtu, 13 Mei 2017

    SP Maria dr Fatima

    Kisah para Rasul 13:44-52

    Mazmur 98:1-4

    Yohanes 14:7-14

    MELAKUKAN PEKERJAAN SEPERTI YESUS

     “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.” --- Yohanes 14:12

    TIGA TAHUN Yesus melakukan karya-Nya di dunia, banyak hal yang telah dilakukan-nya, misalnya mencelikkan orang buta, membuat berjalan orang lumpuh, menghentikan badai, menggandakan roti, dan membangkitkan orang mati. Kita saksikan, banyak pekerjaan besar dan luar biasa, di luar logika dan kemampuan kita manusia, yang telah Yesus lakukan di Jakarta, sewaktu diadakan Keabngunan Rohani Katolik, yakni sewaktu diadakan Doa Mohon Penyembuhan.

    Apakah kita, sebagai murid-murid dan sahabat-Nya, juga dapat melakukan berbagai hal seperti yang telah Yesus? Jawabannya adalah pasti, karena hal ini sudah dikatakan oleh Yesus sendiri, bahkan dijanjikan-Nya bahwa kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada yang telah Yesus lakukan (Yoh 14:12). Tetapi bukan diri kita atau kesaktian kita, tetapi Tuhan yang kuasa itu berkenan menggunaklan kita sebagai alat-Nya. Syaratnya hanya satu, yaitu “percayalah kepada Yesus” (Yoh 14:12), karena bila kita bersama dengan Yesus, maka bagi Dia tidak ada yang tidak mungkin (Mat 19:26) dan juga tidak ada yang mustahil bagi orang percaya (Mrk 9:23).

    Untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar daripada yang telah Yesus katakan, sebenarnya tidak perlu dibayangkan yang terlalu besar dan terlalu sulit. Kalau Yesus telah membangkitkan beberapa orang mati, maka apakah kita perlu membangkitkan orang mati dalam jumlah yang lebih banyak? Untuk melakukan hal ini rasanya tidak mungkin. Bila kita telah melakukan penginjilan atau evangelisasi di beberapa tempat di Indonesia, maka sebenarnya kita telah melakukan pekerjaan yang lebih besar daripada yang telah Yesus lakukan. Apakah benar? Benar sekali, karena Yesus belum pernah mewartakan di Indonesia, sedangkan kita sudah. Tetapi waspada, jangan menjadi sombong dan besar kepala.

    Jadi tidak perlu membayangkan suatu pekerjaan yang besar-besar, tetapi kita lakukan setiap pekerjaan sehari-hari yang sederhana dengan penuh kasih. Kita sudah melakukan tugas-Nya secara luar biasa (DAG).

    Doa: Tuhan Yesus, bangun imanku agar dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah menjadi tugasku.

    Janji: “Jika kamu meminta kepada-Ku dalam Nama-Ku, Aku akan melakukannya” --- Yohanes 14:14

    Pujian: Para Rasul, engkau sudah melakukan berbagai hal yang ajaib setelah Roh Kudus tercurah kepada kamu.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/