• Renungan Harian - Senin, 15 Mei 2017

    Senin, 15 Mei 2017

    Kisah para Rasul 14:5-18

    Mazmur 115:1-4,15-16

    Yohanes 14:21-26

    “YANG LEMAH LEMBUT” DICINTAI ROH KUDUS

     “Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam Nama-Ku, Dia-lah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan.” --- Yohanes 14:26

    YESUS BERGELAR Penghibur dan Guru (Yoh 20:16), demikian juga Roh Kudus; Dia adalah “Penghibur yang lain” dan juga “Guru yang lain”. Sikap yang tepat terhadap guru ialah terbuka untuk diajar, atau ‘rendah hati’. Paus Yohanes Paulus II pernah mengajarkan bahwa Roh Kudus itu diterima kaum beriman yang ‘rendah hati dan hati yang mau dan ingin belajar’. Paus juga menubuatkan akan adanya Musim Semi bagi kehidupan Kristiani, bila kita membuka hati bagi Roh Kudus.

    Dalam surat “Menuju Millenium Ketiga”, yang memuat nubuatan itu, Paus juga menggambarkan Maria sebagai “wanita yang rendah hati membuka diri bagi suara Roh Kudus”. Maria dikatakan ‘rendah hati’, karena Maria itu diam, penuh perhatian dan harapan. Agar kita juga dapat menjadi orang rendah hati, kita perlu diam dan tenang, mengurangi pikiran yang mengelana, dan mengharapkan apa yang diajarkan oleh Roh kudus kepada kita memperbaharui muka bumi (Mzm 104:30).

    Dalam bulan Maria ini, mari kita memohon dengan perantaraan Bunda Maria, supaya juga apa yang “terjadi padaku” itu selaras dengan ‘kehendak Allah’. Mari kita bersikap rendah hati, mau mengenali kebenaran, dan ikut memperbarui dunia.

    Doa: Bapa, sejalan dengan kesombongan kami diganti dengan kerendahan hati, semoga budaya maut yang ada dalam masyarakat kami berubah menjadi budaya kasih dan budaya hidup.

    Janji: “Di Listra ada seorang yang duduk saja, karena lemah kakinya dan lumpuh sejak ia dilahirkan dan belum pernah dapat berjalan. Ia duduk mendengarkan, ketika Paulus berbicara. Dan Paulus menatap dia dan melihat, bahwa ia beriman dan dapat disembuhkan. Lalu kata Paulus dengan suara nyaring: "Berdirilah tegak di atas kakimu!" Dan orang itu melonjak berdiri, lalu berjalan kian ke mari” --- Kisah para Rasul 14:81-10

    Pujian: Hari ini secara fakultatif Gereja memperingati Santo Isodorus (1070-1130). Mukjizat-mukjizat banyak terjadi baik sebelum maupun sesudah wafatnya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/