• Renungan Harian - Senin, 22 Mei 2017

    Senin, 22 Mei 2017

    S. Rita dr Cascia, Biarw

    Kisah para Rasul 16:11-15

    Mazmur 149:1-6a,9b

    Yohanes 15:26--16:4a

    KENAL DENGAN LIDIA?

     “Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus." --- Kisah Para Rasul 16:14

    DALAM KISAH PARA RASUL, LIDIA itu seorang pedagang kain ungu. Zaman itu, harga pakaian ungu mahal sekali. Yang membeli hanya orang-orang kaya. Boleh dikata, Lidia itu termasuk orang yang terhitung dalam masyarakat. Tentu ia memiliki rumah dan pergaulannya dengan orang-orang kaya. Dan juga tentu ia mengenal bagaimana berhubungan baik di kalangan orang-orang kaya itu. Lidia juga terkesan mempunyai wibawa, seorang wanita pedagang yang sukses. Ia berhasil meyakinkan Paulus. Tidaklah mudah membujuk Paulus sebab ia sangat  tidak suka akan permintaan dan desakan. Tetapi ternyata Lidia-lah yang menentukan, sebab ia berani mengatakan "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya” (Kis 16:15). Pertobatan dan  imannya yang baru menjadi taruhan. Sebab kalau sampai menolak tawaran keramahtamahan Lidia, itu sangat melukai hati Lidia dan akan merasa pertobatannya tak dipercaya.

    Sebelumnya, Lidia itu seorang bukan Yahudi tetapi ia beribadat kepada Allah di Sinagoga. Sekarang dia telah menerima Yesus sebagai Tuhan-nya. Hatinya terbuka. Maka sewaktu ia mendengar berita Injil, Allah membuka hatinya lebih lebar lagi, sejalan dengan kesediaan Lidia bekerja sama dengan rahmat-Nya (Kisah 16:14).

    Nampaknya Gereja di kota Filipi, dalam perkembangannya, menggunakan rumah Lidia sebagai tempat pertemuan umat setelah Paulus pergi. Dan dalam surat Paulus ke Jemaat di Filipi, jemaat Filipilah satu-satu yang membantu Paulus dalam hal keuangan  “Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaat pun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu. Karena di Tesalonika pun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku” (Flp 4:14-16). Mungkin saja, sampai terkumpul bantuan keuangan itu berkat pengaruh dan usaha Lidia (Kis 16:40).

    Gereja saat ini, sangat mengharapkan adanya “Lidia-lidia baru.” Bukalah hati anda dan rumah anda untuk Yesus.

    Doa: Bapa, apa saja yang kumiliki adalah milikmu. Gunakan diriku dan semua yang ada dalam diriku.

    Janji: "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku” --- Kisah para Rasul 16:1

    Pujian: Hari ini pesta Santa Rita dari Cascia. Doanya penuh keberanian, “Ya Yesus, Penebus Ilahi, biarkan daku ikut menderita seperti Kamu.”

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/