• Renungan Harian - Kamis, 25 Mei 2017

    Kamis, 25 Mei 2017

    HR Kenaikan Tuhan

    Kisah para Rasul 1:1-11

    Mazmur 47:2-3,6-9

    Efesus 1:17-23

    Matius 28:16-20

    LIHAT KEATAS DAN PERGILAH!

    “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.” --- Kisah para Rasul 1:9

    PADA DETIK-DETIK akhir Yesus tinggal di bumi ini, jelang detik Ia terangkat ke surga, para rasul masih bertanya dalam keadaan setengah bingung “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" (Kis 1:6). Pertanyaan yang bernuansa duniawi. Mereka ingin tahu sekali waktunya Yesus memulihkan kembali kerajaan. Tetapi Yesus menjawab mereka: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya” (Kis 1:7).

    Yesus selanjutnya meneruskan perbincangan apa yang Yesus sendiri berpeduli dan perhatikan, bukan masalah waktu tetapi orang-orang atau pribadi-pribadi yang bertanggungjawab memulihkan kerajaan. Para rasul mengandaikan bahwa saatnya Yesus akan melaksanakan pemulihan kerajaan. Tetapi justru Yesus membuat mereka kaget dengan menyatakan justru mereka, para rasul-lah, yang melakukan tugas itu Sebelum para rasul mencoba mengalihkan tanggungjawab itu kembali kepada Yesus, Ia terangkat ke atas dan meninggalkan para rasul, dengan tugas yang telah Ia serahkan, yakni perintah-Nya “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Mat 28:19).

    Tetapi Yesus sama sekali tidaklah meninggalkan Gereja-Nya yang tak berdaya untuk bertanggungjawab pengInjilan, Ia berjanji kepada kita mengirim kuasa Roh Kudus-Nya, “Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu” (Kis 1:8). Yesus berjanji pula akan selalu hadir dan menyertainya “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Kis 1:20).

    Arti dari Yesus terangkat ke surga ialah bahwa kita, anggota Gereja, meneruskan apa yang telah ditinggalkan oleh Yesus.

    • Tanggungjawab pewartaan dunia zaman sekarang ini ada di tangan kita;
    • kuat kuasa Roh Kudus juga telah ada di tangan kita;
    • kehormatan dan hak istimewa untuk hidup dan mati bagi Kerajaan-Nya ada di tangan kita.

    Sebab Yesus telah naik ke surga, sekarang saat kita. Maka kita semua harus pergi. Kita diutus untuk mewartakan Injil. Kita diutus untuk menjadi saksi-saksi-Nya. Mari kita berangkat!

    Doa: Kami “meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar” --- Efesus 1:17

    Janji: “Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu” --- Efesus 1:22-23.

    Pujian: Terpujilah Yesus yang terangkat ke surga. Ia “menampakkan Diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan (1 Tim 3:16).

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/