• Renungan Harian - Jumat, 26 Mei 2017

    Jumat, 26 Mei 2017

    Awal Novena Pentakosta: Hari I

    S. Filipus Neri, Im

    Kisah para Kudus 18:9-18

    Mazmur 47:2-7

    Yohanes 16:20-23a

    SEMBILAN HARI BAGI ROH KUDUS

     “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikannya kepada-mu dalam Nama-Ku!” ---Yohanes 16:23

    HARI INI kita memulai Novena Pentakosta. Sembilan hari kita akan jalani. Kita mempersiapkan diri untuk menerima curahan Roh Kudus di hari agung Minggu Pentakosta.

    Di Hari Pertama Novena ini, Yesus bersabda agar kita memohon Roh Suci dalam Nama-Nya (Yoh 16:23). Sabda-Nya: “Bapamu yang di sorga, Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya" (Luk 11:13). Kita memang membutuhkan sembilan hari guna persiapan agar kita dapat memohon dengan baik dan tepat (Yak 4:2-3). “Apa saja yang kita minta, kita memperolehnya daripada-Nya,” asal hati kita tidak menuduh kita” (1 Yoh 3:22,21).

    Jadi dalam Novena ini, Tuhan meminta saya agar kita fokus pada pertobatan.

    Para murid yang berdoa Novena Pertama, pada hari pertama “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama” (Kis 1:14). Doa di sini dilakukan secara terus menerus dan dalam kebersamaan. Dan akhirnya mereka semua dipenuhi oleh curahan Roh Kudus di hari suci Pentakosta. Dapatkah kita dalam Novena saat ini mencari teman untuk bersama berdoa Novena? Dan Maria, Bunda para Rasul, Bunda Gereja menjadi pusat Novena Pertama dalam Gereja Perdana. Tentu saat itu kita bisa membayangkan, bahwa para rasul merasa bersalah besar meninggalkan Yesus saat penyaliban-Nya di Kalvari. Dan ini tentu menambah derita sakit-Nya.

    Bila kita ikut menghadiri penguburan salah seseorang yang pernah kita sakiti hatinya, kita bisa membayangkan diri kita betapa terhibur sewaktu keluarganya tetap mencintai dan mengampuni kita. Maria adalah Ibu Yesus. Kehadirannya di tengah para rasul dan para murid Yesus selama Novena Pertama itu, memiliki makna yang dalam, yakni pengampunan dan kesatuan para rasul dan murid-murid-Nya.

    Lalu? Masa Novena saat berahmat untuk bertobat dan menerima Sakramen Rekonsiliasi. Kita usaha berdoa bersama dengan  keluarga dan teman-teman. Berdoalah bersama Bunda Maria. Siaplah menerima Roh Kudus.

    Doa: Ya Bapa, dalam Nama Yesus Putera-Mu aku mohon agar persiapkanlah hatiku agar tetap pantas menjadi tahta kediaman Roh kudus.

    Janji: “Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Sebab Aku menyertaimu!” --- Kisah para Rasul  18:9-10

    Pujian: Santo Filipus Neri kita peringati hari ini. Ia rasul kota Roma, melayani para muda-mudi kota Roma dengan  hati. Ia mendapat julukan “Pelopor Anti-Reformasi”.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/