• Renungan Harian - Sabtu, 27 Mei 2017

    Sabtu, 27 Mei 2017

    Novena Pentakosta: Hari II

    S. Agustinus dr Canterbury, Usk

    Kisah para Rasul 18:23-28

    Mazmur 47:2-3,8-10

    Yohanes 16:23b-28

    IA AKAN DATANG BILA DIA AKAN PERGI 

    “Ia (Apolos)  mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.” --- Kisah para Rasul 18:26

    HARI INI hari kedua Novena Pentakosta. Kita tidak hanya berdoa dalam Novena ini, tetapi juga kita memberikan pengajaran dalam Novena ini. Kita perlu membawa seseorang, syukur lebih, ke rumah kita untuk kita jelaskan ‘dengan teliti’, tentang ‘Jalan Allah’ kepada orang-orang itu. Bila kita memberi, kita akan menerima lebih lagi (Mrk 4:24).

    Pada akhir Novena Pentakosta Pertama dalam Gereja, ada seratus-dua puluh murid yang menerima Roh Kudus, pada pukul 9.00 pagi. Dan para murid itu lalu berbagi Roh Kudus dengan tiga ribu orang lain lagi. Mereka dibaptis di hari itu (Kis 2:41).

    Kita ingat juga, sewaktu Ibu Maria menerima Roh Kudus dan menerima Yesus, apa yang terjadi? “Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda” (Luk 1:39). Ibu Maria membawa Yesus dan Roh Kudus kepada Elizabet dan anaknya yang masih dalam rahim. Roh Kudus diberikan “kepada orang-orang yang patuh” kepada Tuhan dengan berbagi Roh Kudus dengan  orang-orang lain (Kis 5:32).

    Jadi Pentakosta bukan satu atau sekali, tetapi ‘jamak’. Satu Pentakosta membuahkan Pentakosta yang lain, dari Pentakosta yang satu ke Pentakosta berikutnya.

    Apakah kita patuh mendengarkan Roh Kudus? Kita akan menerima Roh Kudus, sejauh kita juga bersedia melakukan segala sesuatu yang perlu untuk berbagi Roh Kudus. Hanya bila benar-benar mau pergi untuk berbagi, kita dapat memohon Roh Kudus datang. Mari kita berdoa “Datanglah ya Roh Kudus.”

    Doa: Bapa, berilah diriku semangat guna menyalakan api di bumi (Luk 12:49).

    Janji: “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku” --- Yohanes 16:23

    Pujian: Pesta Santo Agustinus dari Canterbury († 604). Dia-lah yang menyirami benih iman di Inggris sesudah ditaburkan oleh Ratu Bertha dari Kent.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/