• Renungan Harian - Sabtu, 10 Juni 2017

    Sabtu, 10 Juni 2017

    Tobit 12:1,5-15,20

    TB Tobit 13:2,6-8

    Markus 12:38-44

    MANUSIA MELIHAT RUPA, TETAPI ALLAH MELIHAT HATI

    "... janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya." --- Markus 12:44

    INJIL MARKUS, hari ini menampilkan dua pribadi yang saling bertentangan : seorang  ahli Taurat dan seorang janda miskin. Dan inilah yang dikatakan Yesus tentang para ahli Taurat: "hati-hatilah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang ..." maksudnya agar kita tidak tertipu oleh sesuatu yang semu, yang tampak dari luar. Para ahli Taurat tampak sangat menjaga penampilan lahiriah (ja-im) dengan memakai jubah panjang dan memakai pakaian putih, agar dihormati dan diperlakukan secara istimewa. Itu yang dimaksud Yesus, kalau menyebut orang Farisi dan ahli Taurat ‘munafik’ (Mat 6:2,3, 26; Luk 12:56; 13:15). Inilah yang banyak membuat orang terkecoh karena penampilan, misalnya  rupa yang cantik dan tampan, kaya, kedudukan, kekuasaan, nama besar, kata-kata yang manis, dll. 

    Pribadi yang lain , yakni seorang janda miskin, yang harus mencari nafkah untuk hidupnya. Ia hanya mempunyai harta sedikit dan ia mempersembahkannya, ia memberi dari semua yang dimilikinya. Janda ini bersikap dan bertindak  luar biasa, sebab ia memberikan kepada Allah apa yang diperlukannya untuk menyambung kehidupannya yaitu seluruh nafkahnya. Inilah yang harus dipahami oleh kita sebagai murid-murid Yesus. Allah melihat hati dan intensi orang yang memberi persembahan.

    Apakah kita sudah seperti janda miskin itu atau masih seperti ahli Taurat, yang ‘ja-im’ (jaga ‘image’)? Allah melihat hati kita, melihat intensi atau ujud kita. --- PIPIN

    Doa: Tuhan Yesus, tolonglah aku agar dapat melepaskan diri dari rasa  sombong diri dengan menjaga ‘penampilan lahiriah’, ajar aku agar dapat bersikap dan berperilaku seperti janda miskin itu.

    Janji: "Lebih baik doa benar dan dan sedekah jujur daripada kekayaan yang lalim” --- Tobit 12:8

    Pujian: Ibu janda miskin, yang tinggal di Lingkungan Matius di mana kami tinggal, di hari Ibadat Misa Minggu, kami melihat ia selalu berpartisipasi dalam Kolekte, meski kami tahu hidupnya serba pas-pasan.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/