Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    KATOLIK

    dari pertanyaan diatas banyak saya lihat ketakutan umat khatolik atas ajaran protestan dan ketakutan penyimpangan ajaran, dan ini akan dan juga telah timbul kebencian dan permusuhan didalam tubuh Tuhan sendiri. mengapa umat khatolik lebih mengasihi uamat non kristen khatolik dari pada saudaranya sendiri yaitu umat kristen. bukankah Tuhan mengajarkan kita untuk mengasihi siapa saja yang ada disekitar kita (maksudnya dibumi) so umat kristiani lainnya kok masih dimusuhi or tidak disenangi. jika ada yang dekat dengan umat khatolik umat lain udah kuatir kalo umat khatolik yang dekat dengan protestan yang menyimpang. iblis aja udah bersatu melawan kita masa kita jadi anak tuhan masih pecah -pecah????????????????????????



  • Jawaban :

    97 l1vy4

     

    Maaf saya tidak memahami apa yang dimaksud dengan “dari pertanyaan di atas” – yang mana ?

    Yang jelas, kami umat katolik tidak takut, tak perlu takut, mengapa harus takut?
    Kami umat katolik telah belajar selama 2000 tahun dalam perjalanan sejarah Gereja, sejak zaman para Rasul, terjadi perbedaan pandangan dalam hal ajaran dan praktek penghayatan iman. Nah ini membuahkan perpecahaan dalam gereja sepanjang sejarah. Dan kita-kita menjadi korban sejarah dari perpecahan itu, dan kita-kita lalu saling meng-klaim kami yang benar – kamu salah dst ! Dan sampai saat ini tiap hari muncul gereja baru, karena pimpinan atau gembalanya tidak cocok dengan satu sama lain. Ini realitas. DAN inilah suatu skandal besar untuk persatuan umat kristiani dan sekaligus hambatan besar untuk pewartaan atau penginjilan!
    Bagaimana kita bisa memperkenalkan Kristus kepada orang-orang yang belum kenal, kalau kita sendiri terepecah belah, berantem ????


    Adalah hal yang wajar kalau umat katolik sakit hati dan lalu membenci, kalau dikatakan oleh umat Kristen lain, bahwa umat katolik itu kafir, menyembah berhala, Gereja katolik adalah Pelacur dari Babilon, Gereja yang telah kuno dan menyimpang dari ajaran asli. Tentu kami-kami akan tenang-tenang saja, dan dapat berdoa: “Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan (katakana) !”. Tetapi umat katolik biasa tentu tidak dapat bersikap seperti ini.


    Meski kita berbeda pandangan, kita tetap mencintai umat lain, malahan kita juga wajib tetap mencintai umat lain yang belum kenal Kristus, memusuhi, malahan kita harus mendoakannya!

     

    Tetapi dalam Ajaran (Credo) dan penghayatan iman, kita bisa berbeda, tetapi umat katolik tetap teguh berpegang pada ajaran yang diwariskan para rasul lewat Gereja sampai sekarang.  Tentu kami-kami tidak bisa beribadat bersama , dalam satu gereja, dengan saudara-saudara yang tidak percaya akan Tritunggal Mahakudus, tidak percaya bahwa Yesus Kristus ya Allah ya Manusia. Memang kita perlu lebih mencari kesamaan-kesamaan bukan perbedaan. Tetapi kita juga harus tetap menghargai perbedaan yang ada. Umpama saja, umat katolik percaya akan Ekatisti kudus, penghadiran kembali korban Kristus: wafat dan kebangkitanNya, yang kami rayakan hari Minggu sejak zaman para rasul, dan Yesus Kristus benar-benar hadir secara sakramental dalam Ekaristi, bukannya symbol atau kenangan biasa! Juga tentang sakramen Tobat: umat katolik percaya bahwa Allah itu Maharahim dan mengutus Yesus PuteraNya menebus dan mengampuni dosa, dan kuasa mengampuni dosa, Yesus berikan kepada Gereja, dan kita rayakan sampai sekarang. Dan umat Kristen non-katolik tidak percaya itu semua. Ya itu hak mereka dan perlu kami hormati, dan sebaliknya kami-kami juga meminta saling menghargai.

     

    Tetapi Puji Syukur kepada Tuhan, telah mulai pendekatan ke  arah kesatuan yang disebut Oikumnisme, ada dialog dsb dsb. Meski gereja katolik tidak menge-klaim adalah “Gereja Kristus”, tetapi percaya “Gereja Kristus” hadir dalam Gereja Katolik. Maka kami tidak heran semakin hari semakin banyak teolog, gembala dan umat Kristen non-katolik menemukan kepenuhan kerinduannya dalam beriman ke dalam Gereja Katolik. Baca saja buku-buku Scott Hamn yang telah diterjemahkan, umpama “Rome Sweet Home” !

     

    Tuhan memberkati!

     

    Subroto Widjojo SJ

     




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.