Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan : Pax Christi, Saya ingin menanyakan beberapa hal, antara lain

    1. Otentisitas resting sebagai manisfestasi Roh Kudus ? Menurut buku penelitian yang mendalam (buku Resting in the Spirit ) karangan alm. Kard Suenens yang mendukung Karismatik saja mengakui bahwa fenomena resting tidak memiliki dasar Alkitab, Tradisi, Sejarah maupun Ajaran Gereja dan akhirnya menurut penelitian beliau ditarik konklusi bahwa resting adalah fenomena psikologis biasa (karena suggesti / auto suggesti). Juga dari salah satu artikel Fr. Fio Mascarenhas dikatakan bahwa resting merupakan fenomena psikologis. Lantas pertanyaan saya: - Apa dasar para pengikut gerakan Karismatik masih menyukai fenomena resting dan mengklaim sebagai manisfestasi Roh Kudus ?

    2. Praktek private deliverance yang dilakukan orang yang aktif dalam PKK - Saya, tidak satu kali, menemukan bahwa tokoh-tokoh yang cukup terkenal dalam PKK, dalam retret melakukan pengusiran setan yang melanggar aturan Inde Ab Aliquot Annis yang telah diterbitkan CDF sudah lama sejak praktek deliverance semakin marak dilakukan awam. Peraturan tersebut membatasi awam bahkan para imam untuk tidak melakukan doa imprecatory / direct adjuration kepada setan. Direct adjuration / imprecatory wewenangnya hanya dimiliki eksorsis yang sah dan sudah berikan hak oleh Uskup.

    NB: doa imprecatory / direct adjuration adalah memerintahkan / berbicara dengan setan secara langsung. misalnya Dalam nama Yesus katakan siapa namamu, bagaimana kamu masuk, keluar kamu sekarang pertanyaan saya:

    - Bagaimana tanggapan BPN PKK atas hal ini? Sudahkah orang-orang yang aktif dalam karismatik diberi tahu tentang norma ini?
    - Bagaimana tangapan BPN PKK atas para pelanggar?

    3. Pertanyaan terakhir saya: Saya sering menemukan kelompok Karismatik, pembicara-pembicara yang menyimpang dalam hal theology (error of theology, bahkan ada yang bidaah), liturgical abuse, pelanggaran norma (mis. pelanggaran norma di no.2).
    - Apakah mereka yang melakukan kesalahan ini dapat ditindak dengan tegas dalam kasih? kemana saya dapat melaporkan penyelewengan-penyelewengan semacam ini?

    terima kasih.


  • Jawaban :

    Beberapa usul jawaban saya :

    1). Tentang resting int the Spirit - baca atau bandingkan dengan buku Fr. Robert DeGrandis, S.S.J.with Mrs. Linda Schubert RESTING IN THE SPIRIT (1989). Jawaban lengkap ada di situ !

    2). Exorcisme - Apa yang dikatakan betul, dan juga yang kita tekankan. Dan memang ada dari antara warga kita karena jajan lebih berbicara tentang roh jahat daripada Roh Kudus !

    (Devosionalia) Doa Pelepasan dari kuasa setan dan roh-roh jahat Diterbitkan dengan restu Paus Leo XIII Paus Leo XIII mengganjurkan kepada para pastor untuk mengucapkan doa ini sesering mungkin sebagai salah satu bentuk untuk exorcisme atau pengusiran kuasa Iblis dan untuk merintangi iblis berbuat jahat kepada manusia.

    Umat beriman sendiri boleh juga mengucapkan doa ini atas namanya sendiri, untuk tujuan yang sama dengan doa-doa yang telah disetujui. Penggunaan doa ini sangat dianjurkan, bila dirasa adanya perbuatan jahat iblis yang menimpa diri orang, godaan yang dasyat . Ini juga bisa digunakan sebagai suatu doa exorcisme yang meriah (bila secara resmi dan di tempat umum, - dengan bahasa Latin), untuk pengusiran iblis.
    Doa ini boleh dilakukan oleh pastor, atas nama Gereja dan hanya dengan izin resmi Uskup setempat.
    Tanda Salib † menandakan berkat yang perlu diberikan bila yang melakukan Exorcisme itu adalah pastor; tetapi bila yang melakukan itu bukan pastor (tertahbis), tanda salib itu dilakukan oleh orang tersebut dengan membuat tanda salib pada dirinya sendiri. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus (†). Amin.

    DOA KEPADA MALAEKAT AGUNG ST. MIKHAEL
    Malaekat Agung Santo Mikhael, Pangeran Mulia bala tentara surgawi, lindungilah kami dalam pergumulan yang kami tanggung ini “melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara” (Ef 6:12).
    Datanglah menyelamatkan semua manusia yang telah diciptakan Allah selaras dengan gambar dan kesamaan-Nya, dan yang telah ditebus dengan harga mahal dari tirani iblis. Dikau-lah yang dihormati Gereja Suci sebagai penjaga dan pelindung-nya; Dikau-lah yang telah ditunjuk Tuhan untuk mengantar jiwa-jiwa yang tertebus ke sorga. Maka mohonkanlah agar Allah sumber damai menundukkan setan di bawah kaki kami, sehingga setan tidak lagi menahan seseorangpun tetap jadi tawanannya dan juga tidak bertindak sesuatu yang merugikan bagi Gereja-Nya. Hantarkanlah doa-doa kami kepada Hyang Mahatinggi, sehingga tanpa ditunda lagi Allah berkenan mencurahklan rahmat kerahiman-Nya kepada kami.
    Tangkaplah “naga, si ular tua, yaitu iblis dan setan, dan ikatlah dan lemparkanlah ke jurang tanpa tepi” (Why 20:2), sehingga mereka tidak lagi akan menggodai bangsa-bangsa. EXORCISME Dalam Nama Yesus Kristus, Tuhan dan Penebus kami, diperkuat oleh perantaraan Perawan Maria Tak-Bernoda, Bunda Allah, ditunjang oleh Malaekat agung Mikhael , Rasul Petrus dan Paulus, dan semua orang Kudus, (dan kuasa-Nya yang ada dalam pelayanan kami), dengan penuh percaya dan dengan sungguh-sungguh kami menolak serangan dan tipu muslihat iblis. Mazmur 68: 2-3 : “Bangkitlah ya Allah dan terserak-seraklah musuh-musuh-Nya; orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari hadapan-Nya; seperti asap hilang tertiup, seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang-orang fasik binasa di hadapan Allah!”

    I : Pandanglah Salib (†) Tuhan! Larilah gerombolan musuh.
    U: Singa suku Yahuda, tunas Daud, telah mengalahkannya.
    I: Turunlah kerahiman-Mu pada kami !
    U: Sebanyak seperti besarnya harapan kami pada-Mu ! Kami mengusir kamu semua dari kami, hai siapapun kamu, roh-roh kotor, kuasa-kuasa setan, semua pendatang dari neraka, semua pasukan jahat . Dalam Nama Yesus Kristus dan dengan kuasa-Nya, †

    kamu dikeluarkan dan dijauhkan dari Gereja Allah dan dari semua jiwa-jiwa yang dicipta selaras dengan gambar dan citra Allah dan yang telah ditebus oleh Darah Mulia Anak Domba Allah † .

    Ular yang paling licik, kamu tidak lagi akan berani menipu umat manusia, menganiaya Gereja, mengganggu para pilihan Allah, meremas-remas mereka seperti gandum †.

     Perintah ini ditujukan kepadamu oleh Allah Yang Mahaagung “yang menghendaki semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran” (1 Tim 2:4). Allah Bapa memerintah kamu †

    Allah Putera memerintah kamu † ,

    Allah Roh Kudus memerintah kamu †,

    Kristus, Sabda Allah yang telah menjadi manusia memerintah kamu . Dia yang menyelamatkan umat manusia, karena kejahatanmu, Ia “telah merendahkan diri-Nya dan patuh sampai mati” ((Flp 2:8). Dia yang telah membangun Gereja-Nya pada padas yang kokoh kuat dan menyatakan bahwa semua pintu neraka tidak akan mengalahkan Gereja-Nya, sebab Dia sendiri tinggal di dalamnya “sampai akhir zaman” (Mat 28:20). Daya kuasa Salib yang tersembunyi dan demikian juga kuasa misteri iman Kristiani menuntut engkau keluar dan pergi †.

    Bunda Allah yang mulia, Santa Perawan Maria menyuruh kamu pergi †.

    Dia , karena kerendahan hatinya, dan karena telah dikandung tanpa noda meremukkan kepalamu yang sombong. Iman kepercayaan dari Rasul suci Petrus dan Paulus dan para rasul lainnya menyuruh engkau keluar †.

    Darah para martir dan doa-doa perantaraan para kudus yang saleh menyuruh engkau keluar †.

    Maka, hai kamu, naga terkutuk dan kamu-kamu para pasukan yang jahat, kami tolak engkau, demi Allah yang hidup †,
    demi Allah yang benar †,
    demi Allah yang Kudus †,

    demi Allah yang begitu besar kasih-Nya “akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3: 16). Berhentilah menipu umat manusia dan berhentilah menuangkan racun kebinasaan abadi; berhentilah mengganggu Gereja dan berhentilah menghalang-halangi kebebasan-Nya. Mundurlah hai setan, kaulah penemu dan biangnya dusta, musuh keselamatan umat manusia. Berikanlah tempat bagi Kristus karena dalam Dia engkau tak menemukan apa-apa yang engkau perbuat. Berilah tempat bagi Gereja, yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik yang diperoleh oleh Kristus dengan bayaran Darah-Nya. Tundukklah di bawah Tangan Allah, gemetar dan larilah sewaktu diserukan Nama Yesus yang suci dan mengagumkan , Nama yang membuat Neraka gemetar, Nama yang membuat kuasa dan kedaulatan surgawi tunduk merendah, Nama yang diserukan oleh para Kerubim, Serafim dalam pujian yang tak henti-hentinya: “Kudus, Kudus, Tuhan Allah segala kuasa” (Wahyu 4:8).
    I : Tuhan, dengarkan doa-doa kami !
    U : Dan biarkan seruanku sampai ke hadapan-Mu!
    I : Semoga Tuhan bersertamu!
    U : Dan sertamu juga !

    Marilah berdoa : Ya Allah, Allah atas surga dan bumi, Allah para malaekat dan malaekat agung, Allah para bapa bangsa, nabi-nabi, Allah para rasul, para martir, para saksiiman dan para perawan, Dikau-lah Allah yang kuasamemberi hidup setelah kematian dan istirahat setelah bekerja, sebab tiada Allag kecuali Dikau, dan memang tidak ada yang lain kecuali Dikau, sebab Dikau-lah Pencipta segala sesuatu, baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan, Yang pemerintahan-Nya tanpa akhir, dengan rendah hati kami bersujud di hapadan kemuliaan-Nya yang agung dan mohon kepada-Mu sudilah membebaskan kami dari tirani roh-roh neraka, dari jerat-jerat mereka, tipu dusta mereka dan dari kejahatan mereka yang bertubi-tubi. Berkenalah ya Tuhan melindungi kami dengan kuat kuasa-Mu dan jagailah kami agar tetap sehat walafiat. Kami mohon ini dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin. Dari jerat-jerat iblis, bebaskanlah kami, ya Tuhan. Semoga Gereja-Mu mengabdi-Mu dalam ketenangan dan kebebasan, kami mohon sudilah mendengarkan kami. Semoga Dikau sudi meremuk semua musuh Gereja-Mu, kami mohon sudilah mendengarkan kami. Amin.
    Air suci lalu dipercikkan ke tempat sekelilingnya ! Ya Santo Milkhael , malaekat agung, lindungilah kami pada saat pergumulan kami, jadilah pelindung kami yang kuat melawan jerat-jerat iblis dan kejahatannya. Semoga Allah menahan iblis dan dengan rendah hati kami mohon, ya pangeran bala tentara surgawi, dengan kuat kuasa Allah lemparkanlah ke neraka, setan-setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di dunia yang ingin memangsa jiwa-jiwa dari keselamatan. Amin. Ya Hati Mahakudus Yesus, kasihanilah kami (3x).

    3). error theology dalam pewartaan, itu yang perlu kita panatau terus dan luruskan lewat pembinaan. Tapi konkritnya apa: ajaran-ajaran yang diucapkan apa saja yang kita anggap salah atau sesat, oleh siapa dan kesempatan apa, sehingga kita bisa mengecek dan meluruskannya dengan memanggilnya. Atau kesan umum akan istilah-istilah yang tidak baku yang sering didengar. Buku-buku dan statement dari ICCRS (Vatikan) dapat menjadi pedoman dan pegangan kita. Benmer tidak adanya error atau kesan perorangan saja (apalagi kalau sudah apriori tidak senang dengan PKK) !?

    SW SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.