Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    Bagaimana berhubungan dengan Allah, menyebut nama Tuhan, meng-ESA-kan Tuhan dan arti kata ......

    Maafkan saya jika pertanyaan ini menyinggung tapi saya ingin kenal lebih dalam dengan Tuhan.( mohon bantuannya ).
    1) Bagaimana cara kita berhubungan dengan Allah yang sebenarnya ? karena pada zaman Nabi Musa bangsa Israel menyembah allah/ berhala( bagaimana membedakannya) ?
    2) Bagaimana menyebut nama Tuhan?
    3) Bagaimana cara mengesakan Tuhan?
    4) Apa arti kata Aku, Tuhan, Allahmu yang membawa engkau kelua dari Mesir dari tanah perbudakan..... ( sepuluh perintah Allah ) Aku = ?Tuhan = ? Allah = ?

     



  • Jawaban :

    JAWAB

     

    Umum : Ini bidang tafsir Kitab Suci. Mereka-mereka yang pernah ikut KPKS tentu juga bisa menjawabnya.

     

    Khusus :

    1. Sebelum orang berhubungan dengan Dhat Nan Mutlak yang dikenal dengan sebutan Tuhan berarti lebih dulu orang percaya akan Ada-Nya. (Ini ranah Filsafat Ketuhanan dan juga Sosiologi Agama).

    Dari nalar dan budi kita kita bisa menerima Ada-Nya. Di sini kita merasa keterbatasan kita, kita merasa butuh bantuan-Nya > terciptalah hubungan dengan Dia dan kita ujudkan dalam doa atau ibadat.

    Tetapi hanya Wahyu (Tuhan Allah-lah) yang bisa memberi tahu Siapa Dia

    dan Apa yang menjadi kehendak-Nya Nah, pewahyuan hal-hal itu disampaikan oleh para Nabi yang diutus-Nya, al. Nabi Musa.

    Tuntunan yang diterima Musa serta penafsiran Musa tentang hal itu menjadi kriteria yang benar untuk mengatakan pujaan dan cara lain beribadat yang tidak selaras dengan apa yang diterima, dianggap sebagai bukan Allah atau berhala; bukan dari wahyu melainkan akal manusia saja. Nah untuk menegaskan bahwa Musa benar-benar menerima wahyu, hal ini dikokohkan dengan semua mukjizat yang Musa lakukan atas perintah Tuhan.

     

    2.Tuhan Allah tidak mempunyai nama.
    Kepada Musa hanya diwahyukan Aku adalah Aku (Kel 4:14).
    Kalimat itu dalam bahasa Ibrani disingkat YHWH (dibaca Yahwe)- di Alkitab diterjemahkan dengan kata TUHAN - huruf besar- yang dimaksud sebagai mana kita pahami ada Allah.

    Selain itu dalam budaya Yahudi ada gelar-gelar lain seperti

    • Elohim,
    • Adonai,
    • El Shadai dsb dsb.
    • Bagi kita (Jawa) Gusti, Pangeran, Junjungan dsb
    • Dalam bahasa Inggris Lord
    • Yunaninya Kurios dan
    • Latin Dominus .

    Entah bagaimana kita menerjemahkan Tuhan, yang seharusnya Tuan .
    Dan Tuhan bahasa Indonesia bisa berarti Allah atau juga sekedar gelar.

     

    3. Dari sejarah agama-agama ataupun dari sosiologi agama, ada usaha manusia mencari dan berusaha berhubungan dengan hal-hal adikodrati, dari agama-agama alami (bukan wahyu) kekuatan-kekuatan ghaib itu dipersonalisasikan berujud dewa, bisa satu bisa banyak, tergantung sifat-sifat dan tugasnya sejauh dipersepsi.

    Sedang agama dari pewahyuan itu sifatnya monotheisme - satu-takterbagi-tiada lain!

     

    Tentang Aku Tuhan Allahmu ...dsb Coba silakan baca Kel 20: 1-2 , ttg permulaan kalimat dari Kesepuluh Perintah Allah Musa yang menyampaikannya, agar diterima bukan dari kata-kata Musa melainkan dari Tuhan Allah sendiri. Maka dipakai Aku, Tuhan Allah, ... dan kedua ada unsur sejarah, bahwa Tuhan Allah yang sama Yang membawa bangsa Israel keluar dari perbudaan di Mesir dengan Tuhan Allah yang memberi Kesepuluh Perintah-Nya! Lalu bandingkan dengan Kesepuluh Perintah Allah versi Ulangan (Ul 6:1-24) yang bersifat penyampaian pengajaran dengan penjelasannya!

     

    Subroto Widjojo SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.