Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    Romo yang mempersembahkan Misa tidak pantas karena ada love affair .Iman romo koq gak kuat dan ada yang gak aktif dalam gereja, sedangkan romo kan sebagai teladan dan panutan ? Melihat perilaku kakak dan romo, tergoda untuk masuk Protestan saja !

    Saya seorng Katolik yg baru dibaptis thn 2002 lalu. Tp skrng sy sedang muak dengan gereja Katolik dan berniat utk pndh ke gereja Protestan. Masalahnya adalah kakak perempuan saya mempunyai hub yg sangat dekat dengan seorang romo. Bahkan romo tersebut bersedia lepas jubah kalau kakak mau menikah dengan dia. Kakak saya masih ragu utk menerima tawaran romo tersebut. Sepertinya dia msh jaga gengsi terhadap tmn2 ktr maupun tmn2 grjnya. Kakak sy mempunyai kedudukan tinggi di ktrnya, jd dia mungkin malu & takut jadi gossip kalau menikah dengan romo yg berbeda usia 16 thn (usia kakak 51 thn, romo 35 thn). Kakak saya aktif di gereja, tiap hari ikut misa harian, ikut Legio Maria, meditasi kitab suci dsb. Sy muak dengan kakak dan romo itu. Di hadapan orang2 gereja, mrk berskp biasa2 saja. Seperti romo dan umat biasa. Tp tiap malam, romo itu menelp kakak dan bisa berlangsung 1 sampai 2 jam. Dan pembicaraan mereka berdua mesra sekali kalau di tlp. Dan yg menelp selalu romo itu.Sy sendiri berpikir bhw dia mencintai kakak krn materi. Soalnya kakak saya memang pemurah. Bahkan awal-awal hubungan mereka, romo tersbt suka meminjam supir & mobil kakak utk keperluannya (menjemput orang tuanya di bandara, mengantar keponakannya ke tempat kost yg baru, dll). Kalau dia punya wkt senggang, romo itu jg menelp kakak dan ngajak jaln. Biasanya kakak mengajak dia makan ke tempat yg qualified. Jd mungkin romo itu melihat kakak saya secara materi, bisa numpang hidup, dan hanya kakak yg mau meladeni dia (minjemin mobil, traktir makan dsb, meladeni tlpnya tiap mlm). Pertanyaan sy: 1. Bgm mungkin romo itu bisa memimpin misa sementara dia mencintai seorng perempuan. Secara tidak langsung, dia telah berzina bukan? Layak & pantaskah dia memimpin misa? Kalau dia yg mimpin misa, apakah Tuhan hadir dalam misa tersebut? Memang dia pasti mempersembahkan Tubuh & Darah Kristus lewat Ekaristi, tp sungguhkan Tuhan hadir dlm Ekaristi kalau yg melakukan persembahan adalah romo itu? 2. Sy sdh memperingatkan kakak utk menjauhi romo itu, tdk meladeni tlpnya tiap malam. Tp kakak tidak mau mengikuti saran saya, dg alasan kasihan kalau tlpnya ngga dijwb. Bgm saya hrs memperingatkan kakak utk tidak menanggapi romo itu. Kalau romo itu terus menerus ditanggapi, itu dosa kan. Sptnya kakak jd penggoda romo. Umat Katolik kan tiap mg pertm slalu berdoa spy makin bnyk org yg terpanggil mjd imam / suster. Ms sih org yg sdh jd romo malah ditanggapi sampai mau lepas jubah.Romonya gatel, kakak jg penggoda. 3. Sy bingung. Yg satu romo, yg satu aktif sekali dlm kegiatan grj. Bgm mungkin mrk ber2 spt itu? Bukankah iman mereka sehrsnya lebih kuat daripada org2 lain yg bukan romo dan ngga aktif di grj? 4. Maaf kalau sy jadi curhat. Soalnya sy muak sekali dengan tingkah laku kakak & romo itu. Mudah2an jawaban moderator bisa membuat keinginan sy pndh ke grj Prostestan batal & tetap di gereja Katolik. Thx, GBU



  • Jawaban :

    1. Romo juga manusia yang bisa tergoda dan jatuh cinta, pernah komitment tinggi dan membara, tetapi kalau tidak dipelihara dan disiram dengan renungan firman serta hidup rohani, komitment bisa menggendur dan akhirnya buyar. Apalagi kalau romo miskin dalam hal kasih sayang dalam keluarga sewaktu kecil, dan belum bisa mengolah semua pengalaman hidup. Ia harus akan kemsraan. Nah ya begitu contohnya.
    Misa yang ia persembahkan tetap sah dan Yesus tetap hadir. Sah-nya bukan tergantung pada keadaan orangnya melainkan pada diri orang yang telah ditahbiskan (Ex opera operato, bukan ex opera operantis!). Dan Roh Kuduslah yang mengubah roti menjadi Tubuh Kristus dan anggur menjadi darah Kristus.

    Masalah orang lalu jijik dengan romo yang perilakunya demikian dan mempersembahkan Misa, lain soal ! Kalau memang berat menghadiri Misa yang diperwsembahkannya , baiklah tidak hadir saja, supaya tidak menambah beban.

    2. Tepat dan bagus kalau anda telah memperingatkan kakakmu, kalau perlu bawa saudara atau teman yang juga mengetahui hal itu, kalau sampai tiga kali dengan selang waktu anda memperingatkannya, dan tetap bandel, tanggungjawab anda sebagai adik yang beriman, selesai, meski tetep merasa gak enak di hati. Tetapi juga tidak salah kalau memperingatkan romo bersangkutan, apalagi anda adik dari wanita yang menggoda romo ! Ada saja usaha umat untuk mengingatkan romo seperti itu. Dan juga umat tidak dilarang kalau melapor kepada atasan atau bapak Uskup, dan mengatakan bahwa anda dan umat telah berusaha.

    3. Nah itulah sisi hitam romo sebagai manusia, seperti semua orang. Ya sayang kalau seorang romo yang menjadi pemimpin, teladan dan panutan, tingkahlakuknya tidak sepadan dengan martabat imamat dan harapan umat pada umumnya.

    4. Mau pindah Protestan ? Silakan. Ini berarti anda kecewa berat, marah sama Tuhan dan marah sama Gereja. Tetapi kita harus ingat bahwa romo tersebut bukan Gereja apalagi Tuhan. Kalau kita dewasa dalam iman, iman kita berpaut pada Yesus dan Gereja-Nya dan tidak mudah dibingungkan akan apa yang terjadi dalam Gereja-Nya.
    Hal-hal yang mengecewakan tersebut sudah terjadi dan masih serta akan terjadi dalam Gereja , mungkin bentuk-bentuknya lain.

    Kalau anda berkeinginan meninggalkan Gereja Katolik, itu adalah godaan iblis. Yang rugi bukan Gereja tetapi kita sendiri. Telah banyak kesaksian dari orang-orang katolik yang nyebrang ke gereja-gereja non-katolik dan kemudian balik kembali. David Curri, tokoh fundamentalis non-katolik benci katolik sejak lahir, akhirnya menulis buku “Mengapa aku menjadi Katolik”. Demikian juga Scott Hamn dan istrinya, coba baca “Romo Sweet Home” – Roma – Rumahku. Memang kita diharapkan menyanyi “Mengikut Yesus – keputusanku – aku tak ingkar!” Tetapi untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi serta boleh bergabung dalam Gereja Katolik yang didirikan oleh Yesus sendiri, suatu kehormatan, suatu keistimewaan, dan itu semua karunia dari Tuhan saja. Gereja itu ya manusiawi dan ilahi, sisi manusiawi boleh bopeng, tetapi sisi ilahi tetap kudus.

    Subroto Widjojo, SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.