Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    Saya sendiri beragama Katholik, namun saya pribadi beranggapan bahwa agama tidaklah menyelamatkan kita, tetapi iman kita kepada Tuhan Yesus yang menyelamatkan. Mohon tanggapannya..

    Shallom, saya hanya ingin mengetahui tanggapan Romo mengenai artikel di bawah ini: http://penyingkapan.akhirzaman.org/download/babylon.pdf soalnya saya mengganggap, artikel tersebut berhubungan dengan jawaban Romo tentang PERSEPULUHAN yang menyatakan Yesus Kristus boleh dikata pelanggar utama Taurat Musa, membuang semua adat istidat agama yang berasal dari manusia, yang dianggap dari Tuhan. Sedangkan di artikel tersebut dijelaskan asal-asal ajaran atau adat istiadat umat Katholik yang berasal dari ciptaan manusia. Saya sendiri beragama Katholik, namun saya pribadi beranggapan bahwa agama tidaklah menyelamatkan kita, tetapi iman kita kepada Tuhan Yesus yang menyelamatkan. Mohon tanggapannya..Terima Kasih.Tuhan Yesus memberkati.



  • Jawaban :

    Lihat jawaban saya kepada Denny.

    IMAN yang menyelamatkan:   Ya saya setuju sekali. Iman kepada pribadi Yesus Kristus. Dan kita sampai dapat beriman adalah rahmat. Tetapi iman masih terlalu abstrak. Perlu kerangka, daging dan darah.
    Maka ada penjabaran

    • apa yang kita imani (Credo)
    • bagaimana hubungan kita dengan Yesus Kristus secara pribadi (doa dan ibadat)
    • apa yang menjadi pegangan kita tentang iman kita ini dan
    • bagaimana kita beriman benar serta beribadat benar (perlu pegangan: Kitab Suci serta Magisterium).

    Dan ini semua ujud dari iman mau tak mau membutuhkan ujud (dimensi budaya manusia) nah di sini ada ranah agama.

     

    Dan iman pun harus hidup yakni harus ada perbuatan-perbuatan baik / amal-nya, hidup tanpa pelayanan kepada sesama, tak punya makna sama sekali.

    Orang yang ber-iman tentu mengenal dan mengasihi Tuhan. tetapi kalau tidak mengasihi sesama, sama saja dengan Bohong (kata St. Yohanes). Ungkapan lahiriah dari iman tetap penting. Maka ungkapan iman bisa berubadah dari zaman ke zaman, dari daerah ke daerah, meski isi iman tetap sama. Ini kalau kita mau menangkap pengertian agama sebagai ujud dari iman.

     

    Tuhan Yesus memberkati!

     

    Subroto Widjojo SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.