Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    ISTRI BERBOHONG MENGENAI KARTU KREDIT dan CURIGA SUAMI ADA WIL

    Syaloom, saya seorang katholik dan sudah menikah secara katolik selama 4 tahun dan dikaruniai anak 1 umur 3 tahun. sudah 1 bulan saya pisah rumah dengan suami saya. Suami saya merasa dibohongi, sebab selama 1 saya bohong mengenai kartu kredit yang sudah saya pakai sebesar 9jtan tanpa sepengetahuan suami saya. Oleh sebab itu suami saya sangat amat marah dan ingin berpisah dari saya. Tapi tidak hanya itu, saya punya feeling bahwa suami saya mempunyai WIL. Saya mohon doa dan petunjuk apa yang harus saya lakukan. Dan saya juga minta doa apa yang harus saya doakan untuk suami saya supaya hatinya terbuka dan kembali bersatu denagn saya dan anak kami. Terima kasih,



  • Jawaban :

    Mohon dipisahkan dua masalah yang berbeda: pertama, suami dibohongi karena istri tanpa sepengetahuannya, memakai kartu kredit sampai sekian juta, dan balik curiga adanya WIL.

    1). Benar atau tidak pembohongan itu ? Sedang salah satu pilar utama dalam hidup berkeluarga ialah kejujuran dan keterbukaan. Kalau suami sampai meninggalkan atau pisah tentu luka hati/batin cukup dalam. Dari pihak istri perlu introspeksi, mengapa sampai bohong dan menggunakan uang sampai sekian, apakah ada hasil penggunaan itu untuk keperluan hidup keluarga atau untuk foya-foya ; apa ada bukti bon-bon atau  barang-barang yang dibeli. Berapa kemampuan suami (gaji bulanan) untuk pengeluaran bulanan itu; apakah istri bisa membereskan hutang kartu kredit itu  sendiri ? Tentu ini bukan masalah yang pertama, tentu ada tumpukan masalah-masalah  lain, sampai tega meninggalkannya.

     

    2). Apakah tiap tahun hari perkawinan diperingati dan dirayakan , untuk memperbaharui janji perkawinan anda ?  Apakah tidak pernah sharing atau berbagi masalah dan keruwetan yang masing-masing hadapi. Saya takut jangan-jangan meski sudah empat tahun nikah tidak ada komunikasi dari hati-ke hati, membicarakan masalah kebutuhan keluarga: pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya, masalah anak dan masa depannya.  Dan nampaknya anak bukan lagi buah hati berdua !

     

    Tentang dugaan adanya WIL.

    Bisa bertanya pada diri sendiri, mengapa suami sampai nyeleweng atau selingkuh. Biasanya hal ini tidak begitu saja terjadi, perlahan dan setahap dan akhirnya memuncak.  Atau anda mau mengalihkan permasalahan kebohongan ke masalah kesalahan suami ?
      

    1). Bukan bukti-bukti selingkuh yang dibutuhkan, tetapi mencari tahu mengapa itu sampai terjadi. Bersediakah saling memaafkan  dan menerima kembali, memulai kembali.

    2). Suami istri yang sah menikah di gereja, bisa saja pisah secara hukum gereja, kalau memang ternyata bukan surga yang mereka ciptakan melainkan neraka! Kekerasan rumah tangga umumnya suami terhadap istri yang terus menerus terjadi, tiada jalan lain kecuali berpisah.

    3). Baik istri maupun suami yang sah berkeluarga dan mempunyai anak, jelas secara hukum dan moral tidak lagi bebas untuk berhubungan dengan lain jenis; yang terjadi ialah membiarkan diri masuk ke dalam pencobaan dan jatuh beneran, nekad! Memang keduanya dan kita umumnya membutuhkan kendali atau kontrol kuat dari hidup rohani kita! Kalau masa bodoh akan hidup rohani, hal biasa lalu menjadi rapuh mudah mengikuti naluri atau kepuasan ego sendiri!

     

    4). Di tiap paroki, biasanya ada kesempatan untuk Konseling keluarga dengan pastor paroki, ada juga Komisi Keluarga, silakan manfaatkan mereka-mereka ini!!!!

     

    Subroto Widjojo, SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.