Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan : apa Batasan-batasan yang ditetapkan oleh KAJ atau KWi bagi seorang pewarta iman?

  • Jawaban :

    Batasan pewarta :

    Setiap orang yang dibaptis harus menyadari akan Amanat Agung dari Yesus untuk pergi ke seluruh dunia mewartakan Injil (Mat 28: 19-20; Rm 11:9-15; 1 Kor 9:16; ).

    Adanya Gereja adalah untuk mewartakan Injil, maka setiap  orang beriman anggota Tubuh Kristus (Gereja)  (Evangelii Nuntiandi, no. 15). Sebagai warga Gereja wajib mewartakan Injil (Iman) ! Silakan baca juga dokumen Vatikan II “Ad Gentes” (=Kegiatan Misoner Gereja), “Actuositatem Apostolicam (Kerasulan Awam ) dsb.

     

    ·        Adanya para pewarta iman dalam Pembaruan Khasrismatik Katolik (PKK) didukung dan direstui Gereja sebagaimana para Uskup kita mengungkapkannya dalam dokumen KWI “Pembaruan Hidup Kristiani Sebagai Anuegrah Roh” (Pedoman Pembaruan Karismatik), 1995, no. 45, antara lain dikatakan :”pewartaan dalam Gereja bukanlah pewartaan pendapat sendiri melainkan pewartaan Sabda Allah, seperti diakui dan diajarkan oleh Gereja semesta. Hirarki merupakan instansi yang melayani seluruh umat dalam memperoleh kepastian pemahaman sejati mengenai sabda Tuhan. Maka, pengesahan dari Hirarki senantiasa merupakan syarat dasar dalam pewartaan. Oleh karena itu, setiap pelayanan pewartaan resmi dalam Gereja, kita perlu memperoleh pengangkatan dari Uskup setempat atau yang diberi kuasa untuk itu”. Dan memang ini adalah tugas berat untuk kami , yang disadari oleh KWI.

    Ini terungkap dalam pernyataannya “dalam menciptakan kader-kader untuk mewartakan Sabda Tuhan secara bertanggungjawab. Oleh karena itu kami mendukung keinginan untuk meningkatkan kemampuan para pewarta. Sudah ada sejumlah sekolah pewarta. Hendaknya mutu mereka ditingkatkan. Kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Imam, Lembaga Pendidikan Kateketik, serta pelbagai pakar dalam hal itu dapat memperkaya semuaa pihak” (no. 46).

     

    ·        Juga sebelumnya KWI dalam Surat Gembala Pembaruan Karismatik Katolik, yang ditujukan kepada para pastor, berjudul “Aneka karunia – Satu Roh”, 1993, no. 26, ditulis : “Salah satu bidang yang secara khusus perlu dilayani…. adalah pendidikan untuk mendalami ajaran-ajaran Gereja dan untuk secukupnya mampu menangkap pesan Kitab Suci, terutama bagi para Pemimpin Persukutuan Doa dan pewarta. Hendaknya program-program pendalaman diselenggarakan dengan terus menerus memperhatikan ajaran Gereja Semesta dan Gereja Setempat. ….”

    ·        Saat ini kita  sangat membutuhkan pewarta-pewarta iman khususnya untuk kalangan muda: orang muda menginjili orang muda!

            Maka :  Dalam kalangan komunitas Kharismatik katolik di KAJ, yang mau menjadi pewarta mimbar dalam PKK harus warga suatu PD dan diutus oleh PD setempat dan disetujui oleh Pastor Moderator (Paroki)-nya. Harus sudah ikut Seminar Hidup Baru Dalam Roh, Sekolah (Kursus Evangelisasi Pribadi), Prioritas mereka yang telah lulus Kursus Pendalaman Kitab Suci (KPKS) 4 tahun dari LBI atau Extension Theologi dari STF Driyarkara; Mengikuti Kursus Calon Pewarta yang diadakan oleh BPK setempat dan lulus; setelah menjadi pewarta harus mengikuti retret  dan rekoleksi tahunan, untuk penyegaran dan pendalaman para pewarta, mereka  harus hadir dalam Seminar-seminar yang diselenggarakan oleh Forum Pewarta yang  diberi oleh para ahli katolik (umumnya para pastor yang dosen). Kalau mereka mau mewartakan di luar Keukupannya, haruslah ada surat undangan dari umat setempat yang diketahui oleh Pastor bersangkutan dan kemudian kalau ke sana mereka membawa surat pengutusan dari Moderator BPK di mana ia berada.

           




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.