Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
Halaman Utama buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian Tanya Jawab berita dan kegiatan hubungi kami
 

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



TANYA JAWAB TENTANG IMAN

  • Pertanyaan :

    Cara doa untuk orang sakit: menumpangan tangan dengan bahasa roh, dengan tenaga super natural ump. Prana ?Apa perbedaan kharismatik katolik dan kebatinan katolik ?

    1.bagaimana cara penumpangan tangan disaat kita berdoa untuk orang sakit apakah perlu berdoa dengan mengunakan bahasa roh atau bolehkah dengan mengunakan tenaga super natural semacam tenaga prana.
    2.apa perbedaan charismatik dengan kebatinan khatolik yang saat ini lagi tenar terutama di jawa tengah



  • Jawaban :

    1. Mendoakan orang sakit boleh sendiri boleh bersama, boleh di dekatnya juga boleh doa jarak jauh, menjadikannya ujud doa. Bila dekat , memang sepantasnya kita menumpangkan tangan atau memegang bagian tubuh si penderita, kalau memungkinkan. Memakai bahasa roh – baiknya istilahnya adalah  bahasa lidah atau glossolali . Kalau bisa ber-glossolali silakan ! Kalau tidak, tidak ada masalah. Yang menyembuhkan itu Tuhan sendiri, kita-kita umatnya yang percaya kepada-Nya hanyalah alat-Nya. Tuhan bisa memakai kita dan anda untuk menyembuhkan!

    Tenaga prana? Amit-amit, deh!  Setahu saya prana , meski nampaknya rohani- termasuk gerakan yang disebut “New Age”. Setahu saya, kelompok ini –dan ada umat katolik yang menjadi anggotanya – percaya bahwa segala-galanya adalah energi semua. Tidak ada Tuhan Allah, dan Yesus sekedar energi kecil dalam alam semesta !

    2. Kharismatik Katolik – adalah gerakan pembaruan dalam Gereja, agar umat yang diperbaharui oleh Roh Kristus untuk lebih mengenal, mencintai dan meneladan Tuhan, lewat doa-doa pribadi dan bersama, akrab dengan Kitab Suci, lebih sering merayakan Sakramen-sakramen, menterjemahkan cinta akan sesama dalam action atau tindakan nyata !
    Sedang Kejawen Katolik, adalah adat kebisaan kejawen yang dibaptis atau dikatolik-kan, unsur-unsur yang mendukung iman dipakai dan yang tidak , ditolak.

    Warna inkulturusasi lebih kuat ! Dan memang ada orang Jawa Katolik merasa lebih sreg dengan cara kejawen itu. Sejauh itu benar-benar mendekatkan orang kepada Yesus, OK-OK saja. Bila tidak, tentu tidak perlu ! Perlunya ada romo yang mendampingi kelompok Kejawen katolik ini!

    Subroto Widjojo, SJ




    Tanya Jawab untuk Artikel : Artikel Iman




    KIRIMKAN PERTANYAAN ANDA !

    Apakah Anda memiliki pertanyaan ? Silakan isi formulir di bawah ini untuk menanyakan mengenai iman. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh pihak yang berkompeten. Terima kasih !

    Nama :

    Email Address :  *

    Pertanyaan Anda :  *
  •  
    Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.