Sunday, March 03, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | PENGALAMAN IMAN | INFO KEGIATAN | SEJARAH KARISMATIK | TOKOH PKK | ORGANISASI PKK |

Cari:



Alkitab Online


"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasa dengan orang congkak."
Kita perlu untuk jujur terhadap satu sama lain dalam menceritakan pelanggaran dan juga kemenangan kita. Saat kita bersikap tulus dan transparan terhadap orang lain, kita memberi mereka kemerdekaan untuk "membuka topeng mereka" di hadapan kita.

Amsal 16:19

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Pusat Informasi : SEJARAH KARISMATIK
DARI BANGKOK DAN MANILA MENUJU JAKARTA



Dari Bangkok dan Manila Menuju Jakarta

             Kehadiran Pembaruan Karismatik Katolik pada tahun 1976 di Keuskupan Agung Jakarta tidak dapat dipisahkan dari jasa Alm. Mgr. Leo Soekoto SJ, Uskup Agung Jakarta waktu itu. Untuk menolong umat Katolik yang haus akan persekutuan doa dan dalam kerangka penggembalaan gerejawi, beliau mengundang dua orang pastor dari luar negeri datang ke Jakarta untuk memperkenalkan Pembaruan Karismatik Katolik kepada para imam, biarawan dan biarawati serta tokoh-tokoh Gereja Katolik di Jakarta. Dua orang pastor tersebut adalah Pastor Paul O Brien SJ tokoh PKK dari USA yang berdomisili di Bangkok, dan Pastor Herber Schneider SJ yang waktu itu termasuk sebagai pencetus, pengasuh dan moderator dari sebuah komunitas karismatik di Manila. Pertengahan April 1976 Pastor O Brien SJ telah tiba dahulu di Jakarta, disusul awal Mei 1976 dengan kedatangan Pastor Herbert Schneider SJ.

             Pastor O Brien sudah lama berkecimpung di Pembaruan Karismatik Katolik, tak sebatas memiliki pengetahuan teoritis tapi juga praktek. Beliau adalah salah seorang pendiri rumah retret khusus bagi para uskup, imam dan diakon di Rhode Island, USA, suatu tempat dimana para uskup, imam dan diakon dapat berdoa bagi sesama uskup, imam dan diakon di seluruh dunia.

             Pada awal Mei 1976 itu diadakan serangkaian ceramah, pertama untuk para imam di seluruh Jakarta. Ceramah hari berikutnya (tentang Pembaruan Karismatik Katolik) disampaikan kepada kelompok biarawan-biarawati se Jakarta, lalu menyusul (14 Mei 1976) sebuah kesempatan lagi untuk tokoh-tokoh Katolik Jakarta dengan jumlah yang sangat terbatas, hanya untuk awam tertentu saja.

Kesempatan untuk umat yang lebih luas diberikan selama dua kali.

Pertama di Gereja Hati Kudus, Kramat, Jakarta Pusat pada hari Minggu 16 Mei 1976 dengan mendapat perhatian cukup besar.

Kesempatan kedua untuk umat dilaksanakan pada 23 Mei 1976 di Aula Susteran Ursulin, Jl. Pos, Jakarta Pusat. Kesempatan kedua ini juga mendapat perhatian yang sangat baik dari para peserta.

             Kedua imam ini juga memberikan seminar ”Hidup dalam Roh ( Life in the spirit)  kepada 200 orang dalam bahasa Inggris selama lima hari penuh pada tanggal 17-21 Mei 1976. Sesi Introduksi/Pendahuluan diberikan pada 16 Mei 1976 di Gereja Hati Kudus, Kramat, Jakarta Pusat. Sesi-sesi berikutnya dari Life in the Spirit ini diberikan di Gereja St.Joseph, Matraman, Jakarta Timur.

             Peminat yang serius pada waktu itu diberi kesempatan lagi untuk meningkatkan pengetahuan dengan kursus dasar kepemimpinan (spiritual leadership). Hadir sekitar 120 orang selama lima hari dari tanggal 24-28 Mei 1976, bertempat di Aula Susteran Ursulin Jl. Pos 2, Jakarta Pusat. Tokoh-tokoh Katolik yang sudah ada dan mengikuti semua ini dari permulaan, antara lain :

Alm.Bpk. Antonius Rahmat Abdisa dari Paroki Katedral,

Bpk Suyud dari Paroki Hati Kudus-Kramat,

Pasutri Roy-Winny Setjadi dari Paroki St. Maria Bunda Perantara – Cideng.

Pasutri Setiobudi-Nelly dari Paroki St.Petrus Paulus – Mangga Besar.

             Dengan tersedianya serangkaian pengarahan yang cukup sistematik ini, khususnya mengenai langkah-langkah selanjutnya di hari hari ke depan, jelaslah bahwa kedatangan dua imam Yesuit ini bukanlah sekedar memperkenalkan Pembaruan Karismatik Katolik. Rangkaian acara demi acara tersebut telah menciptakan peluang dimana PKK agaknya memiliki potensi untuk ditumbuhkembangkan di KAJ.

             Ketika seminar ditutup, Uskup Agung Jakarta yang hadir menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua imam tersebut dan menghimbau para peserta seminar untuk dapat meneruskan dengan tekun dalam persekutuan Doa Karismatik Katolik. Momen inilah yang menandai kiprah dari Pembaruan Karismatik Katolik di Keuskupan Agung Jakarta hingga mencapai usianya yang ketigapuluh di tahun 2006 ini. Keluarga besar Pembaruan Karismatik Katolik memandang peristiwa ini sebagai lahirnya secara resmi Pembaruan Karismatik Katolik di Keuskupan Agung Jakarta. Dengan kata lain, gerakan dan karya Roh Kudus melalui Pembaruan Karismatik Katolik di Keuskupan Agung Jakarta adalah suatu gerakan dan karya yang direstui oleh Bapa Uskup selaku Pemimpin Gereja. Pembaruan Karismatik Katolik bukanlah segelintir orang tertentu di luar Gereja: Pembaruan Karismatik Katolik adalah pembaruan Gereja, milik seluruh umat Gereja.

 Sumber  dari Buku Sepenggal Ziarah





Kirimkan KESAKSIAN Anda Mengenai Artikel Ini !



Kirimkan PERTANYAAN Anda Mengenai Artikel Ini !




    Informasi lain mengenai : SEJARAH KARISMATIK :
  • Buah Karismatik
    Setiap orang yang turut serta didalam Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik akan mengalami banyak hal. Seperti Yesus mengingatkan kita, “Setiap pohon yang baik, pasti menghasilkan buah-buah yang baik” (Mat 7:17)
    Buah yang baik yang dihasilkan misalnya:
    [lebih lengkap ...]

  • DEFINISI KARISMATIK
    Kamus Teologi mendefinisikan kata “Karismatik” sebagai berikut:“Dalam arti umum, semua umat Kristiani yang dipanggil dan menerima rahmat Allah disebut karismatis. Secara lebih khusus sebutan ini dipakai untuk orang-orang yang menerima karunia khusus Roh Kudus, seperti misalnya hidup selibat (1Kor 7:7), kuasa membuat mukjizat, membedakan roh dan berbahasa roh (1 Kor:12:10)”
    [lebih lengkap ...]

  • Pengertian Yang Harus Dihindari
    Baptisan dalam Roh Kudus
    Adalah salah besar berpendapat bahwa setiap orang Katolik yang sudah dibaptis dan menerima sakramen penguatan secara sah belum menerima Roh Kudus justru hanya karena dia tidak memperlihatkan tanda-tanda yang jelas dan hidupnya yang dihayati dengan kuasa Roh Kudus. Dalam teologi Katolik diajarkan bahwa sakramen-sakramen itu secara obyektifberhasil guna, karena sakramen-sakramen itu tindakan Kristus sendiri. Karena itu baptisan ulang sakramental tidak pemah dianjurkan. Sebaliknya melalui pewartaan Injil yang segar setiap orang Katolik ditantang untuk bertobat kembali, menyesal dan membuka dirinya atas cara yang baru untuk menerima karunia Roh Kudus, yang adalah Tuhan dan Pemberi hidup dan jika diundang secara pribadi, akan mengubah hidup lama seseorang menjadi hidup baru. Dan dengan menghayati hidup yang baru, menjadi saksi Yesus Kristus yang telah bangkit.
    [lebih lengkap ...]

  • Pentingnya Karismatik
    Pengrusakan nilai-nilai moral dan kehampaan kehidupan rohani yang terjadi saat ini di dunia membutuhkan perangkat-perangkat rohani yang telah disediakan oleh Tuhan. Saat-saat inilah dunia kita membutuhkan Roh Kudus seperti saat Pentakosta pertama kali terjadi kepada murid-murid Yesus. [lebih lengkap ...]

  • Permulaan Karismatik di Indonesia
    Pada bulan mei 1976, Pastor O Brien SJ dari Bangkok dan Pastor H. Schneider SJ dari Manila diundang oleh Bapak Uskup Agung Jakarta (Alm.) Mgr Leo Soekoto SJ. Mereka memberikan ceramah dan seminar untuk para biarawan dan kaum awam. Kira-kira 150 orang telah mengikuti seminar yang pertama itu dalam bahasa Inggris. [lebih lengkap ...]

  • Praktek Yang Harus Dihindari
    Ekumenisme Pembaruan Karismatik adalah kekuatan ekumenis yang besar karena sejumlah besar orang-orang Protestan karismatik dan orang-orang Pentakosta klasik berbagi dengan orang-orang karismatik Katolik pengalaman yang sama. Namun demikian, pengalaman masing-masing berakar dalam kebudayaan gerejaninya. Karena itu, dalam persekutuan-persekutuan doa ekumenis kewaspadaan harus diperhatikan untuk melindungi kemumian iman dan tradisi masing-masing anggota. [lebih lengkap ...]

  • SEJARAH KARISMATIK DI DUNIA
    Menurut catatan sejarah, pekerjaan besar Roh Kudus terus berlanjut sejak hari Pentakosta. Beberapa orang kudus secara tegas mengalami bimbingan Roh Kudus, seperti Santo Antonius dari Mesir, sampai kepada zaman Santo Benardus. [lebih lengkap ...]

  • Tujuan Pokok dari Pembaruan Karismatik
    Tujuan pokok dari Pembaruan Karismatik Katolik adalah : Menolong orang-orang Katolik mengalami suatu Baptisan dalam Roh Kudus . [lebih lengkap ...]

  • EKLESIOLOGI
    Eklesiologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya studi mengenai Gereja . Pada dasarnya Eklesiologi secara sistematis mempelajari asal-usul, ciri-ciri khusus dan perutusan Gereja.
    [lebih lengkap ...]

  • KANONIK PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK
    Pembaharuan Karismatik Katolik secara resmi telah diakui Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik di Vatican; dinyatakan dalam Dekrit Pontificium Pro Laicis ( Dewan Kepausan Untuk Kaum Awam ) nomor 1563/AIC-73 tertanggal 14 September 1993, berdasarkan bunyi Kanon no.116 yang membicarakan tentang: Badan Hukum Publik yang didirikan oleh Otoritas Gerejawi yang berwenang memberikan kepercayaan atas nama Gereja, kepada Lembaga Pembaharuan Karismatik Katolik dengan personalitasnya, demi kesejahteraan umum dalam batas-batas yang ditentukan dan menurut Norma Ketentuan Hukum. [lebih lengkap ...]

  • PERHIMPUNAN SHEKINAH BINA INSANI
    Di dalam Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia, ada suatu Pusat Pelayanan yang bertempat di Jakarta, di gedung Shekinah. Letaknya di kompleks Duta Merlin, Jalan  Gajah Mada 3 - 5, blok B 41 - 43. Yang menjadi pemilik dan pengelola gedung ini adalah Perhimpunan Shekinah Bina Insani dimana Koordinator BPN PKKI dan Koordinator BPK PKK KAJ ex officio duduk sebagai Dewan Pembina. Siapakah para pelayan yang berkarya di dalam Perhimpunan ini? [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.