Sunday, March 03, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | Artikel Menarik | ROH KUDUS | TEOLOGI | SABDA TUHAN | SAKRAMEN | DOA | EVANGELISASI | ICCRS Newsletter | KONVENAS XII - Jakarta 2012 |

Cari:



Alkitab Online


"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasa dengan orang congkak."
Kita perlu untuk jujur terhadap satu sama lain dalam menceritakan pelanggaran dan juga kemenangan kita. Saat kita bersikap tulus dan transparan terhadap orang lain, kita memberi mereka kemerdekaan untuk "membuka topeng mereka" di hadapan kita.

Amsal 16:19

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Artikel Iman : EVANGELISASI
SESI RETRET LEADERS 20-23 JANUARI 2005:SESI 6



25 Juli 2008

Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:

Sessi 6

 

Father Kevin

22-01-05

 

Di Irlandia ada seorang pemotong rambut yang sangat ahli. Setiap akhir minggu dia suka bersenang-senang dengan temannya. Itu berarti minum-minuman keras, jadi tiap week end dia sering minum. Biasanya kalau minggu pagi mabuknya belum hilang. Suatu minggu pagi dia merasa tidak enak seluruh tubuhnya. Sambil menunggu pelanggan dia mengasah pisau. Yang datang ternyata romo paroki. Pastor paroki itu berbadan gemuk, bermuka merah dan serius. Dia sudah mendengar kalau Jimmy, nama pemotong rambut itu, suka minum dan dia ingin dicukur cambangnya. Jimmy mempersilahkan romo duduk dan mukanya diberi sabun dengan sikat lalu pisau cukur yang tadi diasah lagi. Dan ketika sambil mengasah pisau itu dia berdoa. Katanya Tuhan Yesus, buatlah tanganku hati-hati jangan sambai muka romo tersayat.

 

Lalu dia mulai mencukur cambang si pastor. Semua di bagian wajah dan sampai di bagian di bawah hidung. Setelah hampir selesai, apa yang terjadi? Dia tanpa sengaja menyayat bagian dekat hidung itu. Pastor buka mata dan bilang pada Jimmy, bukankah minum minuman keras adalah suatu yang jelek? Ya romo, jawabnya, membuat kulit jadi lembut.

 

Mari berdoa

Datanglah Roh Kudus dan tolonglah kami untuk mendengarkan dan memahami sabdamu yang kau berikan pada kami sore ini. Tuhan Yesus biarlah mereka tidak mengantuk saat aku bicara terutama biarkanlah aku juga tak mengantuk. That s a joke. Don t be too serious.

 

Ada kisah lain di Irlandia. Tentang seorang imam yang memberikan retret imam. Dia menganggap hal ini penting. Pastor berbicara pada suatu sore. Lalu ada seorang pastor tua yang duduk di kursi bagian depan. Ketika pastor bicara, pastor tua mulai jatuh tertidur dan mulai ngorok. Pastor pembicara jadi jengkel. Lalu dia menunjuk pada pastor yang duduk di sebelahnya dan bilang bangunkan dia. Dan dijawab, pastor kamu yang membuat dia tidur kenapa harus aku yang membangunkannya? Sukacita itu bagus bukan? Tertawa itu menyenangkan. Di dunia ini terlalu banyak kesedihan.

 

Buka Yohanes 19: 25-27 à Bunda Maria

19:25 Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.

19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: Ibu, inilah, anakmu!

19:27 Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: Inilah ibumu! Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

 

 

Ada seorang pastor di Amerika yang dikenal Father Kevin dengan baik berkata: Saya kira pada jaman modern ini ada sesuatu yang mengagumkan yang terjadi. Tampaknya Tuhan menyerahkan banyak hal atau segala sesuatu pada Maria ibunya. Jadi kalau kita datang pada Bunda Maria dengan apa saja maka Bunda akan menyampaikannya pada Yesus.

 

Sekarang ini dalam gereja Katolik ada kebangkitan kembali devosi yang hidup, ada 2 hal

 

1.      devosi kepada ekaristi. Saya bisa melihat bagaimana orang disini yang memenuhi tempat ini pada saat adorasi. Bagaimana Anda tersungkur di hadapan Yesus yang benar-benar hadir dalam sakramen mahakudus.

2.      devosi yang juga menjadi hidup kembali adalah devosi Bunda Maria.

 

Di Mejugorje Bunda Maria menampakkan diri tahun 1981 dan dia sudah memberikan banyak ajaran indah. Dan yang dibicarakan Bunda Maria adalah pentingnya doa dan pengampunan dosa. Ia selalu menghimbau anak-anaknya untuk kembali kepada Yesus utranya utk bertobat. Aku sudah berkali-kali ke sana dan juta Sr. Briege.  Tempat itu memang adalah tempat yang penuh rahmat. Yang tampak di situ adalah rahmat pertobatan. Banyak orang pemuda-pemudi ke sana. Acara itu walau sudah 20 tahun lebih berlalu ternyata punya dampak di banyak negara. Memang Mejugorje belum dapat pengasahan gereja karena pemulihannya belum selesai.

 

Berjuta-juta orang sudah sampai di sana mungkin ada ribuan pastor dan banyak uskup sudah mengunjungi tempat itu. Bapak Paus sendiri tak merahasiakan bahwa beliau percaya akan apa yang terjadi di tempat itu. Ada yang mengatakan bahwa Paus pergi ke Mejurgorje dan ketika para uskup berkata pada Bapa Paus dia minta didoakan karena tempat itu penuh rahmat.

 

Pelayananan Bapa Paus juga merupakan sumber dari bangkitnya lagi devosi kepada Bunda Maria. Sejak hari pertama beliau dipilih jadi Paus beliau sudah menunjukkan bahwa beliau punya devosi pada Bunda Maria. Mottonya diambil juga dari perkataan gereja awal. I am all yours and everything is yours.

 

Roh Kudus melalui Bapa Paus sudah menempatkan Bunda Maria pada posisi yang dihormati di hadapan gereja. Ada banyak alasan yang bisa menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Terutama ialah karena apa yang terjadi pada para wanita. Ada banyak hal yang terjadi pada para wanita di dunia modern ini.

 

Terutama gerakan feminisme sekular yang mengajak para wanita untuk menolak kewanitaannya sendiri. Yang paling mengerikan juga adalah eksploitasi wanita yang terjadi saat ini, misalnya industri seks. Dan juga banyak hal lain menimpa para wanita melalui kelaparan dan perang. Di TV kita melihat bagaimana perang terjadi di Afrika dan tempat-tempat lain. Bagiamana ada prajurit atau tentara gagah satu truk penuhnya dan membawa senapan menggiring wanita dan anak-anak yang kurus kering.

 

Bunda Maria sekali lagi datang ke gereja ini untuk mengingatkan para wanita akan sifat kewanitaan mereka. Ada banyak penipuan yang terjadi yang ditujukan pada para wanita jaman sekarang ini. Di negara-negara modern orang berbicara tentang kebebasan wanita untuk memilih. Istilah kebebasan memilih/pro-choice adalah kata yang dihaluskan untuk aborsi. Karena tidak ada orang yang punya hak yang boleh memilih selain dari Allah. Rahim adalah tempat tinggal Allah pencipta. Tak seorangpun boleh datang atau masuk ke sana dengan maksud yang jahat. Tak ada seorang pun yang berhak untuk mengambil hidup yang sudah ditanam di situ.

 

Saya ingin membicarakan tentang Maria dan ingin melihatanya sebagai wanita yang disebut dalam kitab suci. Bunda Maria sudah dijanjikan selama berabad-abad lamanya. Pertama kali kita dapat melihat bahwa satu teks yang mengacu pada Maria yaitu pada kitab Kejadian. Setelah kejatuhan manusia pertama akibat godaan setan, Allah berbicara kepada ular itu, dan Allah bicara kepada setan.

 

Aku akan membuat permusuhan antara engkau dan wanita itu. Antara keturunan mu dengan keturunan wanita itu. Ia akan meremukkan kepalamu dan engkau akan jatuh di tumitnya. Wanita itu adalah Maria. Wanita pertama adalah Hawa. Adam bilang wanita yang kauberikan padaku membuat aku makan buah itu. Jadi ketika Allah mengatakan aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan wanita itu, wanita itu mengacu pada Maria.

 

Ada banyak teks yang menyebutkan tentang Bunda Maria di perjanjian lama. Terutama di Yesaya yang disebutkan di situ seorang dara akan mengandung dan melahirkan seorang putra. Dia akan disebut Immanuel karena dia adalah Putra Allah yang maha tinggi. Sebelum Perjanjian Baru Bunda Maria sudah dinubuatkan.

 

Mungkin sudah menjadi impian setiap gadis di Israel bahwa dia akan dipilih jadi ibu Mesias. Ketika malaikat mendatangi Bunda Maria, dia tahu apa yang sedang terjadi. Ketika malaikat meminta dia menjadi ibu Tuhan dia tak mengerti dan bertanya. Bagaimana aku bisa jadi ibu karena aku masih perawan.

 

Malaikat menjelaskan bahwa Roh Kudus akan turun menaungi dia dan dia akan jadi ibu Allah. Setelah Maria mengerti akan hal ini dia langsung jawab ya kepada Allah dan sabda itu jadi manusia dalam rahimnya. Akhirnya Yesus dilahirkan di sebuah palungan di dalam kandang di Betlehem jadi anak Maria.

 

Ketika Maria mengandung dia mengunjungi Elisabet saudara sepupunya. Dan Elisabet mengenang Maria dan tahu Maria sedang mengandung. Jadi Roh Kudus mengijinkan Elisabet mengetahui apa yang sedang terajdi. Yohanes pembaptis yang masih dalam kandungan saat itu juga melonjak karena berada dalam hadirat Yesus dan Elisabet berkata kepada Maria. Terpujilah engkau di antara wanita terpujilah buah tubuhmu.  Dan terpujilah dia yang percaya pada janji Allah karena dia menggenapi janjinya.

 

Yusuf waktu itu harus diberitahu tentang peristiwa ini dan seperti kita ktetahui malaikat menampakkan diri dalam mimpi Yusuf dan mengatakan Yusuf jangan takut mengamibl Maria sebagai istrinya. Maria dan Yusuf masuk dalam perkawinan yang perawan. Yusuf tahu bahwa dia berada dalam tabut perjanjian baru.

 

Satu  hal yang perlu dijelaskan: banyak orang non Katolik mengatakan bahwa Maria memiliki anak-anak yang lain karena ada referensi dari injil tentang saudara-saudara Yesus. Jadi orang berkesimpulan mengatakan bahwa Maria mempunyai anak-anak lain. Hal ini mungkin Yusuf sudah pernah berkeluarga sebelumnya. Memang tidak ada bukti. Tapi itu adalah ajaran gereja bahwa Maria tetap perawan sebelum dan sesudah Maria mengandung Yesus. Dan satu-satunya anak dari Maria adalah Yesus sendiri. Kita harus percaya hal ini kalau mau jadi orang Katolik. Karena itu adalah ajaran doktrin gereja.

 

Yesus dilahirkan di Betlehem. Dan mereka harus lari ke Mesir dan kembali lagi ketika ancaman Herodes berakhir. Kemudian mereka hidup di Nazaraet menetap di sana. Yesus dibesarkan disitu. Dan Ia kemudain belajar menjadi seorang tukang kayu dari Yusuf bapak-Nya. Dan saya sering memikirkan/membayangkan bahwa Maria sering memandang anaknya.

 

Yesus bertumbuh besar di hadapan Maria dan Maria melihat-Nya setiap hari dari seoerang anak  kecil, remaja dan orang dewasa. Dan Maria tak tahu apa yang akan dilakukan Yesus semua adalah rahasia baginya. Tentu saja Maria tahu siapa Yesus. Dia tahu Yesus Mesias. Dia tahu Yesus putra Allah tapi bagaimana persisnya nanti Yesus jadinya Maria tak tahu. Jadi selama 30 tahun sebelum Yesus melayani di depan umum Dia hidup seperti itu.

 

Ketika menghadiri pesta perkawinan di Kana.Yesus keluar dan mulai pelayanan-Nya di depan umum. Mukjizat air berubah jadi anggur. Maria mendatangi Yesus dan dia berkata kepada anak-Nya bahwa mereka tak punya anggur dan Yesus berkata kepada Maria, apa hubungannya itu dengan kamu dan aku, waktuku belum sampai.

 

Kita sering mendengar bahwa Yesus mengatakan bahwa waktu Ku belum sampai. Tapi sebetulnya yang mau dikatakan adalah waktu Ku sampai jadi Maria mengerti apa yang dikatakan Yesus. Dia mendatangi para pelayan dan mengatakan lakukan apa yang diminta-Nya.

 

Dan kita semua tahu bahwa Yesus mengubah ratusan liter air jadi anggur yang paling enak. Ini juga menjadi titik balik pada kehidupan Maria. Sebelum hal ini terjadi Yesus adalah anak Maria. Maria adalah ibu biologis dan Yesus adalah anaknya. Pada waktu pesta perkawaian di Kana hubungan ini berubah. Yesus menjadi gurunya /tuannya dan Maria menjadi murid/pengikut Yesus. Dan Maria tetap jadi murid Yesus sampai pada kebangkitan-Nya. Maria juga mendamping Yesus ketika Dia mati di salib. Maria berdiri di samping salib. Dan Yohanes juga berdiri di samping Maria.  Yesus berkata ibu inilah anakmu, sebutan hai wanita dan pada Yohanes dia bilang lihatlah ini ibumu.

 

Perhatikan Yesus menyebut ibunya woman, kenapa dia menyebut hal itu? Karena saat itu Maria adalah hawa yang baru. Dan sejak saat itu Maria jadi Bunda gereja. Sejak saat Yesus mengucapkan kata-kata itu dari atas kayu salib Bunda Maria adalah juga Bunda kita dan tentu saja ia membuat kita jadi anak-anak Maria.

 

Yesus memberikan Maria sebagai ibu kita. Diberikan oleh Yesus pada kita pada saat sakratul maut. Saat akan menunaikann tugas penyelamatan-Nya, Ia memberikan Maria kepada kita sebagai ibu kita. Dan saat itu Maria mewakili semua wanita. Jadi Yesus membuat pernyataan yang penting tentang wanita di dalam gereja dan dalam dunia. Karena Marialah wanita itu, ia mempunyai posisi yang unik dalam karya penebusan kristus.

 

Maria adalah wanita yang penuh iman. Pada permulaan sejarah manusia, Allah memanggil umat manusia,  apakah ada orang yang mau membantu aku untuk menebus anak-anak manusia. Allah memanggil manusia dan Maria menjawabnya dengan ya. Keselamatan ditawarkan diberikan kepada manusia dan diterima melalui Maria. Kristus adalah sabda yang diucapkan oleh Allah dan kata ya Maria merupakan jawabannya. Karena itu saya ingin anda memahami bahwa tempat Maria dalam kehidupan kita dan dalam gereja sangat sepesial. Dia adalah ibu dan sahabat kita.

 

Ada orang Pentakosta yang bertanya pada saya apakah kamu sudah terima Yesus sebagai Tuhan dalam hidupmu. Dan aku jawab sudah tentu saya menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidupku dan sebagai penyelamatku. Tahukah kamu tanyaku siapa orang yang pertama menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidupnya. Mereka agak bingung dan heran mendengar jawabannya.

 

Maria adalah orang pertama yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat. Maria menyerahkan seluruh hidupnya kepada Allah baik pikiran, tubuh. Imannya begitu teguh meskipun dia tak tahu apa yang akan terjadi. Ketika Maria menemukan Yesus di bait Allah. Yesus hilang 3 hari dan ditemukan di bait Allah. Tentu saja Maria sangat kuatir dengan anak yang dikasihinya ini. Ketika menemukannya dia pasti bilang Yesus tak tahukah kami sudah cari engkau kemana-mana dan Yesus menjawab apakah kau tak tahu bahwa aku harus ada di dalam rumah Bapa-Ku.

 

Dikatakan disitu baik Maria maupuh Yusuf tak mengerti apa yang dikatakan Yesus. Maria tak mengerti seluruhnya apa yang terjadi dalam diri Yesus tapi dia selalu pasrah pada kehendak Bapa. Bahkan ketika Maria berdiri di samping salib Yesus, mungkin kakinya basah oleh darah Yesus bahkan sampai sekarang Maria selalu menjawab ya pada kehendak Bapa. Ketaatannya pada Allah adalah ketaatan total. Dia mau menerima semua kehendak Allah. Penerimaam yang sangat total.

 

Maria sudah menjadi teladan bagi kita dan kita bisa melihat bagaimana hidupnya dalam injil. Mungkin Anda masih ingat satu teks tadi pagi tentang wanita yang ada di bait Allah? Ketika wanita ini mendengarkan Yesus apa yang ada dipikiran wanita itu adalah Maria. Dan wanita itu melihat seorang pemuda yang sangat menarik perhatian pandai berkata-kata. Kalau anaknya seperti ibunya seprti apa. Tapi waktu di bait Allah, Yesus sama sekali tak menyebutkan tentang Maria. Dia bisa saja berkata yang kamu maksudkan ibuku. Mungkin Yesus bisa menggambarkan ibunya. Bahwa ibunya baik sekali tapi Yesus tak berkata apa-apa.

 

Apa yang dikatakan kepada ibu itu oleh Yesus ialah berbahagialah mereka yang mendengarkan sabda Tuhan. Yesus tak pernah mengungkapkan rahasia yang ada dalam diri Maria. Selama hidupnya dia mungkin tak tahu.  Mungkin Yesus membiarkan ibu-Nya berada di tempatnya sendiri. Yesus meskipun tak terlalu menyebutkan tentang ibu-Nya tapi sangat mengasihi ibu-Nya. Beberapa hari yang lalu kami mengadakan pelayanan penyembuhan. Banyak orang sakit di sana. Disamping orang sakit ada seorang ibu, seorang istri, teman, suster, pokoknya wanita. Yang merawat orang-orang yang menderita ini.

 

Ada seorang di Perancis yang menulis buku tentang penciptaan. Dan dia menulis bahwa ketika Tuhan menciptakan dunia Tuhan menciptakan manusia paling akhir, karena manusia adalah puncak dari ciptaan. Ketika setan melihat hal ini, dia datang dan menggoda wanita ini. Siapa yang ditujun pertama kali? Ia langsung menuju pada wanita karena dia tak ingin supaya wanita itu seperti yang dikehendaki Allah. Karena Tuhan menciptakan wanita sebagai saluran rahmat kepeada dunia dan alam raya.

 

Yang dituliskan oleh pastor itu adalah wanita dipakai sebagai pengantara pada dunia dan setan tak ingin hal ini terjadi. Maka setan datang pada adam dan hawa utk menawarkan pengetahuan dan kuasa. Setan berkata kalau kau makan buah ini kau akan tahu segala sesuatu yang dikethui Allah, satu hal pertama yang mereka ketahui setelah makan buah itu adalah dosa dan kegelapan.

 

Anda tahu bahwa Allah belum menarik peran yang diberika pada wanita pada gereja dan dunia. Maria memang teladan yang paling sempurna yang kita miliki. Karena dia adalah ibu, melalui dialah semua saluran rahmat diberikan. Semua rahmat penebusan Yesus datang pada kita melalui Maria. Memang Maria bukan penebus kita. Yesus sajalah yang menebus kita tapi digambarkan tentang Maria seperti ini. Yesus adalah kepala gereja dan kita adalah anggota. Kita adalah anggota tubuh kristus. Yesus adalah kepala tubuh itu dan Maria adalah lehernya.

 

Jadi apa saja yang datang dari Yesus pada kita melewati Maria. Indah bukan? Peran Maria dalam penebusan Kristus sangat unik dan spesial. Kemarin sudah disebutkan Maria adalah ratu para nabi. Bagaimana Maria selalu menarik anak-anaknya pada Yesus.  Tidak pernah menarik kita pada dirinnya sendiri. Jadi kita butuh Maria sekarang. Lihatlah sekarang ini. Budaya popularisme yang mempengaruhi anak muda. Musik pop sebenarnya musik neraka. Semua disko dan mtv berasal dari neraka yang akan merusak anak-anak anda dan menghancurkan pikiran mereka. Akan merusak mereka dalam hal seksualitas. Mungkin anda bisa tertawa sekarang tapi ini suatu kebenaran.

 

Satan rules fashion, music etc. Mintalah pada Roh Kudus dan berdoalah pada Bunda Maria untuk menunjukkan apakah hal ini benar. Kalau pakaian putrimu tidak layak (like slut) tegurlah karena mode yang ada sekarang menurunkan martabat manusia.

 

Sekarang ini orang tak lagi bicara tentang kekudusan dan kemurnian. Saya tak tahu bagaimana di Indonesia tapi di belahan bumi utara hal itu sangat buruk. Ada banyak orang muda yang menyalahgunakan seksualitas juga aborsi terjdi di mana-mana. Orang berpikir bahwa mereka bisa menyingkirkan hukum alam dan melakukan segala sesautu seauai dengan kehendaknya. Saya hanya bisa mengatakan sampai berapa lama lagi Allah akan tahan menghadapi semua ini.

 

Kita perlu mewartakan Maria dengan segala kemurnian dan keindahanya. Kita perlu mengatakan pada orang muda tentang kemurnian dan keluhurannya. Kita perlu menyuruh orang muda untuk merangkul Bunda Maria dan menerima Maria sebagai ibu mereka.

 

Supaya Maria mengajarkan pada mereka bagaimana mereka harus mencintai diri sendiri dan orang lain. Yesus sudah benar-benar memberikan Maria sebagai ibu kita dan Maria mau menolong kita. Berdoalah padanya, pakailah medalinya, pakai skapulir, berdoalah rosairo.

 

Padre Pio mengatakan bahwa rosario seperti sebuah pedang raksasa yang ditaruh ditangan anak-anaknya untuk memerangi setan. Kita semua sekarang berada dalam medan perang. Kita perlu membawa senjata Maria dan perlu menggunakannya.

 

Mari berdoa.

Salam Maria...

 

 

 


    Informasi lain mengenai : EVANGELISASI :
  • PERTEMUAN DOA KARISMATIK
    Seminar Hidup Baru dalam Roh dimaksudkan menjadi pengantar kedalam hidup baru dalam Roh yang dihayati bersama-sama dengan orang-orang lain. Pengalaman membuktikan bahwa bila orang tidak menjalin hubungan dengan orang-orang lain yang menghayati hidup baru ini. Seminar tidak akan membuat perbedaan yang langgeng dalam hidupnya, dan hidup baru yang sudah dimulainya akan segera memudar. Lebih banyak dibutuhkan dan pada hanya Seminar saja. Karena itu harus dibuat suatu transisi dan Seminar kearah menjadi bagian dan kelompok atau komunitas. [lebih lengkap ...]

  • POLA PERSEKUTUAN
    Keunikan dari Persekutuan Doa Karismatik Katolik adalah: FOKUS KEPADA YESUS KRISTUS. Didalam Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat memfokuskan pikiran dan hatinya hanya kepada Yesus Kristus dan merasakan kasihNya yang tak terbatas.
    [lebih lengkap ...]

  • SEMINAR HIDUP DALAM ROH KUDUS
    Pembaruan Karismatik tidak berkehendak untuk mempromosikan perjalanan kembali yang simplistis dap sangat tidak historis ke Gereja Perjanjian Baru yang dicita-citakan meskipun pada waktu yang sama Pembaruan Karismatik mengakui peranan unik dari Perjanjian Baru dan peranan yang unik dari Kitab Suci sebagai penuntun yang berdasarkan norma untuk setiap generasi murid-murid Tuhan Yesus. Dengan tetap mengingat seruan Konsili Vatikan Kedua untuk aggiomamento (penyesuaian dengan perkembangan jaman), PKK berusaha menjadi pengurus yang baik yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya. (Mat 13,52). Perbedaan-perbedaan apa saja yang ada antara pembaruan- pembaruan yang terdahulu dan Pembaruan Karismatik, Pembaruan Karismatik berdiri dan ingin tetap berdiri dalam tradisi Katolik yang melahirkan kerasulan berkotbah dari ordo pengemis dalam Abad Pertengahan, latihan-latihan rohani Santo Ignasius, gerakan-gerakan liturgis dan gerakan-gerakan kerasulan dan gerakan rohani yang lain. Tekanannya mungkin berbeda, tetapi Pembaruan Karismatik juga ingin mengajak semua orang kepada pertobatan dan ingin memperbarui orang beriman yang kurang beriman yang terhambat oleh atheisme dalam budi dan dalam hati.
    [lebih lengkap ...]

  • TRADISI KATOLIK
    Banyak orang bertanya, apakah gerakan Karismatik Katolik adalah sungguh-sungguh “Katolik”. Pertanyaan ini muncul karena banyaknya perbedaan didalam tradisi gereja Katolik dengan apa yang terjadi didalam Persekutuan Doa Katolik Karismatik. [lebih lengkap ...]

  • Persekutuan Doa yang dicita-citakan
    Eddy Partadinata dan Roy Setjadi berbicara tentang Peranan kelompok Persekutuan Doa dengan mengambil dasar dari Ron Ryan.Di dalam session ini Eddy Partadinata mengemukakan bahwa PDKK mengembangkan suatu Visi yang menyatu di dalam Visi dan Misi Paroki. [lebih lengkap ...]

  • Perubahan Istilah dari Seminar Hidup Baru menjadi Seminar Hidup dalam Roh
    Istilah dalam bahasa Inggrisnya Life in the spirit seminar dianggap lebih cocok diterjemahkan sebagai Seminar Hidup dalam Roh. Seminar Hidup Baru sendiri banyak yang mengartikan seolah-olah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan telah dibaptis belum memiliki hidup baru dan belum memiliki Roh Kudus.  Ini merupakan kesan yang salah!! [lebih lengkap ...]

  • Mari Wartakan Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib!

    Patti Gallagher Mansfield, salah seorang peserta retret akhir pekan di  Duquesne, mendorong setiap orang untuk memberikan kesaksian pribadi kepada tetangga dan para teman mereka tentang apa yang Tuhan telah lakukan dalam hidup mereka.Seraya kita merayakan ulang tahun Pembaruan Karismatik Katolik yang ke 40 ( 1967-2007, red) , aku lebih diyakinkan dari yang sudah sudah bahwa  kesaksian pribadi itu merupakan satu sarana terpenting yang kita miliki dalam evangelisasi.  Kesaksian pribadi merupakan sarana menyebarkan pencurahan roh jauh dimasa-masa awal gereja, jauh sebelum adanya website dan email. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (1)
    Allah itu Maha Pengasih; Ia telah mengasihi manusia sejak awal mula penciptaan. Tetapi manusia pertama, Adam dan Hawa, jatuh ke dalam dosa, sehingga mereka diusir dari Taman Eden. Walaupun demikian Allah tetap  mengasihi manusia, dan Ia ingin membina hubungan pribadi dengan setiap manusia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ia mengutus PuteraNya yang terkasih, Yesus Kristus, ke dunia. Yesus rela menderita, di-ejek, dihina, bahkan sampai mati disalib, lalu bangkit untuk menyelamatkan kita semua. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (2)
    Menurut Paus Paulus VI, karunia-karunia karismatis adalah karunia-karunia dari Allah yang membuat Gereja lebih kaya, lebih bersemangat, lebih mampu menjadi tanda dan membuktikan diri ... [lebih lengkap ...]

  • Mengenal SEP/KEP
    Dampak ikut SEP atau KEP dalam umat diharapkan mereka lebih aktif hidup menggereja dan memasyarakat,yang tertidur bangun, yang mlempem giat kembali. [lebih lengkap ...]

  • Pola Menjadi Murid Kristus
    Dengan jiwa besar dan lapang dada, Yohanes Pembaptis menunjukkan Anak Domba kepada murid baptisnya. Dengan demikian ia pun siap ditinggalkan mereka, karena tugasnya adalah mempersiapkan jalan Tuhan. Dan pada saat ia membaptis Yesus, ia sudah tahu bahwa tugasnya akan segera berakhir. Ia akan semakin kurang dikenal dibandingkan Yesus yang datang belakangan. Karena ia adalah seorang yang berseru-seru di padang gurun dan mempersiapkan jalan Tuhan [lebih lengkap ...]

  • MENYEMBAH PENYEMBAHAN ??
    Saya sering diminta memberi Seminar tentang Pujian dan Penyembahan dalam persekutuan –persekutuan doa di Jakarta maupun di luar Jakarta. Seperti biasa bahwa pujian dan penyembahan diakui oleh kalangan karismatik sebagai jantung dari persekutuan doa namun ternyata “jantung” ini justru sering kali juga bermasalah bahkan ada yang memerlukan “by pass” saking berbahaya kondisinya bagi persekutuan tersebut. [lebih lengkap ...]

  • St. THOMAS AQUINAS, IMAM DAN PUJANGGA GEREJA (1225 - 1274)
    Seorang pertapa suci bernama Buono, datang ke kastil Rocca Secca dan membuat ramalan agung kepada Theodora (sang ibunda). Ia berbicara dan menunjuk ke gambar St. Dominic (waktu itu belum menjadi Santo). Ketika itu Thomas belum dilahirkan.“Hai nyonya, berbahagialah, karena engkau akan memiliki seorang anak yang akan dipanggil Thomas . Kau dan suamimu menginginkannya untuk menjadi Pemimpin biara Benedictin di Monte Cassino, dengan harapan ia akan hidup berkelimpahan. Tetapi Tuhan menginginkan lain, karena ia akan menjadi seorang biarawan ordo pengkotbah, Dominikan. Begitu agung dan kudus, dan tidak akan ditemukan dibelahan bumi lainnya, pribadi seperti dia!” [lebih lengkap ...]

  • Pesan Paus untuk Hari Komunikasi sedunia ke 36
    Saudara-saudari yang terkasih, 1. Gereja Perdana melaksanakan tugasnya dimulai dengan peristiwa Pentakosta, disaat Para Rasul, dalam kuasa Roh Kudus pergi ke jalan-jalan Yerusalem untuk mewartakan Injil Yesus Kristus lewat berbagai macam bahasa ( Kis. 2, 5-11 ). Dengan keberhasilannya sejak zaman purba, maka kini Injil tetap diwartakan di seluruh dunia, sehingga Kristianitas dapat berakar pada setiap tempat dan menggunakan berbagai ragam bahasa setempat. Karena itu mewartakan Injil kepada segala bangsa selalu harus mendasarkan kepada ketaatan kepada Yesus Kristus sendiri ( Mt. 28, 19-20 ) [lebih lengkap ...]

  • 25 Gejala-Gejala Kemerosotan Rohani

    Anda tentu ingat ketika pertama kali Anda menjadi seorang Kristen, bagaimana hati Anda terbakar dengan semangat yang kudus dan ucapan syukur, dan Anda merasakan keharuan ketika membaca Firman Tuhan atau menyanyikan pujian. Anda siap pergi ke bagian dunia yang terjauh untuk memberitakan Injil, apapun yang terjadi. Akan tetapi tidak lama semangat dan antusiasme itu mendingin. Anda tidak lagi bersemangat seperti dulu. Anda mulai menyadari kelemahan dan kegagalan-kegagalan Anda. Anda mulai merasakan perjuangan melawan dosa begitu sengit. Anda tidak lagi merasa pantas dikirim sebagai misionaris ke Tibet . [lebih lengkap ...]

  • The charisms of movements must be welcomed by the church
    In his speech Saturday, the Holy Father underscored the various gifts with which the ecclesial movements and the new communities have enriched the Church, especially since the Second Vatican Council: effective Christian formation, the witness of fidelity and obedience to the Church, missionary zeal, care for the poor, and a wealth of vocations. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, Lembah Karmel, Cikanyer(Sr. Briege McKenna, OSC & Fr. Kevi
    Tema-tema dari ketujuh sesi yang dibawakan secara garis besar adalah tentang; Baptis Roh Kudus dan Hidup Baru dalam Roh, Ekaristi, Pewartaan Injil, Penyembuhan, Peran sentral Maria dalam Gereja dan karya Penyelamatan Tuhan, dan Kehadiran Yesus yang sungguh dalam sakramen Maha Kudus. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 1
    Alasan mengapa kita ada disini adalah kita ingin bertemu Yesus Kristus. Ribuan orang berkumpul dengan berbagai alasan. Allah melihat setiap Anda masing-masing. Yesus knows the name and the face of everyone here this week end. That s the reason why we re going to have wonderful lessons these days. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 2

    Lord we ask you to send your holy spirit to our heart. Roh Kudus, Allah selalu mengajar hati orang-orang yang percaya, ajarilah kami hari ini. Biarlah kami bisa mendengar dengan hati kami dan semoga Engkau mau berbicara kepada kami dengan jelas.Sessi pagi ini kita mulai dengan doa Bapa kami yang diajarkan oleh Yesus. Semalam sr Briege mengatakan salah satu yang akan dibahas adalah Roh Kudus. Tahun kemarin Bapa Paus melakukan sesuatu yang tak biasa dilakukan pada hari Pentakosta. Ia mengundang banyak orang karismatik untuk berdoa malam di Basilika st Petrus bersamanya. Aku kira ini pertama kalinya terjadi kalau ada seorang paus yang minta satu kelompok untuk doa bersama dia.

        [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 JANUARI 2005, (SR. BRIEGE MCKENNA & FR. KEVIN): SESI 3
    Sore hari ini aku akan berbicara tentang 1 karunia yang sangat penting yang diberikan Tuhan pada kita. Aku akan mulai dengan menceritakan 2 kisah. Dan kalau Anda bertanya pada diri sendiri, apa yang akan Anda lakukan seandainya Anda menjadi orang yang ada dalam ceritaku nanti.Pertanyaan selanjutnya ialah mengapa orang itu harus melakukan seperti itu. Di Irlandia ada seorang wanita yang bernama Margaret. Ia menikah dan hidup di Dublin. Kalau Anda tahun tentang sejarah ada orang yang bernama Cromwel datang ke Irlandia dan membunuh banyak orang Katolik. Di gereja dan orang Katolik banyak yang dibunuh, ini adalah satu upaya untuk melenyapkan gereja Katolik. Kalau ada orang yang pergi ke misa atau melayani pastor pasti berarti mati. Kalau Anda tak ke gereja Katolik tapi ke gereja yang dikepalai oleh raja atau ratu maka akan dapat hidup enak. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 5

    Mari Berdoa:

    Yesus aku menyembah-Mu. Aku mengundang Engkau untuk datang Yesus. Datanglah dan kuasailah sessi ini sekarang. Datanglah Tuhan Yesus dan penuhi kami dengan kasih-Mu. Biarlah kami tetap mengarahkan pandangan kami pada-Mu. Dan mengakui bahwa Engkau satu-satu-Nya yang punya kuasa pada kami. Bunda Maria kami bersyukur karena engkau mau menjadi Bunda kami. Doakan kami hari ini supaya damai sejahtera dan kasih Yesus Kristus dapat mengalir ke dalam diri kami amin. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 7
    Saya akan menjelaskan apa yang akan terjadi malam ini. Sebentar lagi akan dibacakan teks kitab suci dan sesudah itu sr Briege akan bicara lagi. Setelah sr Briege selesai akan ditahtakan sakramen mahakudus. Kita akan doa, puji dan nyembah dan nyanyi. Nanti saya akan berjalan keliling dengan montrans dan memberkati Anda. Sementara saya berkeliling sr Briege akan berdoa bagi penyembuhan Yang anda minta.

    Mari berdoa

    Tuhan Yesus kami datang untuk menyembah dan memuji Engkau malam ini. Kami datang ya Tuhan karena kami percaya hanya Engkau yang punya kuasa untuk menyembuhkan kami. Kami mohon curahkan Roh Kudus kepada kami malam hari ini. Kami datang dengan iman yang terbuka dan penuh pengharapan. Kami datang karena ingin disembuhkan secara rohani dan dalam hal-hal lain. Kami mohon Bunda Maria daokanlah kami dan berdoalah bersama kami. Amin. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005: Sessi 4

    Aku akan mengacu pada Kitab Suci.Mari berdoa: Tuhan Yesus, kami mengakui Engkau sebagai Tuhan dan juruselamat kami. Kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau sudah menyertai kami dan hidup bersama kami. Utuslah Roh Kudus mu ke atas kami. Berikanlah kami ya Yesus supaya kami boleh memperoleh roh mu. Bunda maria doakanlah kami supaya kami bisa terbuka pada Yesus dan sabdanya. [lebih lengkap ...]

  • St. JOSEPH FREINADEMETZ ( 1852 - 1908)

    Joseph Freinademetz berasal dari Oies, sebuah dusun kecil yang menjadi bagian dari desa Badia,

    di tengah-tengah pegunungan Dolomites yang megah sekali. Rumah kelahirannya telah menjadi sebuah rumah doa di mana para peziarah dan para turis senang berhenti di sana untuk mengalami saat   hening,   tenang   dan   damai.   Mereka   meletakkan   ketegangan-ketegangan,   kecemasan- kecemasan  dan  hal-hal  yang  menjadi  buah  pikiran  mereka  di  depan  gambar  santo  ini.  Orang- orang  setempat  amat  berdevosi  kepada  `Ujöp  da  Oies ,  dan  engkau  akan  menemukan  gambar santo ini di hampir seluruh rumah di Val Badia dan Tyrol Selatan.Setiap gereja paroki di desa ini mempunyai  sebuah  sudut  yang  dibaktikan  kepada  misionaris  besar  ini.  Di  Alto  Adige  ada  dua gereja dan beberapa kapel yang memakai namanya. [lebih lengkap ...]

  • Melayani dengan Kuasa Roh Kudus
    Manusia cepat mengenali masalah, tapi lambat mengenali rahmat. Tak jauh berbeda dengan pengalaman para rasul. Pengalaman kehilangan Yesus membuat mereka menjadi takut. Lihat Petrus yang menyangkal Yesus, Maria Magdalena dan dua murid yang berjalan ke Emmaus yang dibutakan oleh ketakutan mereka atau para murid yang berkumpul bersama di ruang atas dalam ketakutan. [lebih lengkap ...]

  • Pemimpin Yang Visioner

    Visi adalah Motivator

    Tiga orang pria sedang bekerja disebuah konstruksi bangunan. Masing-masing sibuk dengan sekop, batu bata dan adukan semen. Seorang pejalan kaki menghampiri pria yang kelihatan sedang bekerja itu dgn malas-malasan dan bertanya, “apa yang sedang Anda kerjakan? Ia menjawab dengan cemberut, “Saya sedang memasang batu bata”.

    Pejalan kaki itu kemudian bertanya kepada pria yang lain yang kelihatan sedikit antusias dan mengajukan pertanyaan yang sama. Ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun tembok”. Kemudian ia bertanya ke pria yang ketiga yang tengah serius bekerja, bersemangat dan kelihatan tidak mau terganggu. Ketika ditanyakan hal yang sama, ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun Katedral”. [lebih lengkap ...]

  • PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK (PDKK)
    Seakan sedang menonton sebuah penayangan acara laporan di televisi layar datar, saya mengingat kembali kondisi Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK-PDKK) di Indonesia.
    Arti kalimat pembuka ini : saya dapat melihat dengan jelas  keadaan PDKK di berbagai tempat. Secara global, persentasi jumlah PDKK yang kwalitasnya (termasuk kwantitas umatnya) mengalami penurunan / kemerosotan, jauh lebih signifikan daripada jumlah PDKK yang mengalami peningkatan dalam ke dua hal tersebut. Apabila keadaan ini tidak mendapat perhatian istimewa dari Badan Pelayanan Keuskupan (BPK-BPK) dan para pengurus PDKK-PDKK, maka situasi ¡§hidup segan mati tak mau¡¨ akan menjangkiti sebagian besar dari PDKK yang ada [lebih lengkap ...]

  • Perjanjian
    Perjanjian adalah suatu persetujuan (kontrak) antara dua orang (kelompok) untuk mencapai suatu tujuan dengan syarat-syarat tertentu. Dalam proses, perjanjian membentuk suatu pertalian khusus antara kedua pihak, yang mengikat mereka untuk memenuhi syarat-syarat perjanjian pada waktunya. Pertalian khusus antara kedua pihak menjadikan mereka istimewa satu terhadap yang lain. Biasanya perjanjian diadakan oleh dua pihak yang setara (sama derajatnya). Jadi perjanjian antara Tuhan dan manusia adalah perjanjian luar biasa, karena Tuhan yang mahatinggi mau mengadakan perjanjian dengan manusia yang rendah derajatnya. [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.