Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | PENGALAMAN IMAN | INFO KEGIATAN | SEJARAH KARISMATIK | TOKOH PKK | ORGANISASI PKK |

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Pusat Informasi : INFO KEGIATAN
BEDAH BUKU INJIL APOKRIF-MENGUAK INJIL-INJIL RAHASIA

Items


18 Desember 2007

 

Bedah Buku Injil Apokrif-Menguak Injil-Injil Rahasia

 

Romo DR. T. A. Deshi Ramadhani, SJ 

Katedral Jakarta, 17 November  07

 

 

Motivasi mengapa tiba-tiba Rom Deshi mendalami Injil Apokrif

Ada begitu banyak buku yang menjadi best seller, misalnya The Da Vinci Code  yang tiba-tiba membuat orang-orang sadar bahwa ada injil-injil lain seperti Injil Maria Magdalena, Injil Filipus dan sebagainya, yang sebelumnya mungkin tak pernah disadari oleh banyak orang. Kemudian filmnya dibuat dan tahun lalu juga terbit Injil Yudas yang dipulibkasikan menjelang paskah dan lalu menjadi heboh karena dianggap akan menjungkir-balikkan segala hal kekristenan. Lalu  ada buku lain yaitu Jesus Dynasti yang ingin mengorek dasar tentang Kristus, buku ini juga didukung dengan dokumen dari injil di luar Injil yang kita punya. Lalu ada kuburan Yesus, tiba-tiba saja Yesus kuburan--Nya ditemukan dan pembuktian yang dipakai sebagai dasar adalah teks-teks di luar Kitab Suci.

 

Satu hal yang bisa dikatakan, munculnya hal-hal semacam ini, berkat di balik semua ini adalah  semakin banyak orang sadar bahwa Kitab Suci kita tak jadi seketika. Kitab Suci yang kita punya, kitab Perjanjian Baru kita muncul setelah lewat proses yang begitu panjang sehingga kita sebetulnya mendapat dasar yang cukup kuat akan keyakinan kekatolikan kita yaitu tradisi. Kitab Suci terbentuk juga lewat proses tradisi, dalam iman kita berpegang pada Kitab Suci, tradisi dan magisterium. Pengalaman 1 atau 2 tahun ini  berhubungan dengan tradisi maka ini bukan pengalaman yang menggoncangkan kita tapi harusnya mengokohkan kepercayaan kita bahwa ada kekayaan dalam tradisi sehingga kita tak bisa lepas dari pengalaman bahwa Kitab Suci terbentuk lewat tradisi.

 

Kalau Anda mengamati publikasi-publikasi itu maka akan mendapatkan suatu kesimpulan bahwa publikasi tersebut muncul menjelang pesta-pesta besar. Dinasti Yesus, diterbitkan menjelang natal.  Injil Yudas seputar paskah, jadi natal dan paskah yang akan datang mungkin akan ada temuan baru lagi yang bisa laku keras.

 

Beberapa pokok tentang pertanyaan-pertanyaan besar mengapa kita punya tulisan injil-injil rahasia.

 

Proses penyusunan:

Yesus wataf tahun 30 an Masehi,  surat-surat Paulus yang pertama adalah 1 Tesalonika yang merupakan tulisan paling tua dalam Perjanjian Baru, ditulis antara tahun 50-60 dan dilanjutkan menjelang abad pertama.

 

Injil markus yang pertama ditulis tahun 70 an. Ada peristiwa besar yaitu kenisah atau bait Allah dihancurkan. Injil Matius dan Lukas kurang lebih pada masa yang sama tahun 80-90an. Injil Yohanes selesai tahun 100 M, sehingga biisa dilihat. Setelah Injil Yohanes, keempat Injil selesai ditulis.

 

Dan yang terjadi kemudian adalah mulai abad kedua, mungkin sudah menjelang akhir abad pertama, sudah mulai ada beberapa tulisan, khususnya abad kedua 120-150-200 ada begitu banyak tulisan yang muncul, bahkan secara jelas menyebut tulisan-tulisan tersebut sebagai Injil. Kata Injil dipakai sebagai judul dalam tulisan-tulisan itu dan selalu menggunakan nama-nama orang-orang yang dekat dengan Yesus, misalnya para rasul atau para murid yang lain maka kita mendengar ada Injil Tomas, Injil Petrus, Injil Filipus, bahkan Injil Maria magdalena, surat Bartolomeus dan segala macam yang berkaitan dengan Yesus. Yang dipakai adalah nama para tokoh penting karena orang-orang ini dianggap dekat dengan Yesus sehingga punya wiabawa, punya otoritas.

 

Nama-nama  ini dipinjam untuk memperlihatkan supaya apa yang ditulis menarik perhatian umat dan agar dibaca serta diterima sebagai otoritas. Apakah orang-orang ini yang menulis? Tidak? Jangan tanya kapan Yudas menulis injilnya karena dia sudsh mati ketika injil itu jadi, Maria juga tak menulis injilnya. Nama Maria Magdalena, Yudas  atau naja lainnya adalah nama-nama yang dipinjam sepaya teks tersebut punya wibawa dan ketika ditulis kemungkinan mereka sudah meninggal.  Kemudian menjadi agak reda baru pada abad ke empat tapi tak berhenti di situ nanti masa reformasi, dalam konsili Trento masih ada usaha untuk merevisi kanon kitab suci Perjanjian Baru.

 

Bagian-bagian kisah Yesus yang kurang

Kalau membaca keempat Injil, Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, ada sedikit latar belakang Yesus yang dilahirkan. Ada sedikit latar belakang berita tentang Maria atau Yesus. Tapi kita tak tahu sebelum Yesus lahir. Kita tahu kapan Yesus disunat, tertinggal di bait Allah tapi kita tak tahu masa kecil Yesus sampai umur 12 tahun. Kita tak punya datanya, ada bagi yang hilang atau tidak lengkap. Kita tak tahu apa-apa karena setelah berusia 12 tahun tahu-tahu Yohanes Pembaptis muncul dan  Yesus dibaptis, kita tak tahu apa yang terjadi pada Yesus saat Dia tertinggal sekitar usia 12 tahun sampai usai sekitar 30 tahun, kita tak tahu masa remaja-Nya, di mana Dia belajar, apakah Dia pernah jatuh cinta, darimana Dia belajar tentang cara berkhotbah, kita tak tahu semua itu.

 

Usia 30 tahun Yesus mulai berkarya selama 3 tahun lalu wafat. Kita tak tahu apa yang terjadi sejak Yesus wafat sampai hari ke tiga. Yesus di dunia orang mati ngapain aja. Kemudian dalam Injil kita hanya tahu bahwa kuburan/makam Yesus kosong dan Yesus menampakkan diri, kita tak tahu bagaimana persisnya kebangkitan itu terjadi. Ada Bagian-bagian yang kurang maka  ketika abad kedua muncul, tulisan-tulisan tadi yang meminjam nama para rasul, salah satu tujuan penulisannya adalah untuk melengkapi bagian yang kurang maka nanti kita akan melihat ada kisah yang melengkapi bagian yang kurang itu. Yang menjadi ciri injil-injil rahasia adalah untuk melengkapi.

 

INJIL LUKAS 1:1-4

Kita punya bukti yang terjadi setelah peristiwa Yesus. Kalau Anda buka lukas 1:1-4. pengantar mengatakan banyak orang telah berusaha yaitu mereka yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan firman. Lihat otoritas Kitab Suci diakui jika penulisnya adalah saksi sejak awal, dengan kata lain orang-orang yang dekat dengan Yesus, tapi sejak Lukas menulis, sudah ada banyak orang yang menulis juga, lalu Lukas mengatakan setelah menyelidiki dengan seksama dari asal mulanya, lalu Lukas mengambil keputusan.. Lukas sudah sejak tahun 80-90 merasa bahaya  karena ada begitu banyak orang digerakkan dan merasa punya dasar yang sah dan punya wibawa untuk menulis tentang Yesus. Tapi tak seluruhnya benar maka Lukas mencoba menulis supaya semua ini benar.

 

Asal usul tulisan di luar Kitab Suci

Masa abad kedua banyak orang ingin menulis tentang Injil, banyak orang yang ingin menjelaskan tentang Yesus. Dan salah satu cirinya adalah masing-masing wilayah bahkan gereja lokal punya tulisan-tulisan mereka sendiri, tergantung siapa tokoh dari para rasul yang berperan di wilayah itu.  Misalnya di daerah Yudea, Yerusalem dan sekitarynya,Yakobus begitu berperan sehingga muncul tulisan-tulisan yang berhubungan dengan Yakobus, ada kisah kenaikan Yakobus, rahasia Yakobus, Dua Yakobus, protoinjil Yakobus, dikisahkan setelah Yesus pergi, Yakobuslah yang melanjutkan.  Di Mesopotamia - Irak, Tomas sangat berperan maka muncul Injil Tomas, kisah-kisah Tomas, kitab Tomas si peragu, ada Injil kanak-kanak menurut Tomas. Di Samaria ada Petrus, di Siria Petrus, Filupus dan Paulus.

 

Semua tentang para rasul, maka hal yang membedakan tulisan dengan keempat Injil Matius, Markus, Yohanes, Lukas dari tulisan ini adalah tulisan-tulisan ini sangat terikat pada sebuah tempat, tak tersebar, diakui sebagai Kitab Suci pada wilayah-wilayah itu saja sementara Matius, Markus, Yohanes, Lukas sudah sejak akhir abad pertama menjadi tulisan yang diakui sebagai tulisan suci di mana-mana sehingga cirinya adalah tersebar, umum, universal, Katolik.

 

Hal lain yang perlu diingat adalah pada waktu itu semua penulis baik Paulus ketika menulis surat, maupun Markus ketika menyusun Injil atau Lukas ketika nyusun injuil dan Kisah Para Rasul, mereka tak berpikir atau merencanakan untuk membuat sebuah Kitab Suci yang baru. Dalam keyakinan mereka sebagai orang Yahudi, mereka sudah punya Kitab Suci dalam bahasa Ibrani, Kitab Suci orang Yahudi maka yang disebut Kitab Suci bagi mereka adalah itu. Kalau baca surat 2 Tim, ingatlah bahwa Kitab Suci sejak dulu berperan dalam hidupmu berguna untuk mendidik, mengajar.. perbuatan baik..  yang dimaksud di sini adalah Kitab Suci orang Yahudi. Apapun dalam Kitab Suci Perjanjian Baru kita, ketika bicara tentang Kitab Suci maka yang dimaksudkan adalah Kitab Suci Yahudi jadi para penulis itu tak pernah punya pikiran bahwa suatu hari ada Kitab Suci Perjanjian Baru. Maka mereka menulis karena merasa butuh, kalau baik disalin dan disebar dsb.

 

 

PROSES SELEKSI

Pokok paling penting, banyak orang berpikir bahwa ada banyak orang sudah terlanjur diyakinkan oleh Dan Brown yang mengatakan pada abad-abad pertama gereja ada banyak tulisan yang sengaja disensor, dilarang, disembunyikan, dibuang oleh para pemimpin gereja ketika itu karena mereka merasa terancam kalau kemapanan mereka digangu. Jadi muncul apa yang disebut sebagai teori konspirasi bahwa dibalik layar ada Bapa uskup, Bapa gereja yang diam-diam menyensor jangan sampai status kita terganggu. Tapi kalau melihat sejarah, kenyataannya tak seperti itu. Lihat gambar Yesus prokem siapa bilang ini Yesus? Mirip Yesus, rambut gondrong, brewok tapi kok pakai blue jeans, t-

shirt, bertatto meskipun tulisannya I love my father, ada salib dan gambar hati, Yesus berotot. Berarti dalam diri kita, dalam diri Anda masing-masing sudah ada konsep tentang Yesus yang entah bagaimana dibentuk meungkin dari guru agama, orang tua, film, gambar yang pernah Anda punya, ada gambaran tentang Yesus yang harusnya begini sehingga kalau muncul gambar yang rada mirip tapi tak 100% cocok Anda ragu ini Yesus atau bukan.

 

Ini yang terjadi waktu tulisan itu muncul. Proses pertama tulisan yang muncul itu digunakan dalam kebaktian di Yudea mengambil kisah tentang Yakobus, Mesopotamia mengambil kisah tentang Tomas. Jika sebuah tulisan berguna  bagi iman maka akan ada orang yang menyalin. Jika kemudian berguna juga akan disebarkan. Jika tidak berguna akan tidak dipakai. Jika sebuah teks mulai dirasa menimbulkan kegelisahan maka pelan-pelan tak dipakai, disingkirkan, mungkin tak disalin, tak dirawat dan mungkin hilang. Baru kemudian karena tak mungkin setiap kali mau kumpul orang bertanya bolehkah baca Injil Tomas, Wahyu Yakobus, Protoinjil Yakobus karena tak mungikn di Samaria bertanya, Yudea tanya, Mesopotamia tanya, jadi muncul tokoh gereja seperti Iranueus, Atanasius, yang menyatakan menurut saya yang ini salah karena menyesatkan, bisa tak sesuai dengan yang diyakini ketika itu maka yang ini tak dipakai, yang dipakai cuma Matius, Markus, Yohanes dan Lukas yang lain jangan lagi dipakai. Dengan kata lain. Proses seleksi kanon itu tak dimulai dari pemimpin gereja yang menentukan. Seleksi kanon dilakukan oleh jemaat sendiri yang pelan-pelan memiliki kepekaan kalau kita yakin sebuah tulisan diilhami Roh Allah sendiri jemaat dimanapun pelan-pelan memilik kepekaan yang sama untuk bisa menilai bahwa tulisan ini bukan dari Roh Kudus, yang ini iya, yang ini meragukan, yang ini pasti tulisan suci. Ada kepekaan yang tumbuh dan dalam iman kita percaya itulah karya Allah dalam jemaat. Baru kemudian Bapa gereja menyusun sebuah daftar yang disebut kanon.

 

Gnostisisme

Ada bagian yang hilang sehingga ciri tulisan-tulisan itu adalah untuk melengkapi tapi pada abad kedua juga gereja di buat repot oleh sebuah aliran yang disebut sebagai gnostisisme. Gnostisisme berasal dari kata Yunani, gnosis berarti pengetahuan. Kenapa disebut sebagai gnostisisme karena ada pengetahuan. Orang hanya bisa selamat jika dia mendapat pengetahuan, mendapat gnosis yang khusus yang rahasia supaya dia sadar tentang keadaannya., Sehingga gnostisisme mengajarkan bahwa yang selamat, yang akan diselamatkan tidak semua hanya orang-orang yang mengalami menerima gnosis. Dia bisa terbuka dan bisa selamat.

 

Selamat dari apa? Selamat dari sebuah keadaan misalnya gnostisisme berkata jiwa manusia adalah percikan-percikan ilahi. Salah satu cara untuk membayangkan gnostisisme adalah membayangkan kembang api yang terpencar-pencar, suatu hari ada salah satu dewa atau dewi yang sedang memancar, lalu salah satu percikannya ditangkap oleh kekuatan-kekuatan lain,  untuk itu supaya bisa dipenjara mereka menciptakan tubuh manusia. Berarti pencipta bukan Allah. Allah tertinggi bukan yang menciptakan manusia. Yang lebih rendah yang menciptakan. Manusia adalah ciptaan yang kalau dalam bahasa produksi tidak lolos quality control, product defact yang dijual secara obral karena sebetulnya allah yang lebih rendah tadi tak sedang berencana membuat manusia.

 

Salah satunya adalah mereka juga dalam perkembangannya melawan bahwa Allah pencipta adalah Allah pl sehingga mereka menolak pl juga. Karena itu juga ada perbedaan antara jiwa dan tubuh. Tubuh, materi itu jahat. Jiwa terpencara dalam tubuh. Ketika orang menerima gnosis, pengetahuan rahasia diat ahu bahwa jiwanya terpenjara sehingga berusaha untuk dibebaskan dari tubuhnya kembali ke asal usulnya. Ini yang merepotkan selain tulisan-tulisan yang ingin melengkapi ata pula tulisan-tulisan yang ingin menggantikan apa yang sudah ada. Kalau sebelumnya dikatakan Allah pencipta adalah Allah yang mahatinggi gnsotik mengatakan bukan Allah yang mahatinggi yang mencipta. Yesus memberikan nosis secara rahasia pada orang tertentu. Ada yang ingin melengkapi dan menggantikan atau sekaligus keduanya.

 

ISTILAH-ISTILAH

-         kanonik –non kanonik, kanon berarti ukuran, penggaris, meteran, kayu untuk mengukur, di kemudian hari sebuah tulisan akan diukur berdasarkan isinya apakah benar sesuai dengan ajaran atau keyakinan iman yang sehat atau tidak. Tulisan-tulisan yang sesuai dengan ukuran iman itu disebut sebagai tulisan kanonik. Di kemudian hari kanon berarti daftar sehingga yang kita punya di sini, semua yang ada di Kitab Suci adalah tulisan-tulisan kanonik, semua yang di luar Kitab Suci adalah tulisan non kanonik.

-         Orthodox (resmi) dan unorthodox (tidak resmi) maksudnya untuk mengukur kenapa ini muncul, karena dilakukan oleh para pemimpin gereja ketika itu untuk menjamin bahwa iman itu tetap lurus sehingga ada istilah orthodox dan unorthodox.

-         Apokrif berarti rahasia, tersembunyi, disembunyikan, bisa dalam arti confidential. Ada sebuah surat di kantor Anda yang hanya boleh dibaca oleh orang tertentu lalu dicap confidential. Tak boleh semua orang baca. Karena kalau dibaca orang lain dia tak akan mengerti dan bingung. Jadi ada tulisan yang dikhususkan tak dibaca oleh semua orang. Di kemudian hari terbukti bahwa tulisan ini tak semua benar. Aporkif berarti tulisan-tulisan yang dilarang atau dirahasiakan maka bisa dikatakan tulisan aporkrif adalah tulisan yang tak boleh dibaca lalu Dan Brown main di sini, dia berkata kenapa muncul apokrif karena pemimpin gereja merahasiakan jangan sampai kedudukan mereka terancam .

-         Gnostik, gnosis adalah pengetahuan. Dipengaruhi oleh aliran gnostisisme. Berarti ada injil-injil, tulisan-tulisan non kanonik yang bercirikan gnostik. Tapi ada juga tulisan-tulisan non kanonik yang tak bercirikan gnostik. Tulisan atau ciri gnostik pasti bertujuan untuk menggantikan yang sudah ada. Tulisan-tulisan yang tak bercirikan gnostik kemungkinan besar untuk melengkapi yang masih kurang.

 

Kia pindah ke Mesir

Di mesir, ada tempat yang bernama Nag Hammadi. Lama sebelum tahun 45-48 kita tahu bahwa ada injil-injil lain. Ada injil-injil rahasia tapi kita hanya tahu judul-judulnya dari tulisan-tulisan para Bapa gereja yang menghukum mereka. Misalnya Ereneus yang palihng gencar melawan segala aliran sesat, bidaah, sehingga kita hanya tahu untuk sekian lama ada judul-judul itu tapi kita tal tahu ada apa dengan isi yang sebenarnya. Di Nag Hammadi ditemukan sekumpulan tulisan dalam bahasa Kop yang berisi tulisan-tulisan yang selama ini hanya kita ketahui berdasarkan judulnya, jadi kita bersyukur ada tulisan ini. Dekat sana ada pertapaan St Pachomius. Kemungkinan besar pada waktu itu yang bisa menyalin tulisan ini, kita belum punya mesin cetak, belum semua bisa menmbaca menulis, pusat penyalinan ada di pertapaan-pertapaan. setelah ada pernyataan dari Bapa-Bapa gereja bahwa tulisan-tulisan tertentu itu dilarang karena sesat mungkin ada satu atau beberapa orang dari St pachomius tak mau mengalah, tak rela teks yang disalin dibakar maka yang terjadi mereka menyembunyikan tulisan-tulisan itu supaya tak dibakar, dipendam dalam sebuah gentong yang dipendam dalam tanah dan karena tanah di situ kering maka tulisan itu tidak hancur dan pada tahun 1945 ditemukan. Jadi ada gunanya juga di biara ada yang tak taat. :D

 

Kalau Anda mengikut Injil Yudas ditemukan di El Minya, dekat sana ada biara pertapaan st Antonius, sehingga tak mengherankan bahwa di daerah tersebut ditemukan teks kuno di sepanjang sungai Nil. Berarti kemungkinan besar di sekitar area penemuan di Mesir bisa juga ditemukan teks-teks lain.

 

Kisah Teks Nag Hammadi

Ada dua kakak beradik yang sedang mencari lapisan tanah yang subur untuk dipindahkan ke pertanian mereka, tiba-tiba mereka menemukan gentong. Semula takut jangan-jangan isinya jin tapi mereka juga berpikir siapa tahu isinya emas, tapi ketika dibuka ternyata isinya buku-buku kuno yaitu Codices dari Nag Hammadi. Untung mereka membawa pulang teks tersebut. Dibawa pulang, ditaruh didapur, ibu mereka mau masak dan butuh api lalu sebagian teks dibakar. Teks tersebut dari kulit kayu. Kita tak tahu berapa yang sudah terbakar. Kemudian ada yang mernganggap penting, ditanya pada para ahli dan ternyata benar.

 

Proto Injil Yakobus 150M

Ada tulisan proto Injil Yakobus disebut proto karena Injil bercerita Yesus sejak lahir, bangkit dan wafat. Proto itu sebelum Injil berarti dia bicara sebelum Yesus lahir..dari mana Anda tahu siapa nama orang tua Maria? Dari proto Injil Yakobus. Maria sejak 5 tahun sudah membantu para imam di bait Allah. Umur 12 tahun para pegawai bait Allah mulai berpikir sudah saatnya dicarikan jodoh buat Maria. Tapi gimana caranya? Entah bagaimana ada ilham dari Allah lewat malaikat. Lalu dikumpulkan para duda yang ada di sana, supaya dipilih satu dari mereka. Lalu datang semua duda termasuk Yusuf. Dia datang memakai tongkat lalu dari tongkatnya tiba-tiba ada burung keluar hinggap di kepala Yusuf lalu mereka bilang ini calon suami untuk Maria.

 

Yusuf bilang jangan saya, saya sudah tua, punya anak sedangkan Maria masih kecil, tapi Yusuf didesak supaya jangan melawan kehendak Allah. Yusuf bilang mau, dengan syarat bisnis dulu, dia lalu pergi. Maria ditinggalkan belum diapa-apain. Selama itu kita tahu ceritanya Maria didatangi malaikat, nanti kamu akan mengandung. Pulang dari bisnis Yusuf kaget. Maria kamu dari kecil di bait Allah koksampai begini. Yusuf nangis, Maria nangis. Kok Maria bisa begitu padahal Maria orang baik. Lalu diuji. Diberi air. Cara menguji dengan masing-masing orang dibawa kehadapan imam, disuruh minum air yang sudah dikutuk. Kalau nanti mati atau celaka berarti berdosa, Yusuf minum dan Maria minum dan mereka selamat. Pokoknya bukan gara-gara Yusuf atau Maria atau orang lain, tak ada yang berslaah.

 

Kemudian tiba saatnya lahir

Dikisahkan mereka sedang dalam perjalanan dan sampai disebuah goa, Maria sudah ingin melahirkan, Yusuf bingung bagaimana menolong orang melahirkan. Dia keluar mencari bidan. Ketemu seorang perempuan dan dibawa ke goa. Apa yang terjadi? Saat akan melahirkan ketika bidan siap menolong Maria, saat itu ada cahaya terang menutupi goa sehingga bidan tak bisa melihat apa-apa, setelah cahaya hilang ada bayi yang sudah dilahirkan. Yesus sudah lahir. Tulisan seperti ini maksudnya untuk memperlihatkan bahwa Yesus dilahirkan dari seorang perawan. Kelahirannya sungguh ajaib, Maria tetap perawan. Bidan ini mengatakan sungguh luar biasa, dia lari keluar dan panggil temannya. Kamu harus lihat ada yang luar biasa. Lalu ada yang mengatakan saya tak percaya. (20:1)  bidan itu ingin menguji apakah Maria perawan. Lalu ketika mau menguji tiba-tiba tangannya terbakar dan jatuh terlepas dari tubuhnya. Karena tak percaya bahwa Maria perawan sejak sebelum mengandung, selama mengandung, selama melahirkan, sesudah melahirkan. Ini yang terjadi dalam dogma Katolik Maria tetap perawan selamanya.  Lalu perempuan itu menggendong bayi Yesus. Tangannya diberikan kepada bayi Yesus dan dia disembuhkan oleh bayi Yesus.

 

Ini yang kita punya dalam proto Injil Yakobus. Tulisan ini ada unsur ortodoks, unsur yang benar-benar mendukung iman katolik, Maria tetap perawan tapi dengan cara yang sangat berlebihan sehingga orang bisa salah paham karena melihat adanya unsur-unsur gaib. Tapi meskipun tulisan ini tak masuk dalam kanon, tulsain ini berkembang dalam tradisi karena membantu untuk mengembangkan devosi kepada Maria, sehingga Anda tahu Yoakim dan Anna yang menjadi orang tua Maria.

 

INJIL MASA KECIL YESUS MENURUT TOMAS 150M

Yang tak ada dalam Kitab Suci kita adalah kisah masa kecil Yesus dari kecil sampai 12 tahun. Ada tulisan yang disebut Injil masa kecil Yesus menurut Tomas. Yang digambarkan dalam masa kecil Yesus ini adalah Yesus yang sungguh tahu bahwa Ia punya kekuasaan ajaib yang luar biasa tapi dalam Injil ini yang dikisahkan adalah Yesus yang nakal dan seringkali menggunakan kekuasan-Nya untuk pamer, membela diri, marah, menghukum orang, digunakan semau-Nya. (4:1) suatu hari Yesus jalan ada anak lari dan menabrak Dia dan Yesus berkata kamu tak akan pergi jauh. Seketika anak itu mati.

 

Juga Yesus yang sedang main dengan lumpur pada hari Sabat. Ketahuan dimarahi bapaknya. Lalu Yesus tepuk tangan dan jadi burung benar dan terbang. Yang melaporkan dibuat buta. Yesus digambarkan sebagai anak yang nakal, suatu hari di sinagoga mereka berkumpul dan ingin mengenal Yesus. Kalau orang baca inji Tomas, orang yang ingin mengenal Yesus akan ragu-ragu dan gelisah.

 

Ada cerita terjemahan bahasa Arab tentang masa kecil Yesus. Yesus ingin bermain bersama anak-anak lain, tiba-tiba anak-anak itu bersembunyi tak ingin bermain bersama Yesus. Anak itu bersembunyi dibelakang perapian. Yesus menguber anak-anak itu.  Yesus bertanya pada seorang ibu di mana anak-anak itu. Dijawab tak tahu. Tetapi kok ada suara. Dijawab oleh si ibu suara kambing. Yesus bilang hai kambing-kambing keluarlah, lalu keluar anak2 yang sudah berubah rupa menjadi kambing. Ibu-ibu menangis minta ampun agar anaknya dijadikan manusia kembali, lalu diubah oleh Yesus menjadi manusia kembali.

 

Maksudnya baik, melengkapi, mungkin memberi penekanan bahwa Yesus sungguh Allah sungguh manusia, punya kekuatan, tapi jemaat ketika itu punya kepekaan, masa Yesus seperti itu. Yesus memang kanak-kanak yang tumbuh tapi apakah seperti itu? Mulai ada kegelisahan karena dirasa tak menumbuhkan iman, akhirnya kitab-kitab ini disingkirkan dan tak masuk ke dalam kanon.

 

 

INJIL TOMAS

Tadi ada Injil masa kecil menurut Tomas, sekarang ada Injil Tomas, 2 buku yang berbeda. Kalau tulisan tadi diwarnai motivasi untuk melengkapi sehingga memberi gambaran yang berlebihan tentang Yesus dan Maria, sakarang ada tulisan-tulisan lain yang jelas-jelas dipengaruhi oleh ajaran gnostik. Salah satunya adalah rahasia. Kalau Andaa baca tulisan-tulisan yang meminjam nama para rasul yang bercirikan gnostik pasti Anda akan menemukan unsur kerahasiaan. Anda akan menemukan gambaran tentang Yesus yang diam-diam berkata ssttt.. jangan bilang-bilang yang tahu cuma kamu yang lain tak tahu. Untuk mereka yang pantas bagi misteri-misteri-Ku itulah Aku menceritakannya. Jangan biarkan tangan kirimu tahu apa yang diperbuat tangan kananmu. Kalau Yesus memanggil semua murid-Nya sama kok bisa tak semua tahu. Tak menggambarkan Yesus yang memberikan keselamatan pada semua orang tapi hanya kelompok-kelompok tertentu. Injil Tomas sempat sangat populer dan sampai hari ini banyak ahli yang memperjuangkan agar Injil Tomas diakui sebagai Injil ke lima, bahkan ada terbitan khusus Injil yang memuat uinjil ke lima. Injil Tomas dianggap penting karena berisi ucapan-ucapan Yesus. Dalam Injil Markus Yesus dikenal sebagai pembuat mukjiazat, dalam Injil Matius Yesus berkhotbah, ada 35 khotbah, Yesus nabi dalam Injil Lukas yang tahu benar siapa Dia yang memipin Israel. Injil Yohanes mengatakan Yesus adalah anak domba Allah yang akan disembelih. Dan Injil Tomas sangat memberi gambaran tentang kata-kata atau ucapan-ucapan Yesus. Apakah sebetulnya ucapan-ucapan tersebut benar-benar dikatakan oleh Yesus? Itu yang diperdebatkan para ahli dan membuat Injil Tomas ini jadi sempat populer.

 

 

INJIL YUDAS

Ketika terbit dikatakan akan menggoncang iman bahwa Yudas itu pahlawan. Injil Yudas tak masuk dalam kanon karena sangat diwarnai oleh tulisan gnostik. Dalam Injil Yudas yang tahu semuanya yang menerima gnostis bukan Petrus, Yakobus atau Filipus tapi Yudas sebagaimana Injil Tomas yang tahu rahasia-rahasia Tomas, itu semua ciri-ciri gnostik, rahasia yang sangat bermasalah, Yesus ingin semua selamat tapi kok cuma orang-orang tertentu.

 

INJIL TOMAS 114, bagian penutup Injil Tomas, mengatakan bahwa Simon Petrus berkata pada mereka biarkanlah Maria meninggalkan ktia karena perempuan tak layak hidup. Yesus berkata Aku sendiri akan menuntunya untuk menjadikannya laki-laki supaya ia juga menjadi sebuah roh yang hidup yang menyrupai kamu laki-laki karena setiap perempuan yang akan membuat dirinya laki-laki akan memasuki kerajaan sorga.

 

Injil Tomas tak masuk dalam kanon bukan gereja gelisah dengan ucapan Yesus yang baik-baik tapi karena persis pada Injil itu ucapan paling mengganggu adalah yang  menggambarkan Yesus yang mengatakan bahwa yang selamat cuma laki-laki maka perempuan akan dijadikan laki-laki karena salah satu cabang aliran sesat ketika itu adalah keyakinan bahwa keadaan idael, paling ideal adalah keadaan sebelum ada pemisahan pembedaan laki-laki dan perempuan. Menurut kejadian Allah menciptakan manusia dari tanah. Tanah itu dalah bahasa Ibrani adamah sehingga disebut sebagai Adam tapi waktu itu tak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Ajaran-ajaran ini mengatakan yang ideal harusnya seperti itu. Istilah kerennya kesatuan androgine sehingga Maria Magdalena dikatakan akan dibuat laki-laki, hanya akan selamat kalau kembali kesatuan asali.

 

Injil Filipus 63:31-64:10

Ada teks dalam injl Filipus yang bilang bahwa guru mencintai Maria Magdalena lebih dari semua murid dan biasa mencium pada mulutnya. Kalau sudah baca Da Vinci Code dan nonton filmnya ini yang menjadi tema. Lukisan perjamuan terakhir digambarkan dengan macam-macam simbol. Dasarnya adalah Filipus. Masa Yesus mencium Maria Magdalena pada mulutnya, disimpulkan Yesus menikah dengan Magdalena punya anak. Ada teks Yesus mencium Maria Magdalena pada mulutnya. Tapi kita dikibuli habis-habisan karena Dan Brown, tentang makam Yesus, Yudas, tak ada yang bicara tentang wahyu kedua Yakobus. Di mana dikatakan Yesus mecium mulut Yakobus. Jadi di mana kita harus menangkap data Yesus mencium mulut Maria Magdalane, Yesus mencium mulut Yakobus. Kalau Dan Brown yang mengkorek tulisan Yesus dan Maria Magdalena. Berdasarkan Injil Filipus dikatakan ciuman bukti adanya pernikahan. Lalu bagaimana ciuman Yesus dan Yakobus kalau ciuman bukti pernihakan berarti kita harus menyimpulkan Yesus menikah dengan siapa? Gnostik mengajarkan gnosis yang diberikan secara rahasia. Kalau baca teksnya secara teliti salah satu cara menyampaikan gnosis itu adalah lewat ciuman. Ketika mecium Magdalena Yesus bilang aku kasih gnosis. Pengetahuan yang penting untuk keselamatan.  Banyak rekan iman yang kecewa bahwa teks ini tak masuk dalam Kitab Suci. Kalau masuk imam-imam bahagia sekali, cium gnosis, cium gnosis. Cium terus.

 

 

 

 

Qna

Yesus kecil nakal, 12-30 tak diketahui, 30 Yesus berkarya dan wafat setelah berkarya 3 tahun, dari 12-30 tahun apakah gereja ada usaha untuk mengetahui hal itu atau dibiarkan menjadi sesuatu yang misterius?

 

Jawab: Kalau baca keempat Injil yang kita punya porsi cerita paling besar adalah kisah Yesus selama 7 hari menjelang kematian-Nya. Masa 3 tahun hanya disingkat cepat baru beberapa bab akhir. Harusnya cerita 3 tahun banyak memperlihatkan bagi penulis ketika Yesus sudah pergi yang diingat adalah hari terakhir berangkat dari perintah Yesus lakukan ini sebagai kenangan akan Daku maka jemaat berkumpul dalam ekaristi, membaca sabda Tuhan dan mendengar ajaran para rasul. Yang diingat adalah seminggu terakhir. Yang lain ditulis untuk mengantar pada kisah minggu terakhir.  Jadi bukan saat sebelumnya tapi saat terakhir karena kebangkitan adalah kuncinya.

 

Ada pemahaman dalam telogi, diskusi tentang Yesus sebagai sungguh Allah sungguh manusia, Dia itu Allah tapi tak sungguh manusia sehingga ada cerita yang disalibkan bukan Yesus cuma kelihatannya saja Yesus disalibkan. Kisah kanak-kanak tadi menggambarkan bahwa kanak-kanak Yesus itu kalau sejak kecil sudah sadar bahwa Dia itu Allah berarti Dia tidak tumbuh secara normal sebagai sungguh manusia. Masa kecil-Nya menurut Tomas bermasalah karena memperlihatkan Yesus tak sungguh melewati masa pertumbuhan yang normal, sejak masa kanak-kanak-Nya Dia sadar sejak awal bahwa Dia Allah.

 

Umur 12-30, tidak banyak yang dilakukan pada abad-abad pertama. Tulisan-tulisan yang berkisah tentang masa remaja Yesus sampai sebelum Dia berkarya tak muncul pada abad pertama karena perhatiannya bukan itu, waktu itu fokus pada minggu terakhir atau masa kecil. Jadi kita tak tahu apakah gereja ingin berusaha mencari tahu? Ada banyak teori yang sudah dibuat mulai dari yang okay sampai yang heboh. Seperti Nicholas Notovich pada zamannya menjadi best seller seperrti Da Vinci Code, dia menemukan tulisan-tulisan kuno di Tibet yang mengatakan bahwa Yesus pernah ke Tibet.

 

Dari Israel Yesus berjalan sampai ke India dan ke Tibet lalu balik lagi ke Israel. Ini cuma 2 contoh. Kita tak punya dasar untuk mengetahui apa sebetulnya yang terjadi dengan Yesus pada masa kecil. Yesus seringkali kita katakan belajar sebagai tukang kayu seperti Yusuf tapi kalau dari perumpamaan yang diberikan lebih berkaitan dengan perrtanian, benih, pohon ara dsb sehingga orang bilang mungkin Yesus ketika itu hidup-Nya sebagai petani. Bukan orang lain. Tapi ada juga yang mengatakan Yesus sebagai tukang batu karena waktu itu ada pembangunan benteng. Ada kemungkinan-kemungkinan seperti itu tapi tak bisa dijawab dengan pasti mana yang benar.

 

Yesus lebih baik atau lebih nakal?

Kita tak tahu. Bahkan ada lelucon. Kenapa Yesus ditolak di Nazaret? Dia bilang tak ada nabi yang dihormati di tempat asalnya kenapa? Karena banyak orang inget bahwa anaknya mati gara-gara Yesus, anaknya dijadikan kambing, sekarang balik mau berkhotbah?.

 

Gnostik

Pengetahuan rahasia yang menjadi ciri gnostisisme jangan dipisahkan dengan konsep dasar Allah pencipta, gnostik mengajarkan yang menciptakan Allah yang lebih rendah. Gnostik mengatakan bahwa tubuh ini hanya penjara. Apapun yang kamu lakukan dengan tubuhmu tak menjadi soal karena yang dipentingkan hanyalah jiwa. Unsur rahasia hanyalah salah satu. Yang lebih serius ajaran tentang penciptaan, ajaran tentang manusia. Bagaimana kita harus percaya menicintai Allah pencipta kalau diajarkan yang menciptakan menjadikan kita karena salah.

 

-Mungky K-

Kirimkan PERTANYAAN Anda Mengenai Artikel Ini !




    Informasi lain mengenai : INFO KEGIATAN :
  • 11 Nov 2007- Seminar Semakin Karismatik Semakin Katolik
    Seminar bertemakan Semakin Karismatik Semakin Katolik ini dimulai 30 menit terlambat dari jadwal yang seharusnya. Dihadiri oleh sekitar 400 aktivis/leaders Pembaruan Karismatik Katolik Keuskupan Surabaya. Romo Deshi mengawali seminar dengan meluruskan tema karena dikhawatirkan orang akan salah menduga bahwa untuk menjadi semakin Katolik hanya lewat gerakan pembaruan karismatik padahal pembaruan Karismatik hanyalah salah satu sarana yang menghantar umat menjadi lebih mendalami iman dan ajaran gereja Katolik [lebih lengkap ...]

  • Dongeng dari penutupan springtime di Surabaya
    Tak lama sesudah mendarat maka ramailah aneka ringtone hp para penumpang pesawat Indonesia Airasia berbunyi, ketika menuju pintu keluar bandara hp ku bergetar, rupanya dari salah seorang panitia menanyakan sudah sampai di mana.  Wah makasih banget atas segala perhatian dan kebaikannya, jadi terharu beneran. Itulah indahnya berjalan bersama Yesus, gak pernah ditinggal sendirian apalagi sampai kesasar. [lebih lengkap ...]

  • 16 April 2007 BPPG Makassar dalam ber-Evangelisasi
    Dalam menyongsong pesta ulang tahun paroki Hati Kudus Yesus Katedral, maka Depas Katedral mengadakan Kursus Evangelisasi Pribadi seperti yang sudah ada di Jakarta dan Surabaya, dengan mengundang pengajar dari Jakarta dan Surabaya.Selebaran dan pengumuman dalam berita Paroki disebarkan ke masing-masing Paroki, dan mendapat tanggapan yang positif dari umat. [lebih lengkap ...]

  • Yesterday, Today & Tomorrow International Open Conference
    Berkumpul bersama kira-kira 1000 delegasi dari 84 negara dari semua benua sehari sesudah perayaan Pentakosta bagi International Open Conference yang diselenggarakan tanggal 5-9 Juni 2006 di Fiuggi-Italia, merupakan suatu pengalaman yang mirip dengan Pentakosta pertama: Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat (Kis 2:10). Peristiwa itu merupakan puncak dari kesibukan perencanaan dan persiapan yang dilakukan oleh Dewan ICCRS, Oreste Pesare, Claude Lopez dan kantor ICCRS di Roma dalam waktu lebih dari satu tahun. Peristiwa ini dilihat sebagai suatu peristiwa penting di dalam proses Mempersiapkan HUT ke 40 Pembaruan Karismatik Katolik . [lebih lengkap ...]

  • Pelantikan BPK Amboina
    25 Mei 2008 pelantikan BPK Amboina yang dilakukan dalam Misa umat jam 08.00 - 09.30 Yang melantik adalah Vikjen Keuskupan Amboina Pastor Yonas.Setelah kerusuhan Ambon 1998, maka banyak penduduk Ambon yang keluar dari sana dan keberadaan BPK Amboina menjadi kosong karena koordinatornya Bapak Christian mengungsi ke Perth. Beberapa tahun kemudian Pak Benny dan istrinya ibu Yohana kembali ke Ambon setelah mengungsi ke Bali. Mereka berdua berusaha untuk menghimpun teman teman dan selama kekosongan terjadi mereka suami istri yang menjadi penghubung antara BPK Amboina dan BPN. [lebih lengkap ...]

  • MISA DAN PELANTIKAN KEPALA SEP SHEKINAH YANG BARU
    Ibu Lenny telah terpilih sebagai Kepala SEP untuk masa bakti 2008-2011 menggantikan Ibu Monica Maria Meifung. Diadakan Misa Pelantikan yang dihadiri sekitar 120 orang dan dipimpin oleh Rm. Subroto SJ. [lebih lengkap ...]

  • Catholic Charismatic Centre SHEKINAH PONTIANAK
     Sabtu tanggal 18 April 2009 merupakan hari yang sangat berbahagia bagi gerakan Pembaharuan Karismatik Katolik di Propinsi Gerejawi Pontianak dengan diadakannya misa pemberkatan Catholic Charismatic Centre Shekinah Pontianak. [lebih lengkap ...]

  • ROH TUHAN ADA PADAKU
    Setelah melewati Novena Roh Kudus selama 9 hari, maka puncaknya BPK PKK KAJ menyelenggarakan KRK Pentakosta Minggu (31/5), bertempat di Integrity Convention Center, Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Utara. [lebih lengkap ...]

  • APOLOGETIKA BIBLIS KATOLIK oleh Romo Deshi Ramadhani, SJ
    Diawali dengan latar belakang apa yang dikatakan oleh gereja tentang hubungan kita dalam konteks ekumenisme dengan saudara-saudari Protestan dan melihat tantangan dan contoh argumen mana yang selama ini sering digunakan untuk menyerang kita.  Pada umumnya hubungan kita baik-baik saja walau kenyataan tidak selalu seperti itu, ada saat-saat di mana hubungan kita menjadi sesuatu yang seperti perdebatan. [lebih lengkap ...]

  • JOURNAL MODERNAS, PLENO & KONVENAS - BALI
    Tulisan ini merupakan catatan yang murni dari sudut pandang saya pribadi. Seandainya ada salah ditutur, salah di kata, salah dalam penulisan ataupun salah dalam berasumsi, saya mohon dengan sangat untuk dibukakan pintu maaf dan ampun selebar-lebarnya. Masa Prapaskah dan masa Paskah memang sudah lama berlalu, tapi sebentar lagi advent sudah di ujung hidung, namun saya percaya membuka pintu maaf tentunya tidak sekadar pada masa-masa tersebut saja. Saya bersyukur dan berterimakasih sekali untuk pintu-pintu maaf dan ampun yang terbuka sepanjang segala abad.. Terima kasih. [lebih lengkap ...]

  • BPK Banjarmasin Bangkit dan Bergerak
    Badan Pelayanan Keuskupan (BPK)  Banjarmasin terus menggeliat untuk segera mempersiapkan kader-kader PKK yang berkualitas. Oleh karena itu, pada tanggal 27-29 November 2009, BPK Banjarmasin menyelenggarakan Retret Dasar Kedewasaan Kristiani (BCM) bertempat di Aula SD Santa Maria. Retret tersebut mengambil tema “I Love Jesus, Deep Down in My Live” dan dilayani oleh Alb. Budi Sutedjo (Sie Kaderisasi BPN) dan Tanaska Januar (Koordinator BPKevikepan DIY). “Lewat retret ini diharapkan para kader PKK di Banjarmasin semakin matang dan siap untuk melayani”, ungkap Bapak Irsan selaku Ketua BPK Banjarmasin. [lebih lengkap ...]

  • SEMINAR SIGNIFICANT ATTITUDE

    Seminar ini diadakan dengan tujuan agar perilaku, sikap dan pandangan hidup kita dapat berubah menjadi penuh dengan integritas dan tanggung jawab. Sikap yang dipenuhi kuasa dalam perkataan, kematangan dalam perencanaan dan kekuatan dalam tindakan. Sehingga dapat memimpin dengan keyakinan dan menjadi orang yang disegani, dihormati dan dicintai. Itulah sepenggal sambutan dari Bapak Juswanto Pranoto selaku Ketua Panitia Seminar Significant Attitude (SSA) yang diselenggarakan pada hari Sabtu 23 Oktober 2010 di Auditorium Gedung BPPT – Jakarta Pusat. [lebih lengkap ...]

  • Turrist Orationist Ministry
    Turrist Orationist Ministry, atau lebih dikenal dengan TOM, adalah sebuah komunitas muda-mudi karismatik katolik Indonesia di Perth, Australia Barat. Nama TOM diambil dari bahasa Latin yang berarti menara doa.  Pada waktu didirikan tanggal 22 Agustus 2000, dengan beranggotakan sekitar 20 orang, TOM memiliki harapan menjadi suatu wadah pengembangan iman dan keluarga rohani bagi anak-anak muda katolik Indonesia yang menetap di kota Perth. [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.