Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | PENGALAMAN IMAN | INFO KEGIATAN | SEJARAH KARISMATIK | TOKOH PKK | ORGANISASI PKK |

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Pusat Informasi : INFO KEGIATAN
APOLOGETIKA BIBLIS KATOLIK OLEH ROMO DESHI RAMADHANI, SJ



Katedral Jakarta 12 September 2009

 

Pengantar:

Diawali dengan latar belakang apa yang dikatakan oleh gereja tentang hubungan kita dalam konteks ekumenisme dengan saudara-saudari Protestan dan melihat tantangan dan contoh argumen mana yang selama ini sering digunakan untuk menyerang kita.  Pada umumnya hubungan kita baik-baik saja walau kenyataan tidak selalu seperti itu, ada saat-saat di mana hubungan kita menjadi sesuatu yang seperti perdebatan.

 

Sementara itu ada perkembangan di luar gereja Katolik yang tanpa kita ketahui begitu kuat dan pesat mewarnai kekristenan dari gerakan Pentakostal karismatik bahkan sekarang dikatakan gerakan Pentakostal karismatik menjadi aliran besar dalam kekristenan setelah Katolik dan Protestan banyak negara yang Katolik menjadi Pentakostal katrismatik, Brazil misalnya dan Filipin yang pelan-pelan menuju ke arah itu.

 

Efeknya adalah banyak orang Katolik yang mudah diyakinkan oleh argumen-argumen biblis. Sebuah data dari tahun 1994 menunjukkan bahwa anggotanya lebih dari 400juta dengan kecepatan pertambahan 19 juta per tahun. Berarti perhari mereka mendapatkan 54.000 anggota baru. Diperkirakan ada sekitar 14 000 denominasi di luar aliran-aliran besar Protestan sendiri sehingga pada tahun 1994 setiap denominasi, mendapat 3 atau 4 anggota baru tiap hari. Pemasok paling besar adalah gereja Katolik. Kelompok bekas Katolik ini bertambah begitu cepat karena daya tarik gerakan Pentakostal.  Ada satu ciri yang berjalan beriring dan bercampur dengan perkembangan pentaskostal tersebut yaitu cara penafsiran alkitab secara fundamentalis sehingga ada istilah fundamentalis biblis.

 

 

Fundamentalis vs Katolik Roma

Tahun 1962 Loraine Boettner menulis sebuah buku berjudul Roman Catholicism. Buku ini menjadi buku pegangan untuk orang-orang Protestan Fundamentalis Biblis garis keras karena buku ini walau judulnya Roman Catholicism tapi isinya adalah segala macam pembuktian berdasarkan teks-teks Kitab Suci yang ingin memperlihatkan bahwa ada banyak hal yang keliru dalam gereja Katolik Roma, banyak hal yang tak berdasarkan Kitab Suci secara eksplisit. Pernyataan ini ditambah dengan kesadaran bahwa salah satu ciri fundamentalis biblis adalah mereka sangat menaruh perhatian pada akhir zaman, ada perhitungan-perhitungan khusus. Perhatian dititikberatkan pada akhir zaman karena menimbulkan motivasi sangat kuat agar orang bertobat dan menjadi baik karena kalau tidak akan terlambat. Dalam dinamika itu banyak orang juga digerakkan oleh buku tersebut dan justru digerakkan oleh pengalaman rohani, cinta mereka akan Yesus, mereka masuk dalam kelompok misi untuk mempertobatkan orang katolik.

 

Orang-orang muda itu berdoa sungguh-sungguh agar ada teman yang Katolik bisa dipertobatkan karena mereka begitu sedih melihat banyak temannya disesatkan oleh ajaran gereja Katolik sehingga akan binasa kalau akhir zaman tiba. Mereka punya sebuah misi yaitu Mission to Catholics International, sebuah bentuk pelayanan fundamental evangelikal yang ingin merangkul dan menjangkau orang-orang Katolik dengan pesan keselamatan dari Kitab Suci. Prinsipnya hanya rahmat, hanya melalui iman, hanya dalam Kristus, kita percaya keselamatan yang diajarkan hanya oleh kitab suci saja.

 

 

BAGAIMANA BERJALAN BERSAMA/UNITATIS REDINTEGRATIO 11

Catatan: tidak semua orang Protestan adalah fundamentalis, tak semua orang Pentakostal fundamentalis, tidak semua karismatik fundamentalis, tak semua Protestan anti Katolik tapi ada dari mereka yang anti Katolik. Lalu menjadi sebuah bahaya karena kenyataan perkembangan karismatik Pentakostal yang sedemikian cepat karena adanya cara penafsiran fundamentalis yang anti Katolik.

 

 

Unitatis Redintegratio 11. dokumen KONSILI VATIKAN II

 

¡      Metode serta cara mengungkapkan iman Katolik jangan sampai menghambat dialog dengan saudara-saudari kita. Memang seharusnyalah ajaran seutuhnya diuraikan dengan jelas. Tiada sesuatu pun yang begitu asing bagi ekumenisme seperti irenisme (sikap “suka damai”) palsu, yang merugikan bagi kemurnian ajaran Katolik, serta mengaburkan artinya yang otentik dan pasti.

 

¡      Iman Katolik hendaknya diuraikan secara lebih mendalam sekaligus lebih cermat, dengan cara dan bahasa yang sungguh dapat dipahami oleh saudara-saudari yang terpisah.

 

Paus Benediktus XVI  punya keyakinan bahwa relativisme iman itu membahayakan iman Katolik.  Kita harus berdialog tapi juga harus membela, mempertahankan, menjelaskan apa yang buat kita menjadi kebenaran iman kita. Artinya kalau mau berdialog dengan mereka, mau membuka diri untuk berbicara dengan mereka kita perlu secara serius mempelajari apa yang ada dalam kekayaan kita yang bisa menjadi bahasa yang sama yang bisa dipahami oleh saudara-saudari yang anti Katolik itu dan bahasa mereka adalah kitab suci. Bahasa mereka tak ada yang lain, mereka tak akan mengutip wejangan Paus, Dokumen Konsili Vatikan II, Dogma gereja Katolik, apalagi ucapan santo-santa, selain itu kita juga, umat dan hirarki, klerus, para romo, uskup seringkali begitu cepat bersembunyi dalam rasa aman di balik bungkus yang disebut tradisi, magisterium.

 

 

Unitatis redintegratio 21

 

l       Akan tetapi dalam dialog sendiri sabda Allah merupakan upaya yang luar biasa dalam tangan Allah yang penuh kuasa untuk mencapai kesatuan, yang oleh Sang Penyelamat ditawarkan kepada semua orang.

 

 

Dokumen yang sama secara lebih ekplisit mengundang orang Katolik untuk melihat Kitab Suci.  Akan tetapi dalam dialog itu sendiri, sabda Allah merupakan upaya yang luar biasa, artinya Kitab Suci yang kita miliki adalah upaya yang luar biasa dalam tangan Allah dan yang penuh kuasa untuk mencapai kesatuan yang oleh sang Penyelamat ditawarkan pada setiap orang.

 

Kita yang dipercaya oleh Tuhan untuk ikut serta dalam karya Allah mengusahakan sabda yang ditulis itu supaya dikenal umat, diberi kepercayaan lebih lagi untuk lebih serius mengusahakan bahasa Kitab Suci sebagai dasar menjelaskan kebenaran iman. Bisa lewat analisis refleksi teologis tapi bisa juga dijelaskan hanya dengan ayat-ayat yang mereka kenal itu.

 

 

 

BEBERAPA CONTOH.

 

TENTANG 666: Warning 666 is coming

Ini menu kesukaan orang fundamentalis anti Katolik.

 

Wahyu 13:18

13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu,

karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

 

Untuk orang fundamentalis biblis, 666 ini berarti binatang antikristus yang adalah Paus di Roma. Kitab Wahyu ditulis pada saat jemaat perdana mengalami banyak pengejaran, penganiaya terbesar adalah kaisar Nero, banyak orang mati di sana pada waktu itu dan angka 666 ini sebenarnya ditujukan untuk Nero. Tapi para kaum fundamentalis tersebut mengatakan bahwa 666 itu adalah simbol untuk siapapun yang berkuasa di Roma, yang berkuasa di Roma adalah Paus maka jangan heran banyak selebaran di sana-sini yang mengatakan bahwa apa yang disebut sebagai antiKristus adalah Paus dan pengikutnya adalah kita semua dan karena itu dia yang memimpin dan segala pengikutnya akan dibasmi pada akhir zaman karena ketika anak manusia tampil kembali sang antikristus akan kalah.

 

Nero dalam tradisi literatur kuno atau antik ditulis dengan huruf-huruf dalam kata-kata yang juga menjadi simbol untuk jumlah tertentu.

Nun dalam bahasa Yunani = 50

Resh 200

Waw 6

qoph 100

samech 60

 

NRWN QSR (666) dihitung jumlahnya 666

 

Para ahli dikejutkan oleh sebuah temuan, sebuah teks yang lebih tua dari teks yang biasa kita pakai yang waktu itu ditulis tanpa huruf N di belakang NRW QSR, untuk penulisan nama kaisar Nero sehingga kalau Nun tak ada berarti jumlahnya hanya 616. Ini teks yang menurut banyak ahli lebih tua tapi kenapa lalu dibuat bulat supaya jadi 666? Dalam cara penulisan itu huruf N akhir optional, bisa ditaruh bisa tidak.

 

Tanggapan:

Dalam Kitab Suci kita ketahun bahwa 7 adalah angka sempurna, jadi 777 itu sempurna sekali, disini ingin dijelaskan bahwa ada sebuah kekuatan yang tak bakal sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan, maka untuk kekuatan yang paling menakutkan itu, simbol yang paling jelas adalah 666.

 

Seringkali ada orang membuat argumen pokoknya gerejamu antikristus, kamu salah, ada buktinya. Tetapi kalau mau serius berpikiran sehat sedikit kita akan memahami bahwa 666 itu adalah Nero, kekuatan yang luar biasa yang membunuh para pengikut Kristus.

 

 

 

MARIA HAWA YANG BARU/TENTANG MARIA DIKANDUNG TANPA NODA DOSA

Kita akan mencoba menguji ajaran iman dalam dogma Katolik tentang Maria dikandung tanpa noda, Maria diangkat ke surga dengan tubuh dan jiwanya.

 

Kelompok Fundamentalis Biblis Anti Katolik mengatakan gereja lewat magisterium, lewat Paus menambah sesuatu yang baru dalam Kitab Suci karena kalau ditanya tentang dogma-dogma tersebut maka tak ada ayatnya dalam Kitab Suci. Teks Kitab Suci tidak mengatakan apa-apa tentang Maria diangkat ke surga maupun Maria dikandung tanpa noda, tapi kita akan membuktikan bahwa yang dilakukan oleh Gereja Katolik sangat mendasar pada Kitab Suci.

 

1.  Kej 1:1, kita membaca pada awal mula Allah menciptakan dunia, bdk Yoh 1:1 kita juga mendengar pada mulanya adalah Firman, Firman bersama dengan Allah dan Firman adalah Allah.  Orang yang terbiasa dengan Kejadian 1, atau orang Yahudi yang mendegar Yohanes akan bilang hati-hati, ini merupakan rujukan pada kisah Kejadian.

2.  Ungkapan tentang terang Kej 1:3-5 bdk Yoh 1:4-5

3.  Ungkapan saat Yesus dibaptis, Roh turun melayang Yoh 1:32-33 bdk  Kej 1:2 dikatakan Roh Allah melayang-layang artinya orang yang terbiasa dengan kitab Kejadian akan menangkap sesuatu yang mau dikatakan oleh Yohanes itu berkaitan dengan Kitab Kejadian

4.  Yohanes sangat gemar menghitung hari. Yoh 1:29 (hari ke-2), ayat 35 (hari ke 3), ayat 43 (hari ke-4), keesokan harinya. Dalam Yohanes 2:1 dikatakan pada hari yang ke tiga berarti hari tersebut dihitung dari hari yang keempat, berarti itu adalah hari ke tujuh, orang Yahudi yang terbiasa dengan Kitab Kejadian tahu bahwa pada hari ke-7 Allah beristirahat, maka mereka akan menyatakan bahwa Yohanes ingin mengatakan sesuatu yang terjadi pada hari ke tujuh. Pada hari ke tujuh terjadi perkawinan di Kana. Yoh 2:4; 19:26-Yesus berkata: Perempuan, waktu-Ku belum tiba. Maria disapa sebagai perempuan bukan mami, atau mama tapi perempuan dan diucapkan lagi oleh Yesus pada saat di salib hai perempuan inilah anakmu, inilah ibumu.  Kata perempuan mengingatkan kita pada Kejadian 2:23, ucapan bahwa Adam memberi nama perempuan itu Hawa, karena diambil dari laki-laki. Kata perempuan ini kalau dilihat dalam Wahyu muncul lagi: Why 12:1, 9 perempuan.. ular iblis bdk Kejadian 3:15

5.  Eva à ß AVE Maria dihadirkan sebagai hawa yang baru lewat perhitungan hari dan sapaan sebagai perempuan dan dalam Wahyu terjadi bahwa Maria adalah hawa yang baru. Hawa yang lama diciptakan tanpa dosa, waktu itu belum ada dosa, diambil dari tulang rusuk, dikasih daging buzz jadi manusia, kalau Hawa yang lama saja tidak berdosa, Hawa yang baru harus juga tidak berdosa, kalau tidak bagaimana bisa jadi Hawa yang baru, sehingga gereja mengatakan Maria dikandung tanpa dosa, karena merumuskan dengan dasar Kitab Suci Maria sebagai hawa yang baru.

6.  Gereja Katolik tak menambah sesuatu yang baru yang tak ada dalam Kitab Suci sebaliknya gereja Katolik membaca secara serius seluruh isi Kitab Suci, dari awal Perjanjian Lama sampai akhir Perjanjian Baru dan melihat bahwa Maria adalah Hawa yang baru sehingga meskipun tak diutulis secara eksplisit, namun ada kebenaran yang bisa dibuat secara eksplisit oleh gereja dan magisterium mengatakan dia dikandung tanpa noda dosa.

 

 

 

TABUT PERJANJIAN YANG BARU/TENTANG DOGMA MARIA DIANGKAT KE SURGA

Bagaimana Maria dikatakan dalam gereja Katolik di mana ada hari Pesta Maria di angkat ke surga. Tak ada ayatnya dalam Kitab Suci. Kalau kita melihat 2 Sam 6 bdk Luk 1. 2 Sam 6 berkisah tentang tabut perjanjian yang dibawa ke Yerusalem oleh Raja Daud, dia menari-nari dan melonjak-lonjak kegirangan karena ada tabut perjanjian yang dibawa ke Yerusalem lalu orang-orang yang mmbawa takut dan harus berhati-hati, bahkan ada insiden mereka pegang-pegang tabut perjanjian tersebut dan ternyata salah lalu mati. Tabut Perjanjian tinggal selama tiga bulan di sana. Bdk Luk 1, kisah tentang Maria yang mengunjungi Elisabet. Ketika Maria datang ada yang melonjak kegirangan, yaitu bayi dalam kandungan Elisabet, Elisabet merasa tak pantas, siapakah aku sehingga ibu Tuhanku mengunjungi aku . Maria tinggal 3 bulan di sana. Untuk orang yang terbiasa dengan 2 Sam 6 maka mereka akan melihat dengan jelas bahwa kisah dalam Perjanjian Lama terulang kembali dalam kisah Maria mengunjungi Elisabet. Reaksi dalam tabut Perjanjian Lama terulang dalam kandungan Elisabet, sehingga dikatakan Maria sebagai tabut perjanjian yang baru.

 

 

ISI TABUT PERJANJIAN LAMA 

Dua loh batu à sabda

Dalam Tabut perjanjian berisi 2 loh batu atau 10 perintah Allah. Juga ada roti manna, ada tongkat Harun, tongkat imam.  Tabut Perjanjian Lama memuat Loh batu 10 sabda 10 perintah Allah, tabut perjanjian yang baru memuat sang sabda menjadi daging,

 

Tongkat Imam Harun 

Tabut Perjanjian Lama menyimpan tongkat imam Harun, tabut Perjanjian Baru, Maria mengandung Sang Imam Agung itu  sendiri

 

Ada roti manna sedangkan dalam Tabut Perjanjian Baru, Maria mengandung Yesus yang adalah Sang Roti Hidup.

 

Maka data ini cukup kuat memperlihatkan Maria diperkenalkan sebagai Tabut Perjanjian yang Baru

 

Apa yang terjadi dengan tabut perjanjian yang lama?

Lihat Wahyu 11:19 + 12:1 ada penampakan Bait Allah di langit dan tampaklah tabut perjanjian itu. Tapi kalau melihat dengan lebih cermat, ternyata setelah penampakan Bait Allah dan tabut perjanjian ke luar, maka terlihatlah seorang wanita. Artinya kalau Maria adalah Tabut Perjanjian yang Baru dan jelas dilihat kaitannya sangat erat, maka kalau tabut perjanjian yang lama diangkat ke surga, Tabut Perjanjian yang Baru pasti juga diangkat ke surga. Dengan dasar ini gereja Katolik menyimpulkan bahwa Maria diangkat ke surga, tak ada ayatnya tapi kalau membaca Kitab Suci dengan jelas dari awal sampai akhir maka kesimpulannya tak bisa lain Maria pasti diangkat ke surga.

 

Gereja Katolik tak mengada-ada atau membuat sesuatu yang baru tapi membuat eksplisit apa yang dikatakan secara jelas oleh Kitab Suci.  Dengan segala cinta kita mau berdialog dan terbuka tapi ada saatnya iman kita harus berbicara dengan bahasa yang mereka punya yaitu bahasa Kitab Suci. Kita diberi tanggungjawab untuk mengajak umat punya bekal dalam hal ini.  

 

Jakarta, 12 September 2009 

 belimbingku@gmail.com


    Informasi lain mengenai : INFO KEGIATAN :
  • 11 Nov 2007- Seminar Semakin Karismatik Semakin Katolik
    Seminar bertemakan Semakin Karismatik Semakin Katolik ini dimulai 30 menit terlambat dari jadwal yang seharusnya. Dihadiri oleh sekitar 400 aktivis/leaders Pembaruan Karismatik Katolik Keuskupan Surabaya. Romo Deshi mengawali seminar dengan meluruskan tema karena dikhawatirkan orang akan salah menduga bahwa untuk menjadi semakin Katolik hanya lewat gerakan pembaruan karismatik padahal pembaruan Karismatik hanyalah salah satu sarana yang menghantar umat menjadi lebih mendalami iman dan ajaran gereja Katolik [lebih lengkap ...]

  • Dongeng dari penutupan springtime di Surabaya
    Tak lama sesudah mendarat maka ramailah aneka ringtone hp para penumpang pesawat Indonesia Airasia berbunyi, ketika menuju pintu keluar bandara hp ku bergetar, rupanya dari salah seorang panitia menanyakan sudah sampai di mana.  Wah makasih banget atas segala perhatian dan kebaikannya, jadi terharu beneran. Itulah indahnya berjalan bersama Yesus, gak pernah ditinggal sendirian apalagi sampai kesasar. [lebih lengkap ...]

  • Bedah Buku Injil Apokrif-Menguak Injil-Injil Rahasia
    Ada begitu banyak buku yang menjadi best seller, misalnya The Da Vinci Code  yang tiba-tiba membuat orang-orang sadar bahwa ada injil-injil lain seperti Injil Maria Magdalena, Injil Filipus dan sebagainya, yang sebelumnya mungkin tak pernah disadari oleh banyak orang. Kemudian filmnya dibuat dan tahun lalu juga terbit Injil Yudas yang dipulibkasikan menjelang paskah dan lalu menjadi heboh karena dianggap akan menjungkir-balikkan segala hal kekristenan. [lebih lengkap ...]

  • 16 April 2007 BPPG Makassar dalam ber-Evangelisasi
    Dalam menyongsong pesta ulang tahun paroki Hati Kudus Yesus Katedral, maka Depas Katedral mengadakan Kursus Evangelisasi Pribadi seperti yang sudah ada di Jakarta dan Surabaya, dengan mengundang pengajar dari Jakarta dan Surabaya.Selebaran dan pengumuman dalam berita Paroki disebarkan ke masing-masing Paroki, dan mendapat tanggapan yang positif dari umat. [lebih lengkap ...]

  • Yesterday, Today & Tomorrow International Open Conference
    Berkumpul bersama kira-kira 1000 delegasi dari 84 negara dari semua benua sehari sesudah perayaan Pentakosta bagi International Open Conference yang diselenggarakan tanggal 5-9 Juni 2006 di Fiuggi-Italia, merupakan suatu pengalaman yang mirip dengan Pentakosta pertama: Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat (Kis 2:10). Peristiwa itu merupakan puncak dari kesibukan perencanaan dan persiapan yang dilakukan oleh Dewan ICCRS, Oreste Pesare, Claude Lopez dan kantor ICCRS di Roma dalam waktu lebih dari satu tahun. Peristiwa ini dilihat sebagai suatu peristiwa penting di dalam proses Mempersiapkan HUT ke 40 Pembaruan Karismatik Katolik . [lebih lengkap ...]

  • Pelantikan BPK Amboina
    25 Mei 2008 pelantikan BPK Amboina yang dilakukan dalam Misa umat jam 08.00 - 09.30 Yang melantik adalah Vikjen Keuskupan Amboina Pastor Yonas.Setelah kerusuhan Ambon 1998, maka banyak penduduk Ambon yang keluar dari sana dan keberadaan BPK Amboina menjadi kosong karena koordinatornya Bapak Christian mengungsi ke Perth. Beberapa tahun kemudian Pak Benny dan istrinya ibu Yohana kembali ke Ambon setelah mengungsi ke Bali. Mereka berdua berusaha untuk menghimpun teman teman dan selama kekosongan terjadi mereka suami istri yang menjadi penghubung antara BPK Amboina dan BPN. [lebih lengkap ...]

  • MISA DAN PELANTIKAN KEPALA SEP SHEKINAH YANG BARU
    Ibu Lenny telah terpilih sebagai Kepala SEP untuk masa bakti 2008-2011 menggantikan Ibu Monica Maria Meifung. Diadakan Misa Pelantikan yang dihadiri sekitar 120 orang dan dipimpin oleh Rm. Subroto SJ. [lebih lengkap ...]

  • Catholic Charismatic Centre SHEKINAH PONTIANAK
     Sabtu tanggal 18 April 2009 merupakan hari yang sangat berbahagia bagi gerakan Pembaharuan Karismatik Katolik di Propinsi Gerejawi Pontianak dengan diadakannya misa pemberkatan Catholic Charismatic Centre Shekinah Pontianak. [lebih lengkap ...]

  • ROH TUHAN ADA PADAKU
    Setelah melewati Novena Roh Kudus selama 9 hari, maka puncaknya BPK PKK KAJ menyelenggarakan KRK Pentakosta Minggu (31/5), bertempat di Integrity Convention Center, Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Utara. [lebih lengkap ...]

  • JOURNAL MODERNAS, PLENO & KONVENAS - BALI
    Tulisan ini merupakan catatan yang murni dari sudut pandang saya pribadi. Seandainya ada salah ditutur, salah di kata, salah dalam penulisan ataupun salah dalam berasumsi, saya mohon dengan sangat untuk dibukakan pintu maaf dan ampun selebar-lebarnya. Masa Prapaskah dan masa Paskah memang sudah lama berlalu, tapi sebentar lagi advent sudah di ujung hidung, namun saya percaya membuka pintu maaf tentunya tidak sekadar pada masa-masa tersebut saja. Saya bersyukur dan berterimakasih sekali untuk pintu-pintu maaf dan ampun yang terbuka sepanjang segala abad.. Terima kasih. [lebih lengkap ...]

  • BPK Banjarmasin Bangkit dan Bergerak
    Badan Pelayanan Keuskupan (BPK)  Banjarmasin terus menggeliat untuk segera mempersiapkan kader-kader PKK yang berkualitas. Oleh karena itu, pada tanggal 27-29 November 2009, BPK Banjarmasin menyelenggarakan Retret Dasar Kedewasaan Kristiani (BCM) bertempat di Aula SD Santa Maria. Retret tersebut mengambil tema “I Love Jesus, Deep Down in My Live” dan dilayani oleh Alb. Budi Sutedjo (Sie Kaderisasi BPN) dan Tanaska Januar (Koordinator BPKevikepan DIY). “Lewat retret ini diharapkan para kader PKK di Banjarmasin semakin matang dan siap untuk melayani”, ungkap Bapak Irsan selaku Ketua BPK Banjarmasin. [lebih lengkap ...]

  • SEMINAR SIGNIFICANT ATTITUDE

    Seminar ini diadakan dengan tujuan agar perilaku, sikap dan pandangan hidup kita dapat berubah menjadi penuh dengan integritas dan tanggung jawab. Sikap yang dipenuhi kuasa dalam perkataan, kematangan dalam perencanaan dan kekuatan dalam tindakan. Sehingga dapat memimpin dengan keyakinan dan menjadi orang yang disegani, dihormati dan dicintai. Itulah sepenggal sambutan dari Bapak Juswanto Pranoto selaku Ketua Panitia Seminar Significant Attitude (SSA) yang diselenggarakan pada hari Sabtu 23 Oktober 2010 di Auditorium Gedung BPPT – Jakarta Pusat. [lebih lengkap ...]

  • Turrist Orationist Ministry
    Turrist Orationist Ministry, atau lebih dikenal dengan TOM, adalah sebuah komunitas muda-mudi karismatik katolik Indonesia di Perth, Australia Barat. Nama TOM diambil dari bahasa Latin yang berarti menara doa.  Pada waktu didirikan tanggal 22 Agustus 2000, dengan beranggotakan sekitar 20 orang, TOM memiliki harapan menjadi suatu wadah pengembangan iman dan keluarga rohani bagi anak-anak muda katolik Indonesia yang menetap di kota Perth. [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.