Sunday, March 03, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | Artikel Menarik | ROH KUDUS | TEOLOGI | SABDA TUHAN | SAKRAMEN | DOA | EVANGELISASI | ICCRS Newsletter | KONVENAS XII - Jakarta 2012 |

Cari:



Alkitab Online


"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasa dengan orang congkak."
Kita perlu untuk jujur terhadap satu sama lain dalam menceritakan pelanggaran dan juga kemenangan kita. Saat kita bersikap tulus dan transparan terhadap orang lain, kita memberi mereka kemerdekaan untuk "membuka topeng mereka" di hadapan kita.

Amsal 16:19

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Artikel Iman : EVANGELISASI
SESI RETRET LEADERS 20-23 JANUARI 2005: SESSI 4



28 Agustus 2008

Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:

Sessi 4

 

SESSI 4

21 JAN 05 – 20.00

Penyembuhan

 

Aku akan mengacu pada Kitab Suci

Mari berdoa: Tuhan Yesus, kami mengakui Engkau sebagai Tuhan dan juruselamat kami. Kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau sudah menyertai kami dan hidup bersama kami. Utuslah Roh Kudus mu ke atas kami. Berikanlah kami ya Yesus supaya kami boleh memperoleh roh mu. Bunda maria doakanlah kami supaya kami bisa terbuka pada Yesus dan sabdanya.

 

Injil Lukas 7:

Menceritakan tentang Yohanes Pembaptis di penjara. Lalu para muridnya datang pada dia dan menceritakan apa yang dilakukan oleh Yesus. Yohanes Pembaptis yang sudah mengenal siapa Yesus itu. (Tentu kita masih ingat doa Yohanes biarlah Dia semakin bertambah aku semakain kurang). Yohanes makin kecil; Yesus makin besar.

 

Ketika murid Yohanes Pembaptis datang pada Yohanes dan menceritakan tentang Yesus, mereka iri hati, siapa sebenarnya Yesus yang melakukan banyak hal. Ini yang dikatakan Yohanes Pembaptis. Dia mengutus 2 muridnya dan berkata pada mereka untuk menemui Yesus. Dan katakanlah kepada-Nya bahwa aku yang mengutus kamu dan bertanyalah pada-Nya. Apakah engkau yang dinantikan atau kita masih harus menantikan orang yang lain lagi. Aku yakin Yohanes pembaptis tahu siapa sebenarnya Yesus tapi dia ingin memerkenalkan siapa Yesus pada kedua muridnya.

 

Kedua murid itu datang menemui Yesus dan menyanyakan pertanyaan itu. Mereka bertanya pada Yesus apakah Engkau yang dinantikan atau kami harus menunggu orang lain lagi. Dan Yesus tidak berpanjang lebar menerangkan secara teologis siapa Dia itu. Ini yang dikatakan Yesus. Kembalilah ke Yohanes dan katakan apa yang engkau dengar dan kau lihat. Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang lepra disembuhkan, yang tuli mendengar, orang mati dibangkitakan. Kabar gembira disampaikan pada orang miskin. Berbahagialah mereka yang tak menyalahkan Aku.

 

Lihat baris pertama: pergilah kembali dan katakan pada Yohanes apa yang kamu lihat dan dengar. Sarana yang paling hebat untuk penyembuhan adalah pewartaan injil Yesus kristus. Pewartaan sabda Allah yang disampaikan adalah sesuatu yang aktif. Ketika sabda Allah diwartakan maka Anda akan lihat akibatnya.

 

Kalau aku memikirkan tentang negeri ku Irlandia. Pada abad 4 atau 5 Irlandia adalah satu negara kafir. Banyak raja yang kafir dan belum pernah didengar tentang Yesus disana. Seorang pemuda bernama Patrick ditangkap dan dijual di Irlandia sebagai budak. Dia sangat membenci Irlandia karena kerjanya di gunung menjaga babi milik majikannya.

 

Dia berdoa terus menerus kepada Tuhan ribuan kali supaya Tuhan membawa dia keluar dari Irlandia. Akhirnya dia bisa melarikan diri dari Irlandia. Kemudian beberapa waktu ia bermimpi. Dalam mimpinya ada seorang anak kecil laki-laki yang minta kepadanya untuk kembali ke Irlandia. Patrick kemudian ditahbiskan jadi imam dan lalu jadi uskup. Ia kembali ke Irlandia. Dengan kuasa Allah dia mewartakan injil dan mengubah negara itu.  Ia membaptis dan membentuk keuskupan yang sekarang masih ada di Irlandia. Dari kebudayaan kafir yang bisa diambil dan dialihkan diambil yang tak bisa dibuang. Hal yang sama terjadi di Afrika. Mengapa Anda jadi orang Kristen sekarang ini karena ada orang yang datang dan mewartakan injil.

 

Inilah hal yang penting yang harus selalu kita bawa dalam doa yaitu supaya selalu ada orang yang mewartakan injil Yesus. Anda dan aku tahu ada bagian-bagian dunia di mana pewartaan injil sangat jelas dilarang. Mengapa? Karena setan tahu bahwa sabda Allah sangat kuat dan bisa membebaskan orang. Karena itu Ia mengatakan pada para murid bahwa alasan utama  Dia datang adalah untuk mewartakan injil. Karena itu di banyak negara terjadi krisis karena mereka mau berkompromi atas sabda Allah ini.

 

Aku selalu mengatakan pada para imam dan uskup bahwa Yesus mengatakan pada kita kalau dunia membenci mereka maka mereka akan membenci kita. Suatu kali di Denver beberapa tahun yang lalu aku bicara dihadapan 10.000 orang. Sekitar bulan Septermber karena November ada pemilu presiden. Meskipun aku tak bicara tentang politik aku katakan engkau tahu untuk orang Katolik, kita tak bisa menyebutkan apa yang disebut pro-choice karena hal itu adalah suatu kontradiksi.  Aku masih ingat bahwa aku mengatakan kalau aborsi sama sekali tak boleh terjadi karena kita tak boleh membunuh meskipun janin kecil, dia tetap itu hidup dan tak boleh dibunuh. Seorang imam menulis surat padaku dan mengatakan, sebenarnya Sr Briege kamu tak boleh bicara apa-apa tentang aborsi mungkin karena di antara jemaat ada yang sudah melakukan aborsi.

 

Aku muak dan tak menjawab surat itu. Kita seharusnya mewartakan sabda Allah. Anda harus mewartakan sabda Allah dan aku harus mewartakan sabda Allah karena mewartakan injil berarti menghadapi cara hidup Yesus. Karena kalau orang melihat cara hidup Yesus maka dia bisa mengalami mukjizat dan rahmat.

 

Ada orang menelpon dan bertanya apakah engkau terlibat dalamssatu badan pelayanan penyembuhan? Apa maksudmu tanyaku. Apakah engkau hanya berdoa untuk penyembuhan jasmani? Kujawab tidak. Aku bertanya apa gunanya badan sehat tapi masuk neraka. Kita semua tahu bahwa kita dalam perjalanan yang singkat saja. Kalau kita lihat iklan kecantikan tentang pengencang muka, dengan sebuah operasi Anda bisa awet muda dan hidup lebih lama nyatanya kita semua akan mati. Kita harus melewati itu dan tidak bisa tidak.  Mana yang dipilih mendengar tentang Yesus dan tahu apa yang terjadi dalam kematian atau hanya mengharapkan penyembuhan jasmani.

 

Kemudian Yesus meneruskan orang buta melihat. Kebutaan jasamani bukan alasan Yesus untuk datang ke sini untuk menyembuhkan mata fisik. Kebutaan yang paling parah bukan kebutaan mata jasmani tapi kebutaan moral dan rohani yang parah. Kalau Anda sudah buta secara moral dan rohani berarti sudah menuju  kehancuran bangsa. Ini yang dialami oleh banyak bangsa.

 

Mereka di banyak negara, termasuk negaraku secara moral sudah buta. St. Paulus rasul yang besar itu ketika sedang dalam perjanalan untuk menghancurkan orang kristen, pikirnya ia melakukan hal yang benar tapi sebetulnya ia buta. Ia bisa melihat. Ketika berjalan menuju Damaskus Ia membuat Paulus buta jasmani lalu Yesus membuka mata batinnya.

 

Anda tahu bahwa mata jasmani Anda bisa merupakan sebab kebutaan rohani. Ada satu saluran tv yaitu mtv, yang juga ada di Indonesia. Mereka menayangkan film-film yang keras, pornograpi. Dan mata adalah jendela hati. Apa yang terjadi atau dialami oleh pemuda-pemudi ini mereka mengijinkan melihat hal itu sehingga mereka buta secara moral dan rohani.

 

Inilah rahmat yang sangat hebat yang diterima oleh orang jika ia bertobat. Dr Nicholson sudah melakukan ratusan kali pengguguran, aborsi. Suatu kali dia tiba-tiba sadar bahwa dia melakukan pembunuhan. Mengapa dia bisa sadar? Karena matanya dibukakan. Anda dan aku sudah pernah bertemu dengan orang yang buta seperti ini dan kita bertanya bagaimana mereka bisa melakukan hal ini itulah sebabnya Yesus datang ia datang untuk menyingkirkan kebutaan kita. Ia memberikan sebuah rumah yang sangat baik bagi kita yaitu gereja.

 

Tidak ada tempat lagi ke mana Anda bisa pergi selain gereja yang bisa mengatakan pada Anda apakah kebenaran itu dan perdamaian. Coba pikirkan. Lihat kebutaan moral yang dialami beberapa gereja. Yang menerima pernikahan homoseksual yang bertentangan dengan ajaran Kristus. Yang juga mau menerima perkawinan kedua. Yang sebetulnya tak boleh Anda lakukan. Anda tak perlu takut mengatakan itu tak ada dalam ajaran gereja Katolik. Ada banyak orang Katolik yang sudah keluar dari jalan gereja tapi Yesus memanggil kita untuk kembali ke dalam gereja Katolik..

 

Salah satu issue yang menimbulkan banyak perdebatan yaitu keluarga berencana, kontrasepsi. Mungkin banyak orang berkata bahwa gereja Katolik tak bisa mengatur kehidupan seksual kita. Bagaimana hal ini bisa terajdi?

 

Permulaan tahun 1930 an gereja Anglikan menerima apa yang dianjurkan oleh kontrasepsi. Teolog-teolog Katolik mulai bicara pada Paus dan menekan Paus dan mengatakan bahwa orang membutuhkan kontrasepsi dan keluarga berencana. Paus Paulus VI mengumpulkan teolog dan pasutri. Dia mengadakan banyak rapat untuk hal itu.  Ketika perdebatan sengit terjadi di antara para teolog. Paus menyendiri 7 hari untuk mencari kehendak Tuhan. Setelah itu Paus menulis surat yaitu ajaran tentang hal ini kepada gereja Katolik. Kalau Anda sempat membaca sangat rinci. Ia tidak bernubuat apa yang akan terjadi. (Ensiklik Humane Vitae??) di situ banyak dituliskan mengenai perkawinan, kehidupan berkeluarga dan sebagainya. Banyak orang /pemimpin pada waktu itu secara moral benar-benar buta mereka membawa orang ke arah yang salah sehingga sekarang terjadi banyak masalah.

 

Kalau bangun pagi kita tak perlu menanyakan bagaimana pendapat aku tentang euthanasia, homosesx dsb karena Tuhan Yesus sudah memberikan ajaran yang paling benar. Itu sebabnya orang bilang ajarain Katolik keras. Syukurlah kita tak terombang ambing oleh angin.

 

Yesus berkata orang lumpuh berjalan. Lumpuh bukan pernyakit yang paling buruk. Kita mengenal banyak orang yang duduk di kursi roda tapi mereka orang kudus. Aku kira Yesus tak menyembuhkan semua orang di dunia ini yang sakit secara jasmani. Tapi kelumpuhan yang paling parah ialah pada rohani kita.  Banyak orang yang punya kaki sehat tapi hidup dalam kecacatan rohani penuh dengan ketakutan dan kebencian.

 

Kalau dia berkata bahwa orang lumpuh berjalan berarti Yesus membebaskan kita dari kebencian, rasa bersalah, apa saja yang mengganggu kita. Kita semua punya rasa takut. Kalau aku naik pesawat dan pesawat goncang, saya juga takut.

 

Wajar saja dalam diri manusia ada rasa takut misalnya melarang anak-anak jangan bicara pada orang asing. Tapi bukan ketakutan ini yang dimaksud. Ketakutan yang aku maksud adalah ketakutan yang tak bisa menjadi seperti apa yang diharapkan Allah pada kita. Aku ini bekerja dengan para uskup dan imam, aku selalu berkata mengapa engkau begitu takut bukankah kau punya kuasa Yesus.

 

Suatu hari di dalam  gereja di Irlandia ada satu orang yang lalu berteriak, berseru-seru sehingga gereja jadi ribut. Aku berkata pada pastor doakan orang itu. Pastor bilang jangan aku aku takut. Padahal Tuhan itu membantu gembala untuk melindungi domba dari serigala. Orang selalu bicara pada ku aku takut bicara pada anakku, nanti dia pergi, orang takut macam-macam takut berbuat ini atau itu dan sebaliknya. Yang menarik ialah pertama kali malaikat ketemu Maria malaikat bilang jangan takut. Dan para malaikat berkata pada para gembala untuk tak takut ke Betlehem dalam mimpinya Yosef juga diberi tahu untuk jangan takut mengambil Maria sebagai istrinya. Yesus terus menerus berkata pada rasulnya untuk tidak takut.

 

Ketika teks Petrus melihat Yesus berjalan di atas air dia sangat terpesona dan bilang kalau Engkau Yesus biarkan aku datang pada-Mu dan Yesus bilang datanglah Petrus. Aku selalu membayangkan Petrus langsung lompat dari tempatnya dan berjalan di atas air. Aku selalu berpikir. Semua teman-teman Petrus pasti berteriak, Petrus jangan lakukan itu kamu akan tenggelam, kembalilah.. Kadang kita saking takutnya sampai membuat orang lain juga takut.

 

Anda kenal Oprah Winfrey, aku diundang untuk hadir di talk show itu. 3 minggu sebelumnya aku menerima undangan itu. Aku berkata pada Yesus. Aku ingin masuk dalam tv di Amerika supaya bisa mewartakan Engkau. Lalu aku dapat telpon di kantor bahwa Oprah sudah membaca bukuku dan ingin aku datang dalam talkshownya. Orang mulai bertanya kamu masuk sana pasti ditanya macam-macam. Suster-suster kuatir, apakah kamu mau ditanya macam-macam tentang pastor perempuan. Apakah mau terus? Aku berdoa dihadapan Yesus ini kesmpatan-Mu, Tuhan harus berjalan maju.

 

Lalu uskup menelpon. Aku dan berkata senang kamu mau tapi aku beri kamu nasehat. Oprah seorang yang baik tapi pengikut new-age. Dan pastikan mendengarkan apa yang dikatakan Oprah. Lalu aku berdoa, ke misa dan ke studio. Aku senang ada seorang ibu Karismatik yang membawa 1 botol air suci dan mereciki studio. Dan berkata seandainya aku tahu aku akan mengundang seluruh orang Karismatik ke studio. Seandainya aku dengar orang yang kuatir mungkin aku tak jadi hadir. Ketika dia mulai bicara aku mulai ingat nasehat uskup. Akhirnya Oprah berkata Sr. Briege tak penting siapapun Yesus, dia kan cuma sebuha nama.

 

Kataku itu masalahnya karena hanya ada satu nama di mana kau bisa diselamatkan yaitu Yesus. Ketika aku melihat acara tv aku malah heran melihat diriku sendiri. Dan hal itu memberikan satu pelajaran bahwa kalau kita takut kita tak bisa melakukan apa-apa

 

Para rasul ketika mereka takut, ingat apa yang dilakukan Yesus? Ia mengutus Roh-Nya sendiri. Jadi kalau kita takut, ketika harus memberikan kesaksian atau kotbah katakan Roh Kudus tolonglah aku dan Ia akan menolong Anda.

 

Ketika aku diundang untuk bicara dihadapan iman dan uskup aku takut. Tapi hanya 2 menit lalu  aku bisa mengatasinya. Orang memang takut karena dibelengu tapi tak perlu takut karena Yesus yang akan melakukan segalanya. Berdoalah supaya disembuhkan dari rasa takut.

 

Hal lain lagi yang membuat kita lumpuh adalah rasa bersalah

Aku bekerja dengan banyak para imam dan mereka kadang masih ingat apa yang dilakukan dulu-dulu. Dan aku katakan kalau Anda mengaku dosa maka dosa itu tak ada lagi.  Mungkin Anda tak merasa menyesal tapi Anda merasa dosa dan mengaku dosa itu sudah baik dan Anda sudah diampuni. Kita semua berdosa dan pernah berbuat salah dan yang paling hebat ialah kalau Anda datang pada Yesus maka Ia akan mengampuni Anda.

 

Yang sangat buruk adalah kita tak mau mengampuni orang lain atau diri sendiri. Dan dari situ muncul suatu kebencian, rasis yang membenci orang lain. Kebencian itu membelengu dan membuat negara atau bangsa jadi lumpuh.  Tapi itu bisa dimulai dari diri kita sendiri. Anda mungkin terkejut kalau aku ceritakan ketika aku masih muda aku punya Mother Superior yang terrible. Aku waktu itu baru 17 tahun. Umurnya 80thn dan dia menganiaya aku.

 

Lalu pada suatu hari aku datang pada dia dan aku berlutut dihadapannya dan berkata aku benci kamu dan berharap tak pernah melihat kamu lagi. Seandainya bisa kuracuni mungkin aku lakukan juga :). 3 minggu kemudian  aku pergi dan kembali ke Irlandia. Aku ingat aku berdoa.aku tak peduli diutus kemana saja asal tak ke muder itu lagi.. 3 minggu kemudian aku berada dalam sautu biara yang indah. Muder datang padaku dan berkata: Delfina (namaku sebenarnya Delfina), ada seorang suster tua yang akan datang ke sini karena sekarat dan aku ingin kau merawat dia. Aku senang merawat orang tua dan ketika disebutkan namanya ternyata suster tua itu. Sekarang tibalah waktunya untuk pembalasan, kesempatan bagiku.

 

Ketika suster tua itu tiba dia menderita sakit tbc. Dia begitu kurus sekali. Aku pada waktu itu berumur 18 dan kuat sekali dan dia melihat aku dan berkata, duduklah, aku akan mengakukan sesuatu. Dia melanjutkan:  ketika engkau pergi ke Inggirs, engkau suka bercanda, penuh humor. Meskipun engkau disuruh melakukan apa saja engkau tak merasakah itu sebagai suatu masalah. Aku iri pada kamu yang masih muda. Aku melakukan sesuatu yang buruk dan aku menganiaya kamu supaya kamu pergi tapi Yesus menujukkan bahwa semua pekerjaan yang baik yang dilakukan oleh suster tua itu tampaknya seperti tumpukan kotoran karena tak ada kasih. Dan kamu tahu kamu melakukan yang salah. Kamu mengambil pedangku dan berperang melawan aku. 9 bulan aku merawat dia. Dan aku menjadi mengashi dia. Aku melihat api pencucian sedang berjalan. Dia sangat menderita. Dia suka bangun tengah malam dan meneriakkan nama orang,  kalau aku bertemu Yesus aku bersyukur atas kamul

 

Ini kasih yang diberikan sebelum dia meninggal: kamu tak akan pernah bertemu seorang yang semprurna, entah laki, perempuan, anak-anak, suster, uskup, iman dsb tak pernaa ada yang sempurna karena semua dipengaruhi dosa asal. Tapi jangan pernah membiarkan dosa orang lain kau ambil ke dalam hidupmu. Buatlah kasih menjadi tujuanmu. Berdoalah bagi orangn yang menganiaya kamu itu yang dianjurkan Yesus. Aku berdoa bagi dia, dan kematiannya menjadi begitu indah. Aku kira banyak diantara Anda yang benci pada suami, istri, ibu, teman. Memang banyak orang yang dibelengu oleh rasa benci atau permusuhan atau sakit hati. Berdoalah supaya hal itu tak membuat Anda lumpuh.

 

Kasih itu seperti magnit. Kalau Anda memancarkan kasih Yesus, orang akan tertarik pada Anda.

Yesus berkata orang kusta disembuhkan padahal pada zaman Yesus penyakit kusta sangat buruk. Aku pernah melayani di tempat-tempat yang masih punya penyakit kusta. Aku masih ingat di Nigeria aku melayani orang kusta dan ada seorang laki-laki tua yang terkena lepra dengan penampilan yang mengerikan, tak ada jari, tak ada hidung, tak ada telinga. Lalu bapak itu berkata kamu berdua tak bisa berbuat banyak untuk menyembuhkan kami. Dia menggoda kami dan dia tersenyum dengan begitu manisnya. Dia bilang aku disembuhkan. Sudah 40 tahun lamanya aku jadi pegawai di gereja. Dulu di sini tak ada gereja tapi para misionaris datang dan memperkenalkan Yesus sekarang banyak gereja dan Persekutuan Doa, Anda harus melihatnya. Penyakit kusta yang terburuk adalah yang mengubah bentuk dan menghancurkan; dosa.

 

Kalau Anda membiarkan dosa mengontrol Anda maka Anda akan berubah menjadi buruk rupa. Aku sering memikirkan kontes miss universe. Bagaimana kalau Mother Terese diikutkan sertakan. Tentu saja Mother Teresa tak akan menang kalau dilihat dari jasmani tapi wajahnya menyinarkan kasih Kristus. Ketika melihat Mother Teresa banyak orang yang tak percaya menjadi percaya

 

Lihat Bapa Paus yang sedang di atas kayu Salib. Lihat apa akibat dari semua itu pada dunia. Orang yang paling indah dan enak dipandang adalah orang yang penuh dengan rahmat, apapun penyakit yang dimilikinya dia tak peduli. Bayangkan kalau ada 1 orang berdosa pasti dampaknya bisa pada satu kelompok atau bangsa atau negara. Pemimpin negara seperti Stalin dan sebagainya, semua karena dosa. Apakah Anda merawat jiwa Anda sebagaimana Anda merawat tubuh Anda. Dosa adalah kusta yang sudah mengubah bentuk dunia menjadi kacau balau.

 

Ada orang liberal yang berkata mengapa orang selalu memuji Muder Teresa bukankah banyak orang melakukan hal yang sama.  Allah kadang membangkitkan seseorang yang akan dipakai sebagai alat untuk menunjukkan ini yang benar dan saharusnya dilakukan orang. Kita perlu bicara pada para muda-mudi bukan kecantikan jasmani yang penting tapi kecantikan jiwa. Aku punya anak rohani yang aku bimbing. Anak ini sangat komit pada Yesus untuk mengabikan dirinya.

 

Dia berkata dalam lemari pakaianku. aku hanya punya pakaian rapi yang enak dipandang. Dia bahkan mau bicara di sekolah umum di depan teman-temannya. Dia mengatakan pada teman-temannya bahwa dia senang mengaku dosa. Jangan mau menerima dosa dalam hidupmu karena Allah memberikan banyak rahmat dan gagasan. Yesus berkata orang tuli mendengar. Tapi ada ribuan orang tuli menjadi orang kudis. Tuli yang sangat buruk bukan tuli jasmani. Tapi yang paling buruk ialah kalau kita tak mau mendengar suara Tuhan dan tak mau dengar gereja.

 

Orang Katolik harus berdoa untuk mohon karunia disecrnment. Anda harus berdoa suapaya tahu suara yang benar. Harus dengar apa yang dikatakan Tuhan padaku. Aku begitu sedih dan kaget kalau ada banyak orang Katolik yang terlibat dalam aliran new-age ini.

 

Aku teringat, aku ditelpon oleh seorang temanku yang juga suster. Dia berkata aku punya satu pesan bagimu. Dia seorang wanita yang baik dan ia berkata ibu ini datang padaku, dan aku memijat dia dan dia bilang kamu kenal suster Briege dan saya ingin memberi kamu pesan dan dia mulai berkata pada temanku tentang masa depan apa yang akan terjadi.

 

Ketika dia mulai menceritakan hal itu aku merinding. Dan ternyata orang itu adalah dukun. Aku katakan pada orang ini. New-age dsb tak ada hubungan dengan Kristus. Reiki bukan ajaran Kristiani, bukan berasal dari Tuhan karena yang dipanggil bukan Tuhan.Meditasi transendental juga bukan dari Tuhan. Kalau Anda berdoa pada Roh Kudus maka Anda bisa mendengarkan dan membedakan mana yang berasal dari Tuhan mana yang tidak.

 

Tahun lalu ada seorang romo yang akan bicara pada para imam di Dublin. Lalu dia mengatakan bahwa dia menginterview 10 guru reiki di Irlandia yang sudah jadi besar. Semua sudah meninggalkan gereja Katolik. Sama dengan kelompok Samans.  Kita sekarang ini hidup pada suatu jaman yang penuh dengan penipuan yang menjauhkan kita dair iman Katolik.

 

Aku kenal banyak orang karismatik yang akhirnya jatuh pada aliran itu. Kalau orang mulai mengatakan ada taenga yang keluar dari aku aku hanya mengatakan apakah anda percaya Yesus yang menyembuhkan karena hanya dia yang bisa menyembuhkan. Karena itu berdoalah pada Roh Kudus supaya anda tak tertipu.

 

Aku sedang memberikan sesi pada pemimpin Karismatik di Amerika. Lalu imam mengatakan pada ku, ada seorang ibu di sini yang punya stigmata aku ingin kamu ketemu ibu itu. Lalu aku bilang jangan sekarng, nanti saja. Setelah selesai jadwal pelayanan, aku ingin tahu juga ibu yang punya stigmata itu. Aku bertemu dengan ibu itu. Dalam bayanganku tentu ibu itu ibu yang saleh dan mungil. Tapi ternyata ibu ini masih muda, sangat gembira tapi aku melihat luka di tangannya.

 

Karena ingin tahu aku ajak dia ke tempat yang sepi dan bertanya kepadanya beberapa hal. Dia bercerita dia dapat stigmata itu pada Jumat Pertama di depan tabernakel. Setiap pertanyaan yang aku ajukan dijawab secara teologis dan benar.

 

Lalu aku doa pada Yesus, apakah ini benar. Dan aku bicara pada suaminya dan 3 orang anaknya dan melalui jawabannya ada sesuatu dalam diriku yang mengatakan ini tak benar. Satu-satunya hal yang aku smpaikan pada pastor jangan pertemukan dia di depan umum. Aku katakan pada pastor aku tak tahu mengapa tapi stigmata kalau datang dari Tuhan bukan untuk dipamerkan. 3 minggu kemudian dia meninggalkan suami dan anak-anaknya. Ternyata stigmata itu bukan sesuatu yang asli, tapi palsu.

 

Aku sudah bertemu dengan orang yang punya stigmata dan asli dan benar-benar orang kudus.  Mungkin Anda bertemu dengan orang yang bisa mengadakan tanda dan mukjizat. Tapi si jahat pandai menipu. Bersyukurlah gereja Katolik sangat lambat untuk menyetujui hal-hal yang baru dan syukur pada Allah untuk hal itu. Lihat Mejugorje. 70 juta orang sudah berkunjung ke sana aku sendiri yakin itu tempat penuh rahmat dan orang berkata mengapa gereja tak mengatakan sesuatu. Tak perlu karena Mejugroje sudah membuktikan sendiri. Bunda Maria juga menampakkan di Irlandia dan baru disetujui100tahun kemudian.

 

Berdoalah untuk pembedaan roh dan jangan percaya pada setiap hal yang Anda dengar. Karena Anda bisa kessana kesmari mencari tanda dan mukjizat. Kadang kalau bersikap sekeptis itu tidak keliru.  Aku menerima banyak surat tentang wahyu Tuhan yang diterima orang tapi jangan gampang percaya. Dan terakhir Yesus sendiri mengatakan bahwa orang mati dibangkitakn.

 

Di Jepang ketika bukuku diluncurkan, seorang jurnalis berkata Sr. Briege berapa banyak orang yang kau bangkitkan dari mati. Aku mulai bertanya mati secara jasmani? Ya jawabnya. Aku tak tahu tapi kalau aku mati aku berdoa supaya tak ada orang yang membangkitkan aku. Tapi kalau yang kamu maksudkan secara rohani sudah banyak orang.

 

Aku bicara pada romo. Anda punya 20 menit setiap minggu untuk membangkitkan orang mati yang ada di bangku gereja Anda. Yesus datang untuk memberikan kita kehidupan. Lazarus memang dibangkitkan dari mati tapi akhirnya ia juga mati.  Kalau ada orang yang mau membangkitkan aku dari mati aku tak mau tapi kita harus berusaha agar orang secara rohani hidup. Setiap kali Anda membawa orang pada Yesus berarti Anda memberikan kehidupan itulah yang dimaksudkan Yesus.

 

Lihat banyak orang di negara manapun dibangkitkan dari kematian, orang itu mati secara rohani. Sr. Briege jadi orang Katolik itu membosankan. Berarti gerejamu beda dengan gerejaku. Karena menjadi orang kristen sangat fantastis. Anda tak tahu apa yang akan terjadi setiap hari tapi aku jamin jika Anda menghayati hidup Anda penuh dengan Roh Kudus hidup Anda akan jadi sangat mengesankan. Anda memang memikul salib tapi rahmat Allah ada pada orang yang benar-benar hdup. Mari mohon pada Tuhan supaya menyingkirkan kebutan kita, menyingkirkan belengu yang melumpuhkan, ketakutan, membuka telinga kita, memberikan jiwa yang benar-benar kita rawat dan mohon Tuhan supaya memenuhi kehidupan kita dengan hidup dan kasih-Nya sendiri. Ini yang paling penting dalam pelayanan penyembuhan. Kalau semua disembuhakan akan jadi baik Amin. Haleluya

 

 


    Informasi lain mengenai : EVANGELISASI :
  • PERTEMUAN DOA KARISMATIK
    Seminar Hidup Baru dalam Roh dimaksudkan menjadi pengantar kedalam hidup baru dalam Roh yang dihayati bersama-sama dengan orang-orang lain. Pengalaman membuktikan bahwa bila orang tidak menjalin hubungan dengan orang-orang lain yang menghayati hidup baru ini. Seminar tidak akan membuat perbedaan yang langgeng dalam hidupnya, dan hidup baru yang sudah dimulainya akan segera memudar. Lebih banyak dibutuhkan dan pada hanya Seminar saja. Karena itu harus dibuat suatu transisi dan Seminar kearah menjadi bagian dan kelompok atau komunitas. [lebih lengkap ...]

  • POLA PERSEKUTUAN
    Keunikan dari Persekutuan Doa Karismatik Katolik adalah: FOKUS KEPADA YESUS KRISTUS. Didalam Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat memfokuskan pikiran dan hatinya hanya kepada Yesus Kristus dan merasakan kasihNya yang tak terbatas.
    [lebih lengkap ...]

  • SEMINAR HIDUP DALAM ROH KUDUS
    Pembaruan Karismatik tidak berkehendak untuk mempromosikan perjalanan kembali yang simplistis dap sangat tidak historis ke Gereja Perjanjian Baru yang dicita-citakan meskipun pada waktu yang sama Pembaruan Karismatik mengakui peranan unik dari Perjanjian Baru dan peranan yang unik dari Kitab Suci sebagai penuntun yang berdasarkan norma untuk setiap generasi murid-murid Tuhan Yesus. Dengan tetap mengingat seruan Konsili Vatikan Kedua untuk aggiomamento (penyesuaian dengan perkembangan jaman), PKK berusaha menjadi pengurus yang baik yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya. (Mat 13,52). Perbedaan-perbedaan apa saja yang ada antara pembaruan- pembaruan yang terdahulu dan Pembaruan Karismatik, Pembaruan Karismatik berdiri dan ingin tetap berdiri dalam tradisi Katolik yang melahirkan kerasulan berkotbah dari ordo pengemis dalam Abad Pertengahan, latihan-latihan rohani Santo Ignasius, gerakan-gerakan liturgis dan gerakan-gerakan kerasulan dan gerakan rohani yang lain. Tekanannya mungkin berbeda, tetapi Pembaruan Karismatik juga ingin mengajak semua orang kepada pertobatan dan ingin memperbarui orang beriman yang kurang beriman yang terhambat oleh atheisme dalam budi dan dalam hati.
    [lebih lengkap ...]

  • TRADISI KATOLIK
    Banyak orang bertanya, apakah gerakan Karismatik Katolik adalah sungguh-sungguh “Katolik”. Pertanyaan ini muncul karena banyaknya perbedaan didalam tradisi gereja Katolik dengan apa yang terjadi didalam Persekutuan Doa Katolik Karismatik. [lebih lengkap ...]

  • Persekutuan Doa yang dicita-citakan
    Eddy Partadinata dan Roy Setjadi berbicara tentang Peranan kelompok Persekutuan Doa dengan mengambil dasar dari Ron Ryan.Di dalam session ini Eddy Partadinata mengemukakan bahwa PDKK mengembangkan suatu Visi yang menyatu di dalam Visi dan Misi Paroki. [lebih lengkap ...]

  • Perubahan Istilah dari Seminar Hidup Baru menjadi Seminar Hidup dalam Roh
    Istilah dalam bahasa Inggrisnya Life in the spirit seminar dianggap lebih cocok diterjemahkan sebagai Seminar Hidup dalam Roh. Seminar Hidup Baru sendiri banyak yang mengartikan seolah-olah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan telah dibaptis belum memiliki hidup baru dan belum memiliki Roh Kudus.  Ini merupakan kesan yang salah!! [lebih lengkap ...]

  • Mari Wartakan Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib!

    Patti Gallagher Mansfield, salah seorang peserta retret akhir pekan di  Duquesne, mendorong setiap orang untuk memberikan kesaksian pribadi kepada tetangga dan para teman mereka tentang apa yang Tuhan telah lakukan dalam hidup mereka.Seraya kita merayakan ulang tahun Pembaruan Karismatik Katolik yang ke 40 ( 1967-2007, red) , aku lebih diyakinkan dari yang sudah sudah bahwa  kesaksian pribadi itu merupakan satu sarana terpenting yang kita miliki dalam evangelisasi.  Kesaksian pribadi merupakan sarana menyebarkan pencurahan roh jauh dimasa-masa awal gereja, jauh sebelum adanya website dan email. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (1)
    Allah itu Maha Pengasih; Ia telah mengasihi manusia sejak awal mula penciptaan. Tetapi manusia pertama, Adam dan Hawa, jatuh ke dalam dosa, sehingga mereka diusir dari Taman Eden. Walaupun demikian Allah tetap  mengasihi manusia, dan Ia ingin membina hubungan pribadi dengan setiap manusia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ia mengutus PuteraNya yang terkasih, Yesus Kristus, ke dunia. Yesus rela menderita, di-ejek, dihina, bahkan sampai mati disalib, lalu bangkit untuk menyelamatkan kita semua. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (2)
    Menurut Paus Paulus VI, karunia-karunia karismatis adalah karunia-karunia dari Allah yang membuat Gereja lebih kaya, lebih bersemangat, lebih mampu menjadi tanda dan membuktikan diri ... [lebih lengkap ...]

  • Mengenal SEP/KEP
    Dampak ikut SEP atau KEP dalam umat diharapkan mereka lebih aktif hidup menggereja dan memasyarakat,yang tertidur bangun, yang mlempem giat kembali. [lebih lengkap ...]

  • Pola Menjadi Murid Kristus
    Dengan jiwa besar dan lapang dada, Yohanes Pembaptis menunjukkan Anak Domba kepada murid baptisnya. Dengan demikian ia pun siap ditinggalkan mereka, karena tugasnya adalah mempersiapkan jalan Tuhan. Dan pada saat ia membaptis Yesus, ia sudah tahu bahwa tugasnya akan segera berakhir. Ia akan semakin kurang dikenal dibandingkan Yesus yang datang belakangan. Karena ia adalah seorang yang berseru-seru di padang gurun dan mempersiapkan jalan Tuhan [lebih lengkap ...]

  • MENYEMBAH PENYEMBAHAN ??
    Saya sering diminta memberi Seminar tentang Pujian dan Penyembahan dalam persekutuan –persekutuan doa di Jakarta maupun di luar Jakarta. Seperti biasa bahwa pujian dan penyembahan diakui oleh kalangan karismatik sebagai jantung dari persekutuan doa namun ternyata “jantung” ini justru sering kali juga bermasalah bahkan ada yang memerlukan “by pass” saking berbahaya kondisinya bagi persekutuan tersebut. [lebih lengkap ...]

  • St. THOMAS AQUINAS, IMAM DAN PUJANGGA GEREJA (1225 - 1274)
    Seorang pertapa suci bernama Buono, datang ke kastil Rocca Secca dan membuat ramalan agung kepada Theodora (sang ibunda). Ia berbicara dan menunjuk ke gambar St. Dominic (waktu itu belum menjadi Santo). Ketika itu Thomas belum dilahirkan.“Hai nyonya, berbahagialah, karena engkau akan memiliki seorang anak yang akan dipanggil Thomas . Kau dan suamimu menginginkannya untuk menjadi Pemimpin biara Benedictin di Monte Cassino, dengan harapan ia akan hidup berkelimpahan. Tetapi Tuhan menginginkan lain, karena ia akan menjadi seorang biarawan ordo pengkotbah, Dominikan. Begitu agung dan kudus, dan tidak akan ditemukan dibelahan bumi lainnya, pribadi seperti dia!” [lebih lengkap ...]

  • Pesan Paus untuk Hari Komunikasi sedunia ke 36
    Saudara-saudari yang terkasih, 1. Gereja Perdana melaksanakan tugasnya dimulai dengan peristiwa Pentakosta, disaat Para Rasul, dalam kuasa Roh Kudus pergi ke jalan-jalan Yerusalem untuk mewartakan Injil Yesus Kristus lewat berbagai macam bahasa ( Kis. 2, 5-11 ). Dengan keberhasilannya sejak zaman purba, maka kini Injil tetap diwartakan di seluruh dunia, sehingga Kristianitas dapat berakar pada setiap tempat dan menggunakan berbagai ragam bahasa setempat. Karena itu mewartakan Injil kepada segala bangsa selalu harus mendasarkan kepada ketaatan kepada Yesus Kristus sendiri ( Mt. 28, 19-20 ) [lebih lengkap ...]

  • 25 Gejala-Gejala Kemerosotan Rohani

    Anda tentu ingat ketika pertama kali Anda menjadi seorang Kristen, bagaimana hati Anda terbakar dengan semangat yang kudus dan ucapan syukur, dan Anda merasakan keharuan ketika membaca Firman Tuhan atau menyanyikan pujian. Anda siap pergi ke bagian dunia yang terjauh untuk memberitakan Injil, apapun yang terjadi. Akan tetapi tidak lama semangat dan antusiasme itu mendingin. Anda tidak lagi bersemangat seperti dulu. Anda mulai menyadari kelemahan dan kegagalan-kegagalan Anda. Anda mulai merasakan perjuangan melawan dosa begitu sengit. Anda tidak lagi merasa pantas dikirim sebagai misionaris ke Tibet . [lebih lengkap ...]

  • The charisms of movements must be welcomed by the church
    In his speech Saturday, the Holy Father underscored the various gifts with which the ecclesial movements and the new communities have enriched the Church, especially since the Second Vatican Council: effective Christian formation, the witness of fidelity and obedience to the Church, missionary zeal, care for the poor, and a wealth of vocations. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, Lembah Karmel, Cikanyer(Sr. Briege McKenna, OSC & Fr. Kevi
    Tema-tema dari ketujuh sesi yang dibawakan secara garis besar adalah tentang; Baptis Roh Kudus dan Hidup Baru dalam Roh, Ekaristi, Pewartaan Injil, Penyembuhan, Peran sentral Maria dalam Gereja dan karya Penyelamatan Tuhan, dan Kehadiran Yesus yang sungguh dalam sakramen Maha Kudus. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 1
    Alasan mengapa kita ada disini adalah kita ingin bertemu Yesus Kristus. Ribuan orang berkumpul dengan berbagai alasan. Allah melihat setiap Anda masing-masing. Yesus knows the name and the face of everyone here this week end. That s the reason why we re going to have wonderful lessons these days. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 2

    Lord we ask you to send your holy spirit to our heart. Roh Kudus, Allah selalu mengajar hati orang-orang yang percaya, ajarilah kami hari ini. Biarlah kami bisa mendengar dengan hati kami dan semoga Engkau mau berbicara kepada kami dengan jelas.Sessi pagi ini kita mulai dengan doa Bapa kami yang diajarkan oleh Yesus. Semalam sr Briege mengatakan salah satu yang akan dibahas adalah Roh Kudus. Tahun kemarin Bapa Paus melakukan sesuatu yang tak biasa dilakukan pada hari Pentakosta. Ia mengundang banyak orang karismatik untuk berdoa malam di Basilika st Petrus bersamanya. Aku kira ini pertama kalinya terjadi kalau ada seorang paus yang minta satu kelompok untuk doa bersama dia.

        [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 JANUARI 2005, (SR. BRIEGE MCKENNA & FR. KEVIN): SESI 3
    Sore hari ini aku akan berbicara tentang 1 karunia yang sangat penting yang diberikan Tuhan pada kita. Aku akan mulai dengan menceritakan 2 kisah. Dan kalau Anda bertanya pada diri sendiri, apa yang akan Anda lakukan seandainya Anda menjadi orang yang ada dalam ceritaku nanti.Pertanyaan selanjutnya ialah mengapa orang itu harus melakukan seperti itu. Di Irlandia ada seorang wanita yang bernama Margaret. Ia menikah dan hidup di Dublin. Kalau Anda tahun tentang sejarah ada orang yang bernama Cromwel datang ke Irlandia dan membunuh banyak orang Katolik. Di gereja dan orang Katolik banyak yang dibunuh, ini adalah satu upaya untuk melenyapkan gereja Katolik. Kalau ada orang yang pergi ke misa atau melayani pastor pasti berarti mati. Kalau Anda tak ke gereja Katolik tapi ke gereja yang dikepalai oleh raja atau ratu maka akan dapat hidup enak. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 5

    Mari Berdoa:

    Yesus aku menyembah-Mu. Aku mengundang Engkau untuk datang Yesus. Datanglah dan kuasailah sessi ini sekarang. Datanglah Tuhan Yesus dan penuhi kami dengan kasih-Mu. Biarlah kami tetap mengarahkan pandangan kami pada-Mu. Dan mengakui bahwa Engkau satu-satu-Nya yang punya kuasa pada kami. Bunda Maria kami bersyukur karena engkau mau menjadi Bunda kami. Doakan kami hari ini supaya damai sejahtera dan kasih Yesus Kristus dapat mengalir ke dalam diri kami amin. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 6
    Di Irlandia ada seorang pemotong rambut yang sangat ahli. Setiap akhir minggu dia suka bersenang-senang dengan temannya. Itu berarti minum-minuman keras, jadi tiap week end dia sering minum. Biasanya kalau minggu pagi mabuknya belum hilang. Suatu minggu pagi dia merasa tidak enak seluruh tubuhnya. Sambil menunggu pelanggan dia mengasah pisau. Yang datang ternyata romo paroki. Pastor paroki itu berbadan gemuk, bermuka merah dan serius. Dia sudah mendengar kalau Jimmy, nama pemotong rambut itu, suka minum dan dia ingin dicukur cambangnya. Jimmy mempersilahkan romo duduk dan mukanya diberi sabun dengan sikat lalu pisau cukur yang tadi diasah lagi. Dan ketika sambil mengasah pisau itu dia berdoa. Katanya Tuhan Yesus, buatlah tanganku hati-hati jangan sambai muka romo tersayat. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 7
    Saya akan menjelaskan apa yang akan terjadi malam ini. Sebentar lagi akan dibacakan teks kitab suci dan sesudah itu sr Briege akan bicara lagi. Setelah sr Briege selesai akan ditahtakan sakramen mahakudus. Kita akan doa, puji dan nyembah dan nyanyi. Nanti saya akan berjalan keliling dengan montrans dan memberkati Anda. Sementara saya berkeliling sr Briege akan berdoa bagi penyembuhan Yang anda minta.

    Mari berdoa

    Tuhan Yesus kami datang untuk menyembah dan memuji Engkau malam ini. Kami datang ya Tuhan karena kami percaya hanya Engkau yang punya kuasa untuk menyembuhkan kami. Kami mohon curahkan Roh Kudus kepada kami malam hari ini. Kami datang dengan iman yang terbuka dan penuh pengharapan. Kami datang karena ingin disembuhkan secara rohani dan dalam hal-hal lain. Kami mohon Bunda Maria daokanlah kami dan berdoalah bersama kami. Amin. [lebih lengkap ...]

  • St. JOSEPH FREINADEMETZ ( 1852 - 1908)

    Joseph Freinademetz berasal dari Oies, sebuah dusun kecil yang menjadi bagian dari desa Badia,

    di tengah-tengah pegunungan Dolomites yang megah sekali. Rumah kelahirannya telah menjadi sebuah rumah doa di mana para peziarah dan para turis senang berhenti di sana untuk mengalami saat   hening,   tenang   dan   damai.   Mereka   meletakkan   ketegangan-ketegangan,   kecemasan- kecemasan  dan  hal-hal  yang  menjadi  buah  pikiran  mereka  di  depan  gambar  santo  ini.  Orang- orang  setempat  amat  berdevosi  kepada  `Ujöp  da  Oies ,  dan  engkau  akan  menemukan  gambar santo ini di hampir seluruh rumah di Val Badia dan Tyrol Selatan.Setiap gereja paroki di desa ini mempunyai  sebuah  sudut  yang  dibaktikan  kepada  misionaris  besar  ini.  Di  Alto  Adige  ada  dua gereja dan beberapa kapel yang memakai namanya. [lebih lengkap ...]

  • Melayani dengan Kuasa Roh Kudus
    Manusia cepat mengenali masalah, tapi lambat mengenali rahmat. Tak jauh berbeda dengan pengalaman para rasul. Pengalaman kehilangan Yesus membuat mereka menjadi takut. Lihat Petrus yang menyangkal Yesus, Maria Magdalena dan dua murid yang berjalan ke Emmaus yang dibutakan oleh ketakutan mereka atau para murid yang berkumpul bersama di ruang atas dalam ketakutan. [lebih lengkap ...]

  • Pemimpin Yang Visioner

    Visi adalah Motivator

    Tiga orang pria sedang bekerja disebuah konstruksi bangunan. Masing-masing sibuk dengan sekop, batu bata dan adukan semen. Seorang pejalan kaki menghampiri pria yang kelihatan sedang bekerja itu dgn malas-malasan dan bertanya, “apa yang sedang Anda kerjakan? Ia menjawab dengan cemberut, “Saya sedang memasang batu bata”.

    Pejalan kaki itu kemudian bertanya kepada pria yang lain yang kelihatan sedikit antusias dan mengajukan pertanyaan yang sama. Ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun tembok”. Kemudian ia bertanya ke pria yang ketiga yang tengah serius bekerja, bersemangat dan kelihatan tidak mau terganggu. Ketika ditanyakan hal yang sama, ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun Katedral”. [lebih lengkap ...]

  • PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK (PDKK)
    Seakan sedang menonton sebuah penayangan acara laporan di televisi layar datar, saya mengingat kembali kondisi Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK-PDKK) di Indonesia.
    Arti kalimat pembuka ini : saya dapat melihat dengan jelas  keadaan PDKK di berbagai tempat. Secara global, persentasi jumlah PDKK yang kwalitasnya (termasuk kwantitas umatnya) mengalami penurunan / kemerosotan, jauh lebih signifikan daripada jumlah PDKK yang mengalami peningkatan dalam ke dua hal tersebut. Apabila keadaan ini tidak mendapat perhatian istimewa dari Badan Pelayanan Keuskupan (BPK-BPK) dan para pengurus PDKK-PDKK, maka situasi ¡§hidup segan mati tak mau¡¨ akan menjangkiti sebagian besar dari PDKK yang ada [lebih lengkap ...]

  • Perjanjian
    Perjanjian adalah suatu persetujuan (kontrak) antara dua orang (kelompok) untuk mencapai suatu tujuan dengan syarat-syarat tertentu. Dalam proses, perjanjian membentuk suatu pertalian khusus antara kedua pihak, yang mengikat mereka untuk memenuhi syarat-syarat perjanjian pada waktunya. Pertalian khusus antara kedua pihak menjadikan mereka istimewa satu terhadap yang lain. Biasanya perjanjian diadakan oleh dua pihak yang setara (sama derajatnya). Jadi perjanjian antara Tuhan dan manusia adalah perjanjian luar biasa, karena Tuhan yang mahatinggi mau mengadakan perjanjian dengan manusia yang rendah derajatnya. [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.