Sunday, March 03, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | Artikel Menarik | ROH KUDUS | TEOLOGI | SABDA TUHAN | SAKRAMEN | DOA | EVANGELISASI | ICCRS Newsletter | KONVENAS XII - Jakarta 2012 |

Cari:



Alkitab Online


"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasa dengan orang congkak."
Kita perlu untuk jujur terhadap satu sama lain dalam menceritakan pelanggaran dan juga kemenangan kita. Saat kita bersikap tulus dan transparan terhadap orang lain, kita memberi mereka kemerdekaan untuk "membuka topeng mereka" di hadapan kita.

Amsal 16:19

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Artikel Iman : EVANGELISASI
20 - 23 JANUARI 2005, (SR. BRIEGE MCKENNA & FR. KEVIN): SESI 3

Items


 12 Juli 2008

Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:

Sessi 3

                                                     21 jan 05 jam 16.00

Sore hari ini aku akan berbicara tentang 1 karunia yang sangat penting yang diberikan Tuhan pada kita. Aku akan mulai dengan menceritakan 2 kisah. Dan kalau Anda bertanya pada diri sendiri, apa yang akan Anda lakukan seandainya Anda menjadi orang yang ada dalam ceritaku nanti.

 

Pertanyaan selanjutnya ialah mengapa orang itu harus melakukan seperti itu. Di Irlandia ada seorang wanita yang bernama Margaret. Ia menikah dan hidup di Dublin. Kalau Anda tahun tentang sejarah ada orang yang bernama Cromwel datang ke Irlandia dan membunuh banyak orang Katolik. Di gereja dan orang Katolik banyak yang dibunuh, ini adalah satu upaya untuk melenyapkan gereja Katolik. Kalau ada orang yang pergi ke misa atau melayani pastor pasti berarti mati. Kalau Anda tak ke gereja Katolik tapi ke gereja yang dikepalai oleh raja atau ratu maka akan dapat hidup enak.

 

Margaret punya seorang putra yang ambisius yang ingin jadi walikota Dublin. Karena dia Katolik, berarti tidak mungkin. Dia meninggalkan imannya dan pindah ke agama yang diakui oleh negara. Ibunya menjadi sangat berkecil hati karena Margaret adalah soerang Katolik yang saleh. Ibu ini menolong banyak pastor yang melarikan diri, jika dia tahu ada pastor yang lari dia memberi tempat tinggal, makan dan menyediakan tempat untuk misa. Dia akan melakukan apa saja agar anaknya hadir dengan menolong banyak pastor agar anaknya bertobat dan kembali pada iman Katolik. Tapi anaknya sangat ambisius. Akhirnya si anak jadi walikota Dublin. Dia tahu ibunya masih menghadiri misa dan bertentangan dengan hukum. Ibunya ditangkap dan diseret sepanjang jalan kota Dublin, wajahnya menghadap ke jalan yang sangat kasar. Margareth dipenjara dan mati dalam penjara. Sekarang tanyalah pada diri sendiri, apakah berharga mati untuk ekaristi. Mengapa dia mati?  Kalau seandainya dia berkata aku tak percaya dan tak ikut misa maka dia akan hidup. Tubuhnya memang mati. Beberapa tahun lalu Bapa Paus menjadikan dia seorang Beata di Irlandia.

 

Seandainya sekarang ini Anda ditantang untuk memilih antara 2 pilihan tetap Katolik menerima ekaristi dan mati atau meninggalkan itu. Mengapa orang Katolik pergi ke gereja lain mengapa? Karena mereka tidak benar-benar mengerti apa itu ekaristi. Setiap tahun ada banyak ribuan orang dari gereja Pentakosta masuk ke gereja Katolik karena mereka memahami apa itu ekaristi.

 

Seorang wanita di Inggris yang mau menghadiri misa, pokoknya kalau ada pastornya dia mau misa. Dia biasanya mengajar anak kecil yang diajarkan adalah iman Katolik. Seorang pembawa berita datang kepada ibu muda ini dan dia ditangkap, ibu yang sedang mengandung ini diadili, ketika hakim melihat dia hamil, dalam usia 20thn, hakim mencoba tidak terlalu keras kepadanya. Hakim itu berkata kepadanya untuk berjanji tidak ke misa lagi atau mengajarkan iman Katolik pada anak-anak. Dia diminta untuk bersumpah sambil berdiri. Dia tahu apa akibatnya kalau dia disuruh mengambil sumpah, dia tidak mau. Dia kemudian berdiri dan bersumpah aku lebih baik mati daripada tidak bisa menikmati sukacita misa. Dia tahu pada saat dia mengucapkan sumpah itu dia akan mati. Dia mati dengan cara ditindih dengan beban yang berat. Yang mati adalah dia dan kandungannya. Sekarang dia diberi gelar kudus st. Margareth dari York.

 

Gereja Katolik penuh dengan para martir yang mau dan bersedia mati karena ekaristi. Banyak orang di China yang meninggal termasuk para pastor Irlandia, meninggal karena diburu oleh pemerintah.

 

APA ITU EKARISTI

Apa itu ekaristi dan mengapa orang bersedia mengorbankan nyawanya? Apakah peristiwa terbesar yang terjadi di dunia ini? Yaitu ketika Allah mengutus putra tunggal-Nya ke dalam dunia ini. Berjuta-juta tahun lamanya orang berjalan dalam kegelapan. Doa itu sudah masuk ke dalam dunia dan pintu surga tertutup. Dan kemudian Tuhan mengutus Yesus. Yesus seperti kita tahu datang dalam ujud seorang bayi mungil. Tapi misinya mengarah terus ke Yerusalem.

 

Yesus dilahirkan untuk mengalahkan setan, mengalahkan dosa dan maut dengan kematian dan kebangkitan-Nya. Seperti kalau kita lihat dalam dunia sekarang ini di mana ada negara mengadakan perjanjian perdamaian maka buah dari perjanjian itu akan mempengaruhi umat di kedua negara tersebut.

 

Aku berasal dari Irlandia utara dan banyak terjadi kekacauan baik agama atau politik dan kalau ada perjanjian perdamaian di Irlandia maka keluarga dan kerabat merasakan buah perjnajian itu. Mungkin di Indonesia tak merasakannya.

 

Tapi peristiwa yang terjadi di atas kalvari mempengaruhi semua manusia di dunia ini. Penderitaan, kematian dan kebangkitan Kristus membawa pengaruh bagi semua orang tak perduli agama mereka apapun. Islam, Protestan, Katolik, Budha dsb. Banyak yang tak tahu hal ini tapi Anda dan aku tahu hal ini. Bahwa Yesus saja yang menginginkan kita selamat. Itu adalah suatu peristiwa yang paling hebat yang bisa terjadi di atas bumi ini.

 

Karena peristiwa ini mempengaruhi semua umat manusia dan bagi Allah tak ada batasan waktu. (Waktu hanya ada diantara kita tapi Tuhan tak dibatasi dengan waktu). Jadi Allah membuat sesuatu yang sangat luar biasa malam sebelum dia menderita dia mengumpulkan 12 murid-Nya dan diajak makan malam. Malam itu Ia melakukan sesuatu yang luar biasa. Ia menahbiskan keduabelas murid-Nya dan memberi kuasa. Yesus memberi kuasa pada para rasul dengan berkata setiap kali engkau berkumpul bersama dan merayakan dengan roti dan anggur, melalui kamu Aku akan menghadirkan kembali peristiwa ini. Sejak Kamis Putih itu sampai hari ini dalam gereja Katolik kita telah merayakan peristiwa tadi.

 

Jadi apa itu misa. Mass is actual passion death and resurrection of Jesus. Itu adalah kurban yang dipersembahkan supaya Anda bisa selamat. Kalau Anda baca tentang penderitaan Kristus, mungkin kalau baca kisah sengsara Kristus kita akan berkata seandainya kita hadir aku akan menolong Kristus. Setiap kali Anda hadir dalam misa Anda hadir dalam peristiwa itu. Anda tahu Yesus hanya mati satu kali saja.

 

Kalau kita melihat tv. Anda dan aku bisa menyalakan tv dan bisa melihat sesuatu yang terjadi 40 tahun lalu. Dan Anda bisa melihatnya seolah-olah peristiwa itu masih terjadi. Tapi dengan ekaristi, pada saat pastor mulai memberkati roti dan anggur maka waktu tidak berlaku lagi, dulu dan sekarang sama saja. Karena itulah mengapa ekaristi adalah pusat kehidupan Kristiani kita. Ingatlah kalau kita menghadiri misa, tidak berarti melihat satu pertunjukan. Kalau Anda bilang misa membosankan dan tak dapat apa-apa aku akan menjawab Anda dapat keselamatan. Kita orang Katolik tak menekankan perasaan atau emosi. Misa bukan soal perasaan atau emosi.

 

Misa itu ingatlah dipersembahkan oleh seorang pastor yang ditahbiskan oleh uskup dan penerus uskup dan harus dipersembahkan oleh pastor sah, yang menjadi sasaran kalau orang menjelekkan dan  menyalahkan gereja Katolik dan uskup. Karena setan tahu apa intinya, Setan akan berusaha melakukan apa saja untuk membuat Anda jauh dari gereja Katolik. Jadi aku mengatakan pada Anda sebagai seorang Katolik, sadarilah bahwa doa yang paling besar adalah ekaristi.

 

Anda sudah melihat The Passion of Christnya Mel Gibson? Memang ada banyak tanggapan dari berbagai belahan dunia. Banyak orang berkata too bloody.  Aku dan Fr. Kevin bertemu dengan Mel dan bertanya kepada Mel dan dia berkata kepada kami. Ternyata mereka mengalami serangan-serangan setan (para crew film) kami tahu bahwa kami melakukan seuatu yang amat besar.

 

Bahkan orang Katolik sendiri dari aliran bebas merasa kenapa Mel harus berbuat seperti itu? Setan marah tapi kita orang Katolik mengatakan itu sebuah film, tapi misa adalah hal yang sesungguhnya. Itulah sebabnya mengapa banyak orang laki-laki dan wanita meninggal karena mereka tahu bahwa ekaristi adalah Yesus itu sendiri.  Itulah sebabnya juga Paus terus menerus menghimbau orang Katolik untuk hadir dalam misa dengan sungguh-sungguh karena Yesus hadir.

 

Hal kedua tentang ekaristi adalah persekutuan dengan Yesus. Selama retret ini bacalah Yohanes 6 dari awal hingga akhir. Yesus berkata Akulah roti hidup dari surga. Ia mengatakan kepada para rasul dan murid-Nya. Aku akan memberikan tubuh dan darah-Ku sendiri. Ia mengatakan bahwa barang siapa makan tubuh-Ku dan minum darah-Ku akan memiliki kehidupan kekal. Dan orang yang mengikut Yesus tidak bisa menerima perkataan Yesus. Banyak yang meningglakan Dia. Mereka hanya mencintai keajaiban dan mukjijat Yesus.

 

Sekarang ini banyak orang yang senang hal-hal sensasional yang membuat orang kagum tapi banyak yang tak mau menerima ekaristi karena ekaristi tak bisa dipercayai dengan pikiran tapi dengan hati. Tapi apa yang Yesus lakukan? Dia tak memohon mereka untuk tidak pergi. Dia berkata Yesus berpaling kepada orang yang dipilihnya walaupun orang pilihan itu juga sulit.

 

Bayangkan saja misalnya yang berdiri disini Rm. Yohanes. Ini cuma analogi. Romo Yohanes bilang aku sangat mengasihi Anda semua, aku akan memberikan tubuhku sendiri untuk kamu makan. Mungkin Anda pikir romo Yohanes sudah gila. Bayangkan para rasul pada saat itu seperti itu melihat Yesus dengan tubuh-Nya sendiri. Dan Yesus mengatakan perkataan itu kepada mereka. Aku akan memberikan tubuh-Ku sendiri sebagai makananmu. Dan para rasul tertantang. Yesus bertanya apakah kamu juga mau meningglkan Aku? Ini hal yang luar biasa tentang gereja Katolik. Gereja Katolik tidak mau berkompromi tentang kebenaran supaya Anda mau menerima.

 

Tapi Petrus yang sungguh-sungguh mengasihi Yesus, apa yang dikatakannya, mungkin mereka tidak bisa mengerti dengan pikiran tapi dengan hati dan iman dia bisa mengerti. Kepada siapa lagi kami akan pergi Tuhan?. Kami percaya dan kami yakin itu yang dikatakan Petrus. Itu yang diminta Yesus dari kita. Apakah aku yakin akan iman Katolikku sendiri.

 

Di Amerika banyak orang yang menelpon aku. Dan kalau Protestan aku akan bicara pada mereka. Kalau Anda baptis atau aliran apa saja jadilah orang gereja baptis yang sesungguhnya. Aku Katolik dan benar-benar percaya pada imanku dan pada ajaran gerejaku. Beberapa tahun yang lalu, seorang wanita muslim muda dari Nigeria yang minta didoakan karena punya penyakit parah. Kukatakan aku Kristen, Katolik, sebelum aku mendoakan Anda aku akan berkata bagiku nabi Isa bukan nabi bagiku, Yesus adalah Allah, jadi kalau nanti aku mendoakan ibu aku akan berdoa pada Yesus yang adalah Allah.  Wanita cantik ini hanya tersenyum dan berkata aku mengagumi kesetiaan imanmu pada Yesus. Jadi kalau Yesus mengatakan bahwa kita akan memakan Dia apa maksudnya?

 

Pada waktu orang Katolik maju dan menerima komuni. Mereka menerima tubuh jiwa dan keilahinan Yesus Kristus. Kita makan makanan supaya tubuh kita sehat. Dan makanan yang menyehatkan itu adalah diri Yesus sendiri. Bapa Paus sudah mengatakan banyak hal tentang ekaristi. Tapi banyak orang Katolik sekarang ini maju terima komuni seakan-akan hanya roti saja.

 

Aku punya teman seorang pastor yang jadi misionaris di Afrika. Dia menceritakan kisah soerang ibu dari Aftrika yang telah mengajarkan satu pelajaran indah bagi pastor ini. Dia masuk ke Afrika sebagai seorang pastor muda. Tugasnya yang pertama yaitu pergi ke satu tempat kelompok bushman. Pemuda putih yang dibaptis. Pada waktu mengorbankan misa ada seorang ibu yang merangkak dengan tangan dan lutut maju terima komuni. Ketika dia sampai di depan altar, waktu itu sebelum konsili Vatikan II, Anda harus puasa 12 jam dan hanya menerima komuni di mulut. Gereja dari gubug dan hawanya panas dan pastor muda tak terbiasa dengan hal itu.

 

Pastor muda yang akan memberi komuni ke dalam mulut ibu ini melihat wajah si ibu bersinar-sinar ketika memandang si pastor, kemudian dia menerima komuni dan kembali ke bagian belakang. Kemudian setelah  kembali ke pastoran dia bertanya pada temannya. Adakah yang tahu  tentang wanita yang jalannya merangkak itu. Jawabannnya adalah ya aku tahu, dia selalu tersenyum. Pastor muda itu berkata senyum itu membuat aku tersentuh.

 

Pastor yang lebih tua ganti bercerita kepada pastor muda itu. Aku adalah pastor kedua dari gereja ini. Ketika aku sampai di sana. Ibu tadi itu selalu menunggu di depan gereja pada hari minggu dan Jumat Pertama, sebelum gereja dibuka dia sudah menunggu disana. Ibu ini memang selalu merangkak begitu dan menerima komuni dan orang-orang berjalan disekitar dia.

 

Aku bertanya pada katekis mengapa dia merangkak, apakah dia menghormati ekaristi. Dan katekis itu berkata tidak romo, dia tak punya kaki. Dia kehilangkan kakinya karena gangren. Dia merangkak setengah mil/800 meter. Lalu pastor bilang, kok merangkak jauh hampir satu kilo sebaiknya dia taku usah datang, aku yang bawa komuni ke tempatnya.

 

Jumat Pertama berikutnya pastor pergi ke rumah si ibu. Ibu ini senang sekali karena ada pastor yang mengunjungi dia. Dan pastor menjelaskan kenapa dia datang, yaitu meminta ibu itu untuk tidak harus datang ke gereja, aku bisa datang membawa ekaristi pada ibu. Si ibu nangis, pastor, katanya, nenek myoangku orang kafir. Hanya beberapa waktu yang lalu kelaurga aku dan aku menerima iman Katolik.  Ketika aku tahu bahwa Allahku datang dalam rupa roti mengapa aku tak boleh merangkak untuk menerima Dia, mengapa Dia yang harus datang padaku. Aku ingin menunjukkan bagaimana aku mengasihi Yesus. Ibu itu menyingkap roknya menunjukkan kakinya sudah hilang dan karena merangkak lututnya luka. Ibu itu berkata apakah romo mau menjadi sebuah roti supaya bisa dimakan orang? Dia meneruskan: romo terima kasih tapi biarkan aku tetap merangkak untuk menerima Yesus. Apakah Anda mau merangkak? Kita dengan mudah menyerah. Ibu itu mengerti bahwa roti itu adalah Yesus sendiri. Ini adalah karunia yang amat besar yang kita terima.

 

Dalam Injil ada wanita yang berkata kalau saja aku menyentuh ujung jubah-Nya aku akan sembuh. Katolik tak menyentuh Yesus tapi kita malah menerima tubuh Yesus. Kita orang Katolik harus tahu kalau punya penyakit kita bisa datang langsung pada Yesus. Aku telah melihat banyak orang mengalami mukjizat hanya melalui ekaristi. Beberapa waktu yang lalu ada seorang pemudi yang didiagnosa kena penyakit CA tinggi dan tak ada harapan, ayahnya seorang dokter. Dia dibaptis Katolik. Tak pernah mempraktekkannya. Katolik tapi tak beriman dan pada umur 23 dia kena kanker hati. Dokter berkata aku tak tahu bahkan kalau memberi perawatan apakah bisa menyembuhkan.

 

Lalu gadis itu masuk ke ruang kerja ayanhya untuk membaca kanker macam apa yang diderita. Lalu dalam kantor itu ada sebuah buku Miracle do happen. Ketika dia bawa pulang dan baca buku itu dia berkata pokoknya aku harus ketemu suster ini. Waktu itu aku ada di Florida. Suster-suster datang masuk di biara dan sebuah mobil berhenti dan seorang gadis berambut pirang keluar dari mobil. Dia lari mendatangi aku dan bertanya tahukah Anda dimana suster Briege tanya gadis itu pada suster Briege sendiri. Gadis itu tak tahu kalau  berbicara kepada aku. Dia lalu menceritakan kisahnya dan berkata seandainya suster ini bisa menyembuhkan aku. Akhirnya kuputuskan untuk menceritakan siapa aku. Lalu kuajak dia ke kapel dan di pintu tabernakel ada montrans, tabernakel yang berpintu, jika kau buka pintu kecil maka ada hosti di dalamnya.

 

Nama gadis itu Ann dan kuajak dia masuk dan kuminta diaberlutut dan aku berkata kepada Ann: lihat hosti itu. Itu Yesus. But it s not really Him kata Ann. It couldn t be him. Aku katakan itu Yesus. Dia hadir seperti kamu ada disebelahku saat ini. Apalagi sebagai orang Katolik aku bisa datang ke gereja ikut misa dan makan Yesus supaya dia masuk ke dalam tubuhku. Ann tadi kamu bilang kamu menderita sakit kanker yang parah mengapa kau datang padaku? Aku hanya alat. Itu Yesus datanglah pada Dia. Dia berkata papa dan mama ku mungkin tak percaya hal itu karena mereka tak pernah mengajak aku ke gereja.

 

Ann kataku, aku ingin kau melakukan sesuatu untukku. Aku tahu di mana dia tinggal, satu blok dari rumahnya ada gereja Katolik. Aku mau kamu menghadap pastor lalu dia menceritakan kisah hidupnya dia perlu mendapat sakramen pengakuan dosa. Aku ingin kamu menghadap pastor dan mengaku dosa. Pokoknya ceritakan pada pastor dalam pengakuan apa saja yang telah kau lakukan. Kembalilah ke misa. Meskipun kamu ragu-ragu tetaplah mengatakan pada dirimu sendiri bahwa itu adalah Yesus. Mungkin orang lain mengatakan orang Katolik gila itu bukan Yesus tapi kita Katolik tahu bahwa itu adalah Yesus. Ini memang suatu misteri jadi kita tak bisa menjelaskannya. Yang kita lakukan adalah berdoa dan percaya.

 

Ternyata gadis itu jadi bersemangat dan ingin bertemu Yesus. Setelah itu aku berkeliling melayani di berbagai tempat selama 2 atau 3 bulan. Ketika aku kembali salah seorang suster bercerita dan berkata. Dia  pergi ke misa dan mendapati seorang bapak yang berlutut di depan patung Bunda Maria dan menangis dan suster mendatangi bapak ini dan bertanya apa yang bisa dibantu? Tidak apa-apa, katanya, aku seorang dokter dan ingin tahu gereja mana yang membuat anakku kembali ke gereja Katolik. 3 minggu setelah menerima komuni, si gadis di test lagi dan dia tak punya kanker sama sekali dan seluruh keluarga kembali jadi Katolik.

 

Aku bisa duduk di sini dan bercerita tentang apa saja tentang perkawainan dan seksual tapi orang disembuhkan melalui ekaristi. Pada waktu aku duduk di sini, jika Anda Katolik yang telah meninggalkan gereja atau tak menerima komuni, jangan tinggalkan ekaristi karena itu adalah suatu karunia besar. Jangan pernah takut karena banyak hal dalam iman Katolik yang tak bisa dijelaskan. Itu seperti seorang anak kecil yang ditanya apakah bisa menerangkan Trinitas padaku? Si anak menjawab itu misteri. Jadi berdoalah, mintalah kepada Yesus untuk membantu Anda percaya karena setiap hari aku berdoa supaya Yesus membuat aku untuk percaya.

 

Ekaristi melalui misa adalah satu kehadiran Yesus yang nyata. Kalau Anda masuk ke dalam gereja Katolik dan melihat lampu merah. Lampu itu mengingatkan Anda bahwa disitu ada seseorang yaitu Yesus Kristus sendiri yang hadir secara nyata.

 

Ada banyak negara seperti Belanda, Amerika, dsb yang tadinya negara Katolik ternyata sudah tak percaya lagi pada kehadiran nyata. Di Belanda ada sekitar 6000 imam yang meniggalkan gereja. Eropa yang tadinya benua Kristen sekarang tidak lagi. Satu demi satu mereka kehilangan imannya. Banyak negara di Eropa dan Amerika yang tidak lagi menjadikan tabernakel sebagai pusat hidup. Banyak Pastor kehilangan kehadiran nyata dari Kristus, mereka tak lagi percaya. Karena itu Paus menghimbau orang aKatolik untuk kembali ke gereja. Kalau Anda duduk dihadapan monstran dan ada sakramen mahakudus sadarilah itu Yesus. Yesus sebagai satu pribadi yang sudah dimuliakan bukan sekedar barang atau benda tapi nyata pribadi Yesus.

 

Tahun ini dideklarasikan sebagai tahun ekaristi. Dia menghimbau agar orang Katolik menyediakan waktu untuk merenungkan dan menemukan kembali makna ekaristii. Aku himbau Anda agar adorasi digalakkan di paroki-paroki mungkin bisa mengatakan pada para pastor dan mendoakan para pastor agar percaya pada hal itu.

 

Beberapa waktu yang lalu ketika di Singapore, aku bertemu dengan Uskup Agung Young, dulu Uskup Agung Singapore tapi sekarang sudah pensiun. Kami diundang untuk memberi retret pada pastor di keuskupan itu ada sekitar 111 romo. Sesudah retret akan diadakan KRK. Pada waktu itu untuk pertama kalinya orang Katolik mengadakan KRK di Gelanggang Olahraga. Biasanya yang menyelenggarakan adalah orang Protestan atau Businessmen fellowship dsb. Biasanya mereka mendatangkan pendeta yang bisa berkotbah dengan hebat. Lalu Uskup Agung Young berpikir apa yang bisa dilakukan orang Katolik? Tak mungkin menyelenggarakan misa karena banyak orang d iluar gereja Katolik ingin tahu apa yang dilakukan orang Katolik.

 

Rm. Kevin mengatakan kita bisa memuji dan menyembah Yesus sesudah itu bisa mengadakan ibadat penyembuhan karena setiap orang bisa melihat Yesus. Uskup Young senang. Lalu dia memerintahkan orang untuk mendekorasi stadion itu seperti sebuah tahta untuk meletakkan monstran. Banyak sekali bunga-bunga yang didekorasikan di sana. Gelangang olehraga menjadi suatu tempat penuh dengan sukacita dan malam itu indah sekali.

 

Banyak lilin dinyalakan dan fr Kevin seperti biasa berjalan membawa monstran. Indah sekali. Dan apa yang terjadi?.  Sesudah KRK Sr. Briege dan Fr. Kevin pergi ke Malaysia dan kemudian kembali ke Sinagpore untuk bertemu dengan Bapa Uskup dan uskup berkata banyak mukjizat terjadi, yang paling besar ialah, orang Budha dan lain-lain berkata kami senang melihat itu kami tahu bahwa hosti itu hidup. Banyak orang bertobat. Sekelompok orang Budha menerima Yesus.

 

Bukankan Yesus berkata jangan menaruh pelita di bawah kaki gantang. Kita tak perlu menobatkan orang tapi tunjukkanlah iman kita. Duduklah dan bersama Yesus akan menjadi perlawatan bagi jiwa Anda. Bapa Paus setiap harinya menghabiskan waktu 3 atau 4 jam dihadapan sakramen Maha Kudus.

 

Mother Teresa yang mendengar aku berbicara dihadapan ribuan pastor, saat bertemu dia memegang tanganku dan berkata rahasia pelayananmu adalah kesetiaan pada ekaristi jadi aku mendorong engkau untuk menjadikan ekaristi sebagai pusat hidup, ingatlah pengorbanan di atas Kalvari, ingatalah bahwa sebagai Katolik Anda bisa bersekutu secara pribadi dengan Yesus. Ini hanya sebuah hall tapi di gereja Anda bisa menghadap Yesus secara pribadi.

 

Ada orang yang berkata aku tak perlu masuk hadirat Yesus bukankah Yesus bisa hadir di mana saja. Benar di mana-mana kita harus berdoa karena Yesus hadir. Seandainya anak Anda studi di Amerika atau di Eropa, mana yang Anda pilih kalau ingin ketemu, lihat foto atau orangnya? Maka datanglah pada Yesus, Dia hidup.

 

Aku bersyukur pada-Mu Yesus karena Engkau telah memberikan padaku karunia ekaristi yang indah itu. Yesus tingkatkanlah imanku, penuhi aku supaya aku bisa mencintai ekaristi. Perbaharuilah imanku hari ini. Aku bersyukur karena aku bisa hadir pada kemenangan yang menyelamatkan aku. Tuhan Yesus aku menyembah Engkau yang mengasihiku dan aku bersyukur kepada-Mu amin.

 

Cikanyere, 21 Januari 2005

 

 


    Informasi lain mengenai : EVANGELISASI :
  • PERTEMUAN DOA KARISMATIK
    Seminar Hidup Baru dalam Roh dimaksudkan menjadi pengantar kedalam hidup baru dalam Roh yang dihayati bersama-sama dengan orang-orang lain. Pengalaman membuktikan bahwa bila orang tidak menjalin hubungan dengan orang-orang lain yang menghayati hidup baru ini. Seminar tidak akan membuat perbedaan yang langgeng dalam hidupnya, dan hidup baru yang sudah dimulainya akan segera memudar. Lebih banyak dibutuhkan dan pada hanya Seminar saja. Karena itu harus dibuat suatu transisi dan Seminar kearah menjadi bagian dan kelompok atau komunitas. [lebih lengkap ...]

  • POLA PERSEKUTUAN
    Keunikan dari Persekutuan Doa Karismatik Katolik adalah: FOKUS KEPADA YESUS KRISTUS. Didalam Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat memfokuskan pikiran dan hatinya hanya kepada Yesus Kristus dan merasakan kasihNya yang tak terbatas.
    [lebih lengkap ...]

  • SEMINAR HIDUP DALAM ROH KUDUS
    Pembaruan Karismatik tidak berkehendak untuk mempromosikan perjalanan kembali yang simplistis dap sangat tidak historis ke Gereja Perjanjian Baru yang dicita-citakan meskipun pada waktu yang sama Pembaruan Karismatik mengakui peranan unik dari Perjanjian Baru dan peranan yang unik dari Kitab Suci sebagai penuntun yang berdasarkan norma untuk setiap generasi murid-murid Tuhan Yesus. Dengan tetap mengingat seruan Konsili Vatikan Kedua untuk aggiomamento (penyesuaian dengan perkembangan jaman), PKK berusaha menjadi pengurus yang baik yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya. (Mat 13,52). Perbedaan-perbedaan apa saja yang ada antara pembaruan- pembaruan yang terdahulu dan Pembaruan Karismatik, Pembaruan Karismatik berdiri dan ingin tetap berdiri dalam tradisi Katolik yang melahirkan kerasulan berkotbah dari ordo pengemis dalam Abad Pertengahan, latihan-latihan rohani Santo Ignasius, gerakan-gerakan liturgis dan gerakan-gerakan kerasulan dan gerakan rohani yang lain. Tekanannya mungkin berbeda, tetapi Pembaruan Karismatik juga ingin mengajak semua orang kepada pertobatan dan ingin memperbarui orang beriman yang kurang beriman yang terhambat oleh atheisme dalam budi dan dalam hati.
    [lebih lengkap ...]

  • TRADISI KATOLIK
    Banyak orang bertanya, apakah gerakan Karismatik Katolik adalah sungguh-sungguh “Katolik”. Pertanyaan ini muncul karena banyaknya perbedaan didalam tradisi gereja Katolik dengan apa yang terjadi didalam Persekutuan Doa Katolik Karismatik. [lebih lengkap ...]

  • Persekutuan Doa yang dicita-citakan
    Eddy Partadinata dan Roy Setjadi berbicara tentang Peranan kelompok Persekutuan Doa dengan mengambil dasar dari Ron Ryan.Di dalam session ini Eddy Partadinata mengemukakan bahwa PDKK mengembangkan suatu Visi yang menyatu di dalam Visi dan Misi Paroki. [lebih lengkap ...]

  • Perubahan Istilah dari Seminar Hidup Baru menjadi Seminar Hidup dalam Roh
    Istilah dalam bahasa Inggrisnya Life in the spirit seminar dianggap lebih cocok diterjemahkan sebagai Seminar Hidup dalam Roh. Seminar Hidup Baru sendiri banyak yang mengartikan seolah-olah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan telah dibaptis belum memiliki hidup baru dan belum memiliki Roh Kudus.  Ini merupakan kesan yang salah!! [lebih lengkap ...]

  • Mari Wartakan Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib!

    Patti Gallagher Mansfield, salah seorang peserta retret akhir pekan di  Duquesne, mendorong setiap orang untuk memberikan kesaksian pribadi kepada tetangga dan para teman mereka tentang apa yang Tuhan telah lakukan dalam hidup mereka.Seraya kita merayakan ulang tahun Pembaruan Karismatik Katolik yang ke 40 ( 1967-2007, red) , aku lebih diyakinkan dari yang sudah sudah bahwa  kesaksian pribadi itu merupakan satu sarana terpenting yang kita miliki dalam evangelisasi.  Kesaksian pribadi merupakan sarana menyebarkan pencurahan roh jauh dimasa-masa awal gereja, jauh sebelum adanya website dan email. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (1)
    Allah itu Maha Pengasih; Ia telah mengasihi manusia sejak awal mula penciptaan. Tetapi manusia pertama, Adam dan Hawa, jatuh ke dalam dosa, sehingga mereka diusir dari Taman Eden. Walaupun demikian Allah tetap  mengasihi manusia, dan Ia ingin membina hubungan pribadi dengan setiap manusia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ia mengutus PuteraNya yang terkasih, Yesus Kristus, ke dunia. Yesus rela menderita, di-ejek, dihina, bahkan sampai mati disalib, lalu bangkit untuk menyelamatkan kita semua. [lebih lengkap ...]

  • Mengenal Karunia-Karunia Allah (2)
    Menurut Paus Paulus VI, karunia-karunia karismatis adalah karunia-karunia dari Allah yang membuat Gereja lebih kaya, lebih bersemangat, lebih mampu menjadi tanda dan membuktikan diri ... [lebih lengkap ...]

  • Mengenal SEP/KEP
    Dampak ikut SEP atau KEP dalam umat diharapkan mereka lebih aktif hidup menggereja dan memasyarakat,yang tertidur bangun, yang mlempem giat kembali. [lebih lengkap ...]

  • Pola Menjadi Murid Kristus
    Dengan jiwa besar dan lapang dada, Yohanes Pembaptis menunjukkan Anak Domba kepada murid baptisnya. Dengan demikian ia pun siap ditinggalkan mereka, karena tugasnya adalah mempersiapkan jalan Tuhan. Dan pada saat ia membaptis Yesus, ia sudah tahu bahwa tugasnya akan segera berakhir. Ia akan semakin kurang dikenal dibandingkan Yesus yang datang belakangan. Karena ia adalah seorang yang berseru-seru di padang gurun dan mempersiapkan jalan Tuhan [lebih lengkap ...]

  • MENYEMBAH PENYEMBAHAN ??
    Saya sering diminta memberi Seminar tentang Pujian dan Penyembahan dalam persekutuan –persekutuan doa di Jakarta maupun di luar Jakarta. Seperti biasa bahwa pujian dan penyembahan diakui oleh kalangan karismatik sebagai jantung dari persekutuan doa namun ternyata “jantung” ini justru sering kali juga bermasalah bahkan ada yang memerlukan “by pass” saking berbahaya kondisinya bagi persekutuan tersebut. [lebih lengkap ...]

  • St. THOMAS AQUINAS, IMAM DAN PUJANGGA GEREJA (1225 - 1274)
    Seorang pertapa suci bernama Buono, datang ke kastil Rocca Secca dan membuat ramalan agung kepada Theodora (sang ibunda). Ia berbicara dan menunjuk ke gambar St. Dominic (waktu itu belum menjadi Santo). Ketika itu Thomas belum dilahirkan.“Hai nyonya, berbahagialah, karena engkau akan memiliki seorang anak yang akan dipanggil Thomas . Kau dan suamimu menginginkannya untuk menjadi Pemimpin biara Benedictin di Monte Cassino, dengan harapan ia akan hidup berkelimpahan. Tetapi Tuhan menginginkan lain, karena ia akan menjadi seorang biarawan ordo pengkotbah, Dominikan. Begitu agung dan kudus, dan tidak akan ditemukan dibelahan bumi lainnya, pribadi seperti dia!” [lebih lengkap ...]

  • Pesan Paus untuk Hari Komunikasi sedunia ke 36
    Saudara-saudari yang terkasih, 1. Gereja Perdana melaksanakan tugasnya dimulai dengan peristiwa Pentakosta, disaat Para Rasul, dalam kuasa Roh Kudus pergi ke jalan-jalan Yerusalem untuk mewartakan Injil Yesus Kristus lewat berbagai macam bahasa ( Kis. 2, 5-11 ). Dengan keberhasilannya sejak zaman purba, maka kini Injil tetap diwartakan di seluruh dunia, sehingga Kristianitas dapat berakar pada setiap tempat dan menggunakan berbagai ragam bahasa setempat. Karena itu mewartakan Injil kepada segala bangsa selalu harus mendasarkan kepada ketaatan kepada Yesus Kristus sendiri ( Mt. 28, 19-20 ) [lebih lengkap ...]

  • 25 Gejala-Gejala Kemerosotan Rohani

    Anda tentu ingat ketika pertama kali Anda menjadi seorang Kristen, bagaimana hati Anda terbakar dengan semangat yang kudus dan ucapan syukur, dan Anda merasakan keharuan ketika membaca Firman Tuhan atau menyanyikan pujian. Anda siap pergi ke bagian dunia yang terjauh untuk memberitakan Injil, apapun yang terjadi. Akan tetapi tidak lama semangat dan antusiasme itu mendingin. Anda tidak lagi bersemangat seperti dulu. Anda mulai menyadari kelemahan dan kegagalan-kegagalan Anda. Anda mulai merasakan perjuangan melawan dosa begitu sengit. Anda tidak lagi merasa pantas dikirim sebagai misionaris ke Tibet . [lebih lengkap ...]

  • The charisms of movements must be welcomed by the church
    In his speech Saturday, the Holy Father underscored the various gifts with which the ecclesial movements and the new communities have enriched the Church, especially since the Second Vatican Council: effective Christian formation, the witness of fidelity and obedience to the Church, missionary zeal, care for the poor, and a wealth of vocations. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, Lembah Karmel, Cikanyer(Sr. Briege McKenna, OSC & Fr. Kevi
    Tema-tema dari ketujuh sesi yang dibawakan secara garis besar adalah tentang; Baptis Roh Kudus dan Hidup Baru dalam Roh, Ekaristi, Pewartaan Injil, Penyembuhan, Peran sentral Maria dalam Gereja dan karya Penyelamatan Tuhan, dan Kehadiran Yesus yang sungguh dalam sakramen Maha Kudus. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 1
    Alasan mengapa kita ada disini adalah kita ingin bertemu Yesus Kristus. Ribuan orang berkumpul dengan berbagai alasan. Allah melihat setiap Anda masing-masing. Yesus knows the name and the face of everyone here this week end. That s the reason why we re going to have wonderful lessons these days. [lebih lengkap ...]

  • 20 - 23 Januari 2005, (Sr. Briege McKenna & Fr. Kevin): Sesi 2

    Lord we ask you to send your holy spirit to our heart. Roh Kudus, Allah selalu mengajar hati orang-orang yang percaya, ajarilah kami hari ini. Biarlah kami bisa mendengar dengan hati kami dan semoga Engkau mau berbicara kepada kami dengan jelas.Sessi pagi ini kita mulai dengan doa Bapa kami yang diajarkan oleh Yesus. Semalam sr Briege mengatakan salah satu yang akan dibahas adalah Roh Kudus. Tahun kemarin Bapa Paus melakukan sesuatu yang tak biasa dilakukan pada hari Pentakosta. Ia mengundang banyak orang karismatik untuk berdoa malam di Basilika st Petrus bersamanya. Aku kira ini pertama kalinya terjadi kalau ada seorang paus yang minta satu kelompok untuk doa bersama dia.

        [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 5

    Mari Berdoa:

    Yesus aku menyembah-Mu. Aku mengundang Engkau untuk datang Yesus. Datanglah dan kuasailah sessi ini sekarang. Datanglah Tuhan Yesus dan penuhi kami dengan kasih-Mu. Biarlah kami tetap mengarahkan pandangan kami pada-Mu. Dan mengakui bahwa Engkau satu-satu-Nya yang punya kuasa pada kami. Bunda Maria kami bersyukur karena engkau mau menjadi Bunda kami. Doakan kami hari ini supaya damai sejahtera dan kasih Yesus Kristus dapat mengalir ke dalam diri kami amin. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 6
    Di Irlandia ada seorang pemotong rambut yang sangat ahli. Setiap akhir minggu dia suka bersenang-senang dengan temannya. Itu berarti minum-minuman keras, jadi tiap week end dia sering minum. Biasanya kalau minggu pagi mabuknya belum hilang. Suatu minggu pagi dia merasa tidak enak seluruh tubuhnya. Sambil menunggu pelanggan dia mengasah pisau. Yang datang ternyata romo paroki. Pastor paroki itu berbadan gemuk, bermuka merah dan serius. Dia sudah mendengar kalau Jimmy, nama pemotong rambut itu, suka minum dan dia ingin dicukur cambangnya. Jimmy mempersilahkan romo duduk dan mukanya diberi sabun dengan sikat lalu pisau cukur yang tadi diasah lagi. Dan ketika sambil mengasah pisau itu dia berdoa. Katanya Tuhan Yesus, buatlah tanganku hati-hati jangan sambai muka romo tersayat. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005:Sesi 7
    Saya akan menjelaskan apa yang akan terjadi malam ini. Sebentar lagi akan dibacakan teks kitab suci dan sesudah itu sr Briege akan bicara lagi. Setelah sr Briege selesai akan ditahtakan sakramen mahakudus. Kita akan doa, puji dan nyembah dan nyanyi. Nanti saya akan berjalan keliling dengan montrans dan memberkati Anda. Sementara saya berkeliling sr Briege akan berdoa bagi penyembuhan Yang anda minta.

    Mari berdoa

    Tuhan Yesus kami datang untuk menyembah dan memuji Engkau malam ini. Kami datang ya Tuhan karena kami percaya hanya Engkau yang punya kuasa untuk menyembuhkan kami. Kami mohon curahkan Roh Kudus kepada kami malam hari ini. Kami datang dengan iman yang terbuka dan penuh pengharapan. Kami datang karena ingin disembuhkan secara rohani dan dalam hal-hal lain. Kami mohon Bunda Maria daokanlah kami dan berdoalah bersama kami. Amin. [lebih lengkap ...]

  • Sesi Retret Leaders 20-23 Januari 2005: Sessi 4

    Aku akan mengacu pada Kitab Suci.Mari berdoa: Tuhan Yesus, kami mengakui Engkau sebagai Tuhan dan juruselamat kami. Kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau sudah menyertai kami dan hidup bersama kami. Utuslah Roh Kudus mu ke atas kami. Berikanlah kami ya Yesus supaya kami boleh memperoleh roh mu. Bunda maria doakanlah kami supaya kami bisa terbuka pada Yesus dan sabdanya. [lebih lengkap ...]

  • St. JOSEPH FREINADEMETZ ( 1852 - 1908)

    Joseph Freinademetz berasal dari Oies, sebuah dusun kecil yang menjadi bagian dari desa Badia,

    di tengah-tengah pegunungan Dolomites yang megah sekali. Rumah kelahirannya telah menjadi sebuah rumah doa di mana para peziarah dan para turis senang berhenti di sana untuk mengalami saat   hening,   tenang   dan   damai.   Mereka   meletakkan   ketegangan-ketegangan,   kecemasan- kecemasan  dan  hal-hal  yang  menjadi  buah  pikiran  mereka  di  depan  gambar  santo  ini.  Orang- orang  setempat  amat  berdevosi  kepada  `Ujöp  da  Oies ,  dan  engkau  akan  menemukan  gambar santo ini di hampir seluruh rumah di Val Badia dan Tyrol Selatan.Setiap gereja paroki di desa ini mempunyai  sebuah  sudut  yang  dibaktikan  kepada  misionaris  besar  ini.  Di  Alto  Adige  ada  dua gereja dan beberapa kapel yang memakai namanya. [lebih lengkap ...]

  • Melayani dengan Kuasa Roh Kudus
    Manusia cepat mengenali masalah, tapi lambat mengenali rahmat. Tak jauh berbeda dengan pengalaman para rasul. Pengalaman kehilangan Yesus membuat mereka menjadi takut. Lihat Petrus yang menyangkal Yesus, Maria Magdalena dan dua murid yang berjalan ke Emmaus yang dibutakan oleh ketakutan mereka atau para murid yang berkumpul bersama di ruang atas dalam ketakutan. [lebih lengkap ...]

  • Pemimpin Yang Visioner

    Visi adalah Motivator

    Tiga orang pria sedang bekerja disebuah konstruksi bangunan. Masing-masing sibuk dengan sekop, batu bata dan adukan semen. Seorang pejalan kaki menghampiri pria yang kelihatan sedang bekerja itu dgn malas-malasan dan bertanya, “apa yang sedang Anda kerjakan? Ia menjawab dengan cemberut, “Saya sedang memasang batu bata”.

    Pejalan kaki itu kemudian bertanya kepada pria yang lain yang kelihatan sedikit antusias dan mengajukan pertanyaan yang sama. Ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun tembok”. Kemudian ia bertanya ke pria yang ketiga yang tengah serius bekerja, bersemangat dan kelihatan tidak mau terganggu. Ketika ditanyakan hal yang sama, ia memberi jawaban, “Saya sedang membangun Katedral”. [lebih lengkap ...]

  • PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK (PDKK)
    Seakan sedang menonton sebuah penayangan acara laporan di televisi layar datar, saya mengingat kembali kondisi Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK-PDKK) di Indonesia.
    Arti kalimat pembuka ini : saya dapat melihat dengan jelas  keadaan PDKK di berbagai tempat. Secara global, persentasi jumlah PDKK yang kwalitasnya (termasuk kwantitas umatnya) mengalami penurunan / kemerosotan, jauh lebih signifikan daripada jumlah PDKK yang mengalami peningkatan dalam ke dua hal tersebut. Apabila keadaan ini tidak mendapat perhatian istimewa dari Badan Pelayanan Keuskupan (BPK-BPK) dan para pengurus PDKK-PDKK, maka situasi ¡§hidup segan mati tak mau¡¨ akan menjangkiti sebagian besar dari PDKK yang ada [lebih lengkap ...]

  • Perjanjian
    Perjanjian adalah suatu persetujuan (kontrak) antara dua orang (kelompok) untuk mencapai suatu tujuan dengan syarat-syarat tertentu. Dalam proses, perjanjian membentuk suatu pertalian khusus antara kedua pihak, yang mengikat mereka untuk memenuhi syarat-syarat perjanjian pada waktunya. Pertalian khusus antara kedua pihak menjadikan mereka istimewa satu terhadap yang lain. Biasanya perjanjian diadakan oleh dua pihak yang setara (sama derajatnya). Jadi perjanjian antara Tuhan dan manusia adalah perjanjian luar biasa, karena Tuhan yang mahatinggi mau mengadakan perjanjian dengan manusia yang rendah derajatnya. [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.