Monday, March 04, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    |

Cari:



Alkitab Online


Untuk hari ini belum ada !

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



: SEJARAH KARISMATIK
BUAH KARISMATIK



20 April 2008

Setiap orang yang turut serta didalam Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik akan mengalami banyak hal. Seperti Yesus mengingatkan kita, “Setiap pohon yang baik, pasti menghasilkan buah-buah yang baik” (Mat 7:17)
Buah yang baik yang dihasilkan misalnya:

A. MENEMUKAN PRIBADI YESUS YANG HIDUP

Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik membantu setiap orang untuk menemukan pribadi Yesus yang hidup, yang dikenal sebagai Putera Tungggal Allah. Dengan Yesus, seorang Katolik dapat menjalin hubungan yang pribadi, sebagai Juru Selamat, Tuhan dan Perantara kepada Bapa.
Kita semua sadar bahwa “Hidup Kristiani adalah suatu perjumpaan; suatu identifikasi diri dengan Yesus yang telah bangkit hidup dan telah mengalami salib serta kematian” (La Ducumentation Catholique 1980 No. 1778)
B. SUKA BERDOA SECARA PRIBADI DAN DALAM PERSEKUTUAN

Buah dari Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik adalah munculnya kerinduan untuk berdoa secara pribadi dan secara berkelompok didalam berbagai kesempatan. Ini merupakan ciri khas orang-orang yang telah mengalami hubungan yang pribadi dengan Yesus Kristus.

C. LEBIH MENCINTAI DOA LITURGI

Umat Katolik yang secara aktif mengikuti Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik juga akan bertambah kerinduannya akan liturgi gereja, khususnya kepada Ekaristi.
Dengan dipimpin oleh Roh Kudus maka umat Katolik dapat lebih mencintai doa-doa liturgi untuk kemuliaan Tuhan Yesus.

D. CINTA AKAN SABDA ALLAH

Roh Kudus adalah pengarang dari Kitab Suci. Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik menggugah umat Katolik untuk lebih rajin membaca Firman Allah secara pribadi maupun secara berkelompok.
Didalam berbagai Persekutuan Doa Karismatik Katolik, umat selalu membawa Alkitabnya untuk dibaca bersama dan direnungkan bersama. Begitu juga secara pribadi, umat menjadi lebih tekun dalam membaca Kitab Suci dirumah.
“Kita berbicara kepada Allah ketika kita berdoa, dan kita mendengarkan Allah pada waktu kita membaca Sabda-sabdaNya” (Dei Verbum n.25)

E. HIDUP DENGAN PERTOBATAN DAN PENGUDUSAN

Kepekaan terhadap kehadiran dan pekerjaan Roh Kudus, menghasilkan pertobatan sejati atau mentanoia kepada Kristus dan InjilNya.
Pertobatan dan pengudusan ini adalah sesuai dengan apa yang menjadi Firman Tuhan sejak dulu kepada Nabi Yeheskiel di Yeh 36:25-28.
Hasil pertobatan yang mendalam dan pengudusan diri ini tampak di semua lingkungan yang telah dihidupkan oleh Pembaruan Rohani yang berasal dari Gerakan ini.

F. MENGINGKARI DIRI

Roh Kudus adalah Roh Cinta Kasih di dalam Trinitas, yang bertugas mempersatukan pribadi-pribadi, menyebarluaskan cinta persaudaraan di dalam hati manusia dan membentuk komunitas sejati, dimana semua orang “menjadi sehati dan sejiwa” (Kis 4:32)
Persekutuan-persekutuan doa Karismatik Katolik tidak hanya diharapkan untuk menjalin hubungan yang pribadi dengan Yesus saja, tetapi juga untuk peka terhadap orang-orang miskin, orang-orang sakit dan orang-orang yang membutuhkan Firman Tuhan.

G. PERUBAHAN PROGRESIF DALAM HIDUP

Masa sekarang adalah masa dimana orang mencari-cari kenikmatan duniawi (hedonisme) dan tidak lagi memikirkan tuntunan Tuhan agar menjadi manusia yang lebih spirituil, seperti yang diingatkan oleh Rasul Paulus di Rom 12:1-2.
Roh Kudus melaksanakan pembaruan pikiran dan kelakuan dalam hidup mereka yang membiarkan dirinya dikuasai dan dituntun olehNya. Hanya rahmat Tuhanlah yang dapat merubah manusia duniawi menjadi manusia rohani. Hanya Roh Kudus yang dapat merubah hati yang keras menjadi hati yang taat. (Yeh 36:26)

H. BERTAMBAHNYA PANGGILAN UNTUK HIDUP RELIGIUS

Semangat misioner dan panggilan kepada imamat untuk hidup religius bertambah di negara-negara yang mengalami banyak Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik.
Pertumbuhan panggilan in merupakan salah satu hasil paling meyakinkan dan penuh harapan dari Gerakan Pembaruan Karismatik.

I. DEVOSI KEPADA BUNDA MARIA

Seringkali ada persepsi bahwa Gerakan Pembaruan Karismati Katolik meninggalkan peran penting dari Bunda Perawan Maria. Sesungguhnya hal ini tidak benar, karena Roh Kudus banyak bekerja untuk dan melalui Bunda Maria.
Roh Kuduslah yang mempersiapkan Bunda Maria untuk melahirkan Yesus (bdk Luk 1:35-48); Roh Kuduslah yang memenuhi hati Maria dengan pujian dan syukur serta mendorongnya untuk menyanyi bagi Allah (bdk Luk 1:46-55);Roh Kuduslah yang menasehati Perawan Maria untuk menyimpan dengan setia di dalam hatinya kata-kata dan fakta-fakta mengenai kelahiran dan masa kanak-kanak Yesus (bdk Luk 2:19, 33, 51); Roh Kuduslah yang memberikan keberanian kepada Bunda Yesus untuk berdiri pada kaki salib Yesus, dan mendampingi Dia saat Yesus berkorban demi penebusan dosa manusia (Yoh 19:25); Roh Kuduslah yang hadir ketika Bunda Maria berdoa bersama murid-murid Yesus di hari Pentakosta (Kis 1:14)

J. LEBIH MENGHARGAI HIDUP SAKRAMENTAL

Gerakan Pembaruan Karismatik Katolik yang sejati juga membawa umat kepada penghargaan yang lebih besar terhadap hidup sakramental dan setiap perayaan liturgi. Karena dengan pembaruan ini maka umat bisa dengan lebih tekun mempelajari landasan teologis dan historis dari setiap perayaan gereja yang dilakukan sepanjang sejarah Katolik.

K. KEKUATAN BARU UNTUK MENGINJIL

Perjumpaan yang pribadi dengan Yesus juga menumbuhkan suatu kerinduan untuk mewartakan Khabar Baik keselamatan kepada semua orang: Bahwa Kerajaan Allah telah datang bagi manusia didalam Yesus Kristus.





Kirimkan KESAKSIAN Anda Mengenai Artikel Ini !



Kirimkan PERTANYAAN Anda Mengenai Artikel Ini !




    Informasi lain mengenai : SEJARAH KARISMATIK :
  • Dari Bangkok dan Manila Menuju Jakarta
    Kehadiran Pembaruan Karismatik Katolik pada tahun 1976 di Keuskupan Agung Jakarta tidak dapat dipisahkan dari jasa Alm. Mgr. Leo Soekoto SJ, Uskup Agung Jakarta waktu itu. Untuk menolong umat Katolik yang haus akan persekutuan doa dan dalam kerangka penggembalaan gerejawi, beliau mengundang dua orang pastor dari luar negeri datang ke Jakarta untuk memperkenalkan Pembaruan Karismatik Katolik kepada para imam, biarawan dan biarawati serta tokoh-tokoh Gereja Katolik di Jakarta.Dua orang pastor tersebut adalah Pastor Paul O Brien SJ tokoh PKK dari USA yang berdomisili di Bangkok, dan Pastor Herber Schneider SJ yang waktu itu termasuk sebagai pencetus, pengasuh dan moderator dari sebuah komunitas karismatik di Manila. [lebih lengkap ...]

  • DEFINISI KARISMATIK
    Kamus Teologi mendefinisikan kata “Karismatik” sebagai berikut:“Dalam arti umum, semua umat Kristiani yang dipanggil dan menerima rahmat Allah disebut karismatis. Secara lebih khusus sebutan ini dipakai untuk orang-orang yang menerima karunia khusus Roh Kudus, seperti misalnya hidup selibat (1Kor 7:7), kuasa membuat mukjizat, membedakan roh dan berbahasa roh (1 Kor:12:10)”
    [lebih lengkap ...]

  • Pengertian Yang Harus Dihindari
    Baptisan dalam Roh Kudus
    Adalah salah besar berpendapat bahwa setiap orang Katolik yang sudah dibaptis dan menerima sakramen penguatan secara sah belum menerima Roh Kudus justru hanya karena dia tidak memperlihatkan tanda-tanda yang jelas dan hidupnya yang dihayati dengan kuasa Roh Kudus. Dalam teologi Katolik diajarkan bahwa sakramen-sakramen itu secara obyektifberhasil guna, karena sakramen-sakramen itu tindakan Kristus sendiri. Karena itu baptisan ulang sakramental tidak pemah dianjurkan. Sebaliknya melalui pewartaan Injil yang segar setiap orang Katolik ditantang untuk bertobat kembali, menyesal dan membuka dirinya atas cara yang baru untuk menerima karunia Roh Kudus, yang adalah Tuhan dan Pemberi hidup dan jika diundang secara pribadi, akan mengubah hidup lama seseorang menjadi hidup baru. Dan dengan menghayati hidup yang baru, menjadi saksi Yesus Kristus yang telah bangkit.
    [lebih lengkap ...]

  • Pentingnya Karismatik
    Pengrusakan nilai-nilai moral dan kehampaan kehidupan rohani yang terjadi saat ini di dunia membutuhkan perangkat-perangkat rohani yang telah disediakan oleh Tuhan. Saat-saat inilah dunia kita membutuhkan Roh Kudus seperti saat Pentakosta pertama kali terjadi kepada murid-murid Yesus. [lebih lengkap ...]

  • Permulaan Karismatik di Indonesia
    Pada bulan mei 1976, Pastor O Brien SJ dari Bangkok dan Pastor H. Schneider SJ dari Manila diundang oleh Bapak Uskup Agung Jakarta (Alm.) Mgr Leo Soekoto SJ. Mereka memberikan ceramah dan seminar untuk para biarawan dan kaum awam. Kira-kira 150 orang telah mengikuti seminar yang pertama itu dalam bahasa Inggris. [lebih lengkap ...]

  • Praktek Yang Harus Dihindari
    Ekumenisme Pembaruan Karismatik adalah kekuatan ekumenis yang besar karena sejumlah besar orang-orang Protestan karismatik dan orang-orang Pentakosta klasik berbagi dengan orang-orang karismatik Katolik pengalaman yang sama. Namun demikian, pengalaman masing-masing berakar dalam kebudayaan gerejaninya. Karena itu, dalam persekutuan-persekutuan doa ekumenis kewaspadaan harus diperhatikan untuk melindungi kemumian iman dan tradisi masing-masing anggota. [lebih lengkap ...]

  • SEJARAH KARISMATIK DI DUNIA
    Menurut catatan sejarah, pekerjaan besar Roh Kudus terus berlanjut sejak hari Pentakosta. Beberapa orang kudus secara tegas mengalami bimbingan Roh Kudus, seperti Santo Antonius dari Mesir, sampai kepada zaman Santo Benardus. [lebih lengkap ...]

  • Tujuan Pokok dari Pembaruan Karismatik
    Tujuan pokok dari Pembaruan Karismatik Katolik adalah : Menolong orang-orang Katolik mengalami suatu Baptisan dalam Roh Kudus . [lebih lengkap ...]

  • EKLESIOLOGI
    Eklesiologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya studi mengenai Gereja . Pada dasarnya Eklesiologi secara sistematis mempelajari asal-usul, ciri-ciri khusus dan perutusan Gereja.
    [lebih lengkap ...]

  • KANONIK PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK
    Pembaharuan Karismatik Katolik secara resmi telah diakui Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik di Vatican; dinyatakan dalam Dekrit Pontificium Pro Laicis ( Dewan Kepausan Untuk Kaum Awam ) nomor 1563/AIC-73 tertanggal 14 September 1993, berdasarkan bunyi Kanon no.116 yang membicarakan tentang: Badan Hukum Publik yang didirikan oleh Otoritas Gerejawi yang berwenang memberikan kepercayaan atas nama Gereja, kepada Lembaga Pembaharuan Karismatik Katolik dengan personalitasnya, demi kesejahteraan umum dalam batas-batas yang ditentukan dan menurut Norma Ketentuan Hukum. [lebih lengkap ...]

  • PERHIMPUNAN SHEKINAH BINA INSANI
    Di dalam Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia, ada suatu Pusat Pelayanan yang bertempat di Jakarta, di gedung Shekinah. Letaknya di kompleks Duta Merlin, Jalan  Gajah Mada 3 - 5, blok B 41 - 43. Yang menjadi pemilik dan pengelola gedung ini adalah Perhimpunan Shekinah Bina Insani dimana Koordinator BPN PKKI dan Koordinator BPK PKK KAJ ex officio duduk sebagai Dewan Pembina. Siapakah para pelayan yang berkarya di dalam Perhimpunan ini? [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.