Sunday, March 03, 2013    
Logo BPN      
  Pembaruan Karismatik Katolik  
       
buku pengajaran ISAO LOGO Info Iman Katolik BPN PKK pusat informasi artikel iman sharing dan kesaksian tanya jawab berita dan kegiatan hubungi kami

    | PERKAWINAN KATOLIK | ABOUT CATHOLIC | KARUNIA KARUNIA ROH | Iman Katolik,Tafsir KS |

Cari:



Alkitab Online


"Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasa dengan orang congkak."
Kita perlu untuk jujur terhadap satu sama lain dalam menceritakan pelanggaran dan juga kemenangan kita. Saat kita bersikap tulus dan transparan terhadap orang lain, kita memberi mereka kemerdekaan untuk "membuka topeng mereka" di hadapan kita.

Amsal 16:19

 

BUKU-BUKU PENGAJARAN


Items
DIPACU OLEH ROH KUDUS

Pembaruan Karismatik Katolik telah menjadi karunia istimewa dari Roh Kudus kepada Gereja untuk membaruinya. Buku ini adalah panduan yang sangat berguna bagi setiap orang untuk memahami sifat asli dari Pembaruan Karismatik Katolik. Pada hari ini, tanggal 16 Oktober, hari peringatan Baptisan saya, dengan sangat bersukacita  saya merekomendasikan buku ini kepada para gembala umat dan para pemimpin Pembaruan agar supaya dapat membantu mereka di dalam membimbing gerakan itu pada arah yang benar di dalam keuskupan dan daerah mereka. ... [more info]



Items
PEDOMAN DASAR

Telah tersusun PEDOMAN DASAR dengan kepanitiaan yang diketuai oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Pedoman dasar ini telah diterima dan disahkan oleh KWI dalam Sidang tahunannya, November 2005.... [more info]



Items
VISI DAN MISI PEMBAHARUAN KARISMATIK KATOLIK di IN

Mengingat perkembangan Karismatik di Indonesia yang cukup pesat, tetapi tanggapan umat maupun pimpinan Gereja yang sering masih simpang-siur, maka dirasa semakin dibutuhkan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan Gereja yang resmi, yang lebih jelas dan sesuai dengan iman Gereja. ... [more info]



Info Iman Katolik : Iman Katolik,Tafsir KS
ALKITAB BERSAMA TRADISI GEREJA MENJADI SUMBER IMAN



Syalom, saya seorang katolik yang pernah mengalami pencurahan Roh Kudus beberapa tahun yang lalu. Setelah itu memang saya mengalami perubahan baik dalam kehidupan rohani saya meskipun jujur saja sebagai manusia kadang kehidupan rohani saya naik turun tapi saya ingin belajar banyak tuk mengenal kasih Tuhan. Dalam forum ini ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan al :

1. Apa beda karismatik katolik dengan aliran kristen pantekosta ?

2. Pembaharuan karismatik katolik terbukti membawa pengaruh positif pada kehidupan umat tapi mengapa gereja katolik belum bisa menerima sepenuhnya pembaharuan tersebut ? Adakah yang dikhawatirkan ?

3. Bagaimanakakah kedudukan Alkitab (Firman Allah) bagi orang Katolik? Padahal dalam Ibrani 4:12 dikatakan Firman Allah itu hidup dan kuat lebih tajam dari pedang bermata dua manapun dst dan masih banyak ayat yang mendukung bahwa FA itu penuh kuasa misalnya Yoh 6:63.

4. Saya rindu berdoa tuk memuji dan menyembah Tuhan bersama2 umat lain tapi di tempat saya tidak ada PDKK. Apa yang bisa saya lakukan ?

5. Apa yang dimaksud menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran dan bagaimana caranya ?

6. Terimakasih atas jawabannya, mohon maaf pertanyaan saya banyak. Tuhan Yesus memberkati.

JAWAB:

Puji Tuhan kalau anda telah mengalami pencurahan Roh dan mengalami pula perubahan hidup yang mendalam, bukan hanya rohani saja tetapi juga sikap dan perilaku serta berkomitment untuk pelayanan !

1. Mengenai perbedaan pembaruan kharismatik katolik dengan aliran kristen pentakosta, sebaiknya anda membaca sendiri saja buku Romo Deshi Ramadhani, SJ, yang berjudul ”Mungkinkah Karismatik sungguh Katolik?” – sebuah pencarian  (2007), terbitan Kanisius Yogyakarta. Di situ anda akan menemukan jawaban lebih dari  memuaskan dan sekaligus lebih membuat kita kritis !

2. Juga dalam buku Romo Deshi itu akan terjawab mengapa Gereja Katolik tidak bisa menerima sepenuhnya pembaruan tersebut. Tentu saja sejauh ajaran pentakostalisme itu bertentangan dengan Kitab Suci dan ajaran  serta Tradisi Gereja, ya mengapa Gereja Katolik harus menerima sepenuhnya ? Unsur-unsur yang baik yang selaras dengan Kitab Suci serta ajaran Gereja, mengapa kita tidak  menerimanya ? Kita mempunyai Magisterium dan Hirarkhi yang menjaga kesatuan. Kita tidak bisa menerima prinsip penafsiran bebas akan Kitab Suci yang kenyataannya menyebabkan terus berkelanjutan perpecahan Gereja sampai. Yesus berdoa untuk persatuan umat-Nya. Roh Kudus bukanlah roh perpecahan tetapi Roh Kesatuan !

3. Bagi umat Kristen Katolik, Alkitab bersama Tradisi Gereja menjadi sumber iman. Firman Allah bagi umat kristen katolik mewujud dalam tiga bentuk: pewartaan para rasul yang diteruskan umat beriman generasi berikutnya membangun Gereja; Firman Allah dalam Kitab Suci sebagai kesaksian normatif dan Firman Allah dalam pewartaan aktual Gereja sepanjang zaman.

Kita menerima dan percaya akan Yesus Kristus, maka kita menerima apa yang Ia ajarkan, wahyukan, lakukan dan hayati selama hidupnya dan menerima apa yang diwahyukan oleh-Nya kepada para rasul-Nya, yang terekam dalam Alkitab. Salah satu dokumen Konsili Vatikan II yang berujud Konstitusi Dogmatis tentang Firman Allah (Dei Verbum), dengan judul ”Wahyu Ilahi”. Dalam dokumen ini dijelaskan apa hakekat dan makna wahyu, bagaimana meneruskan wahyu, ilham dan penafsiran dan  Kitab Suci dalam kehidupan Gereja . ”Tiada mengenal Kitab Suci – tiada mengenal Kristus”. Itu semboyan St. Hieronimus yang dipakai oleh Umat Katolik.

Kelompok Evangelis –apalagi fundamentalis- berpandangan bahwa Umat Katolik tidak menghargai Kitab Suci. David B. Curie, seorang mantan evangelis, yang menulis buku ”Mengapa saya berpindah ke Katolik” mengatakan bahwa dulunya dirinya berpandangan juga demikian. Tetapi sewaktu menyelidiki dan membuat survey ternyata dalam Ekaristi hari minggu, ia temukan bahwa dalam Gereja Katolik empat kali waktu yang digunakan untuk Kitab Suci daripada dalam gereja evangelis, banyak umat katolik yang membaca dan merenungkan Kitab Suci harian.Kitab Suci menjadi sumber dan acuan Liturgi Gereja, perayaan Sakramen-sakramen dan khususnya kotbah atau homili.  Malahan Luther , tokoh reformasi, (mantan katolik) juga mengucapkan terima kasih karena jasa (Tradisi) Gereja katolik, umat kristen protestan menerima Kitab Suci seperti sekarang ini.

 4.  Mau ikut PD KK ? Silakan! Tetapi di mana anda berdomisili? Tanyakan pada pastor paroki atau umat setempat  di mana anda tinggal dan hidup menggereja ! Kalau di KAJ, silakan miliki buku Agenda Liturgi, 2008, yang berisi daftar PD, alamat dan jam berapa bertemu, daftar paroki-paroki KAJ dengan alamat dan jam-jam Misa. Hubungi saja Toko Buku Lumen di Duta Merlin, Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat !       

5.  Maksud dari  ”menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran”. Ini masalah tafsir. Baiknya ditanyakan kepada ahli tafsir Alkitab. Sejauh saya tahu, hal itu diambil dari peristiwa Yesus bertemu dengan wanita Samaria dan terjadilah dialog (Yoh  4: 21-24). Kita harus membaca dalam konteksnya dan tidak bisa begitu nyomot dari nas lalu mengartikannya. Yang jelas penyembahan zaman Yesus lebih berpusat pada tempat yakni Yerusalem bagi orang Yahudi, dan di ”gunung ini bagi orang Samaria. Karena Allah Bapa itu roh (pneuma)  maka kita menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. Yang dimaksud bukannya hakikat Allah itu roh, melainkan  gambaran tindakan Allah  Bapa, kesucian dan transcendensi Allah. Maka bukan masalahnya menyembah dalam batin atau hati dibanding menyembah dalam ujud lahiriah. Dalam roh di sini bukan roh manusia, melainkan roh Allah atau Roh Kudus. Di sini kita membicarakan masalah penyembahan (adorasi) kepada Allah Bapa (ayat 21) , maka penyembahan secara anak-anak Allah hanya mungkin dilaksanakan dalam Roh Kudus (Rm 8: 15-16). Dan penyembah yang  sejati adalah yang dilahirkan dari Allah” (Yoh 1: 13), lewat ”air dan Roh” (Yoh 3:5) dan ”disucikan dalam kebenaran” (Yoh 17: 17.19). Dan mengenai kata ”kebenaran”, ini mengacu kepada pewahyuan yang dibawa oleh Yesus, yang berhubungan dengan Pribadi dan pewartaan-Nya. Karena tindakan Roh Kudus-lah kebenaran Kristus itu hadir dan bergiat dalam  hati umat beriman (2 Yoh 2) , memberi inspirasi akan pelaksanaan  kasih sesama (1 Yoh 3: 18-19) dan merindukan akan kesucian (Yoh 17: 17-10). Maka roh dan kebenaran” seperti pada akhir dialog tiada lain ialah air yang Yesus katakan sebelumnya (Yoh 4:14-15). Maka penyembah sejati yang menantikan Mesias adalah yang diinspirasikan dan diberi santapan oleh pewahyuan Yesus dengan bimbingan Roh kebenaran: yakni penyembahan kepada Allah Bapa, bernyala atau khususnya  waktu berdoa dan ungkappan-ungkapan spontan dalam hati umat  beriman, di mana kebenaran itu menyalakannya!

6.  OK. Sama-sama ! Tuhan memberkati juga !

 

Subroto W,SJ


    Informasi lain mengenai : Iman Katolik,Tafsir KS :
  • Mimpi
    Damai Kristus, No1.Bp/Ibu saya sering sekali mimpi aneh2 & hal ini berkaitan dg iman saya. Misal, 2 bulan yg lalu mertua (papi) meninggal, bbrp hari lalu saya mimpi, dlm mimpi tsb papi menanyakan bajunya, krn dia mau ganti baju. Baju ku mana kok ga ada, yg ada sempit nih . Lantas saya teringat, wkt papi meninggal memang tdk dibawakan baju kecuali yg dipakai. Keluarga mertua saya semua Kristen, sedangkan saya & suami Katolik (suami saya anak ke 4 dari 4 bersaudara).
    Kami WNI keturunan, yg memang sudah tdk mengikuti tradisi. Tp dalam pihak keluarga saya (Katolik), apabila ada yg meninggal masih percaya membawakan baju2 atau barang kesenangannya (dalam peti). Dalam hal ini bertentangan dg pihak keluarga mertua (Kristen), krn mereka beranggapan bahwa org yg sudah meninggal akan tinggal rohnya saja, jadi tdk perlu baju. Saya menanyakan ke org lain (Katolik) perihal mimpi saya tsb, dan mrk bilang harusnya dibakarin baju2an or duit2an (tradisi cina) .
    Sebenarnya menurut iman Katolik bagaimana ya? Karena, bukan mimpi papi saja, saya juga mimpi nenek saya, Kok aku sudah lama ya ga di tengok? Memang saya sudah lama sih ga ke kuburan nenek.(krn di luar kota) Bbrp th lalu saya mimpi, kakek saya marah2 krn rumahnya berantakan, dan memang wkt itu rumah bekas dia tinggal memang lagi dibongkar (diratakan) untuk dibangun lagi. Bbrp minggu yg lalu, saya mimpi teman suami saya pinjam camera & camera tsb dihilangkan. Saya tdk cerita ke suami perihal mimpi tsb, krn sy pikir ga penting. Siangnya suami saya telp saya, dia bilang bahwa temannya mau pinjam camera. Lantas sy jadi ingat sama mimpi saya semalam, saya cerita kalo saya mimpi camera kita dipinjam si A dan saya marah2 krn camera tsb dihilangkan sama A. Suami saya kaget, Lho kamu kok tau kalo yg mau pinjam itu si A? Saya heran kenapa, hampir semua mimpi saya selalu berhubungan dg kehidupan saya sesungguhnya? Suatu kali saya pernah mengalami sulit sekali menyelesaikan suatu masalah pekerjaan, yg sudah beberapa hari ga selesai juga masalah tsb (mentok-lah). Suatu malam saya mimpi bahwa masalah tsb bisa diselesaikan dg cara ini ini ini (begitu jelas langkah2 yg harus sy ambil), sampai esok harinya saya terapkan apa yg ada dimimpi saya tsb & benar dalam waktu singkat semuanya selesai dg baik. Aneh kan??? Bagaimana dg iman Katolik saya? Apakah Katolik mempercayai hal tsb di atas? Apakah benar apabila orang sudah meninggal, tidak perlu baju2? Lantas kenapa kok ada org meninggal suka dibawain macam2 di dalam petinya? Memang sih semua itu membingungkan terutama apabila dikaitkan dg tradisi cina. Mohon petunjuk. Thanks
    [lebih lengkap ...]

  • Tanda salib
    Apakah dalam misa di gereja kita tdk boleh sering membuat tanda salib? Soalnya saya & suami pernah ikut seminar ttg hal tsb. Suami saya skrg jarang sekali membuat tanda salib di gereja, termasuk wkt seblm & sesudah doa. Apakah sudah salah tangkap? Jadi salah kaprah? Thx [lebih lengkap ...]

     
Copyright © 2007 Pembaruan Karismatik Katolik. All rights reserved.