• Konvenda III BPPG Medan


    Ditulis pada tanggal : Monday, 21 October 2013, 11:19 PM

    BPPG Medan

    Semarak gegap gempita melanda kota Medan yang menjadi tempat curahan Roh Kudus lokasi  diselenggarakannya KONVENDA BPPG III 28 sd 30 Juni 2013 dengan tema “Kobarkan terus kasih yang semula” (Wahyu 2 : 4).

    Diawali dengan MODERDA 27 Juni 2013, tersentuh dengan Kata Sambutan Bapak Wirako Angriawan, SH-Koordinator BPPG “…Menurut kami, kegiatan  ini tentu sangat  bermanfaat bagi kita semua untuk membangun/ mendorong kita untuk semakin melibatkan diri dalam pelayanan. Kegiatan ini kiranya juga merupakan kesempatan untuk sharing pengalaman pelayanan  dan memikirkan bersama bagaimana upaya untuk menggelorakan pembaharuan dan mengatasi kendala atau masalah yang dihadapi. Setiap kali kita perlu sadar lagi bahwa  Roh Kudus adalah Roh yang mencipta dan mencinta, Roh yang membagikan karisma. Di dalam Roh itu kita tahu bahwa kita akan menemukan diri dengan jalan mengorbankan diri, menjadi bahagia dengan jalan berkurban dan memberikan diri, menjadi besar dengan jalan pelayanan yang rendah hati…”.

    KONVENDA disucikan oleh Tuhan dalam Misa Pembuka  dengan tema “Iman Semangat Kehidupan” yang dipimpin oleh Selebran Utama Mgr. Anicetus B. Sinaga, Ofm. Cap- Bapak uskup Keuskupan Agung Medan dengan 8 Imam   Konselebran.

    Gong tanda dibukanya KONVENDA BPPG III bergema membahana bukan hanya di Griya Dome Convention Centre, Medan lokasi diselenggarakan KONVENDA juga di setiap relung-relung hati yang hadir bahkan di penjuru dunia khususnya di Sumatera di Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Padang dan Keuskupan Sibolga. Patut diukir dalam sanubari pesan dari kata sambutan Bapak uskup Keuskupan Agung Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga, Ofm. Cap ‘…Kiranya Roh Kudus senantiasa berkarya menjaga Gereja melalui perjalanan waktu dan riak gelombang zaman. Hendaknya momentum KONVENDA dan MODERDA BPPG III ini mampu membangkitkan kembali kasih yang semula. Kasih yang tidak hanya untuk kenyamanan pribadi tetapi siap untuk : “Pergi melayani lebih sungguh dan berusaha memperoleh karunia yang utama” di dalam persekutuan dengan Gereja Katolik yang satu dan utuh’.

    “ Pantaslah kita berbangga dan bersukacita, dimana umat dari 3 Keuskupan yakni Sibolga, Padang dan Medan dapat berkumpul untuk melaksanakan KONVENDA.  Adapun tujuan dari KONVENDA ini adalah untuk memilih Pimpinan BPPG Medan masa bakti 2013-2016, Ekaristi bersama, belajar & sharing iman dan pengetahuan melalui ceramah-ceramah dan Lokakarya serta fellowship, agar umat semakin mengenal satu sama lain, saling mendoakan sehingga lebih menguatkan iman” demikian disampaikan oleh Bapak Hendry Wigin Koordinator Umum BPK PKK Keuskupan Agung Medan dalam sambutan beliau.

    Hari-hari KONVENDA diinspirasikan oleh pakar Narasumber terpilih : Rm. Gabriel Notobudyo, Pr ; Sr. Putri Karmel ; DR. Alex Suwandi, Pr ; RP. Augustinus Yew, Ofm. Cap ; Ibu Judy Nuradi; Bapak Joseph Tejaindra.  Para Narasumber ini patut digolongkan sebagai tokoh iman di era zaman globalisasi yang memotivasi, menginspirasikan dan mendorong lewat ceramah yang disampaikan berupa  share pengalaman iman kepada para peserta untuk membaharui iman dan meneguhkan iman dalam Roh Kudus.

    Demikian juga puji-pujian yang dipandu oleh masing-masing PDKK sungguh membawa hati terangkat memuji, menyembah dan memuliakan Allah TriTunggal Mahakudus.

    Nyatalah buah Roh dari KONVENDA ini dimana ‘Sukacita’ dirasakan dalam acara ‘Fellowship’ yang dibawakan oleh masing-masing BPK dan PDKK  dengan menampilkan nuansa inkulturatif budaya daerah asal yang sungguh menyegarkan hati dan iman. Teristimewa penampilan dari PDKK Olivia yang menggugah hidup setiap orang beriman untuk mewartakan siapa Yesus dalam gerak dan lagu ‘ Semua orang harus tau, semua orang harus tau siapa YESUS…’.  

    Misa penutup KONVENDA bagaikan anggur baru yang manis yang diubah oleh Yesus dalam pesta nikah di Kana, di mana pada Misa ini adalah intensi untuk penyembuhan, banyak orang mengalami dan merasakan sentuhan kasih Tuhan yang menyembuhkan berbagai aspek kehidupan insani yang menaruh harapan pada-Nya. Mukzizat itu nyata.

    Berakhirnya hari-hari KONVENDA BPPG III bukanlah semuanya akan berakhir melainkan merupakan suatu pijakan perdana untuk berangkat dan pergi untuk mengobarkan kasih yang semula di dalam keluarga/ komunitas/ hidup menggereja/ bernasyarakat, di mana dan kapan saja …  semoga.

    Termenung aku tak habis pikir, kenapa bisa ya KONVENDA BPPG III sukses??? Hohoho  tentu tidak lepas dari Kuasa Roh Kudus yang mengobarkan dan menyemangati para Panitia untuk  bekerja keras dan rendah hati melayani serta kekompakan satu antar yang lain. Hmmm tidaklah segan kita memberi koment ‘Like’ bagi para panitia mulai Ketua Panitia sampai Bidang Seksi-Seksi khusunya Koordinator BPK PKK Keuskupan Agung Medan Bapak Hendry Wigin dan seksi acara Ibu Fenny Nusalim diiringi dengan acungan jempol bagi kemuliaan TUHAN.

    Proficiat !
    Sr.Blandina Zagötö, SCMM

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/